Truk Tangki Tabrak Bus Penumpang di Pakistan, 57 Tewas

Mayoritas korban tewas akibat api yang ditimbulkan oleh tabrakan truk tangki dan bus di Karachi, Pakistan.

oleh Anri Syaiful diperbarui 11 Jan 2015, 17:25 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2015, 17:25 WIB
Kecelakaan maut di Pakistan
Salah satu kecelakaan maut lalu lintas di Pakistan. (www.aljazeera.com)

Liputan6.com, Karachi - Kecelakaan maut kembali terjadi di jalanan Pakistan. Paling tidak 57 orang tewas setelah bus penumpang bertabrakan dengan mobil tanker minyak di kota pelabuhan Karachi, Pakistan bagian Selatan, Minggu pagi waktu setempat.

"Kecelakaan terjadi sekitar pukul 02.00, Minggu dini hari, menewaskan tak kurang dari 57 orang," beber pejabat kepolisian setempat Komisaris Karachi Shoaib Siddiqui seperti dilansir Xinhua yang Liputan6.com kutip, Minggu (11/1/2015).

Sementara Dr Semi Jamali dari Rumah Sakit Jinnah di Karachi, yang telah menerima sebagian besar korban kecelakaan itu, mengkonfirmasi mereka telah menerima 57 jenazah dan 12 korban cedera.

"Mayoritas korban meninggal dunia akibat api yang ditimbulkan oleh tabrakan. Sebab banyak mayat yang diterima oleh rumah sakit terbakar hingga tak bisa dikenali," ungkap Dr Semi Jamali.

Karena itu, imbuh dia, diperlukan DNA untuk mengenali korban yang tewas. Adapun berdasarkan penyelidikan awal kepolisian setempat, kecelakaan tersebut disebabkan kecerobohan sopir truk tangki minyak.

"Kelebihan penumpang juga menjadi satu di antara penyebab hilangnya demikian banyak nyawa dalam kecelakaan tersebut," ungkap pejabat perhubungan Provinsi Sindh, Mir Mumtas Jakharai.

"Bus itu dipenuhi penumpang, sebanyak 70 orang diperkirakan berada di dalam bus tersebut dan selusin orang lagi bahkan duduk di atap bus, ketika kecelakaan itu terjadi," ujar seorang petugas penyelamat.

Kecelakaan tersebut terjadi di jalan Super Highway. Saat itu bus tersebut sedang dalam perjalanan dari Karachi menuju Shikarpur, kota di Provinsi Sindh di bagian utara Pakistan.

Untuk diketahui, Pakistan memiliki catatan buruk kecelakaan fatal lalu lintas. Sebagian besar disebabkan kondisi jalan yang buruk, kendaraan tak terawat, dan sopir yang ugal-ugalan.

Setiap tahun tercatat hampir 9.000 kecelakaan dengan rata-rata angka kematian sebesar 4.500. 2 Bulan silam, misalnya, 50 orang tewas ketika bus bertabrakan dengan kendaraan barang di dekat Kota Khairpur, di utara Provinsi Sindh, Pakistan. (Ans/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya