92% Planet Akan Menjadi Mirip Bumi

ilmuwan STScI : 92 persen planet akan menjadi mirip bumi, setidaknya ada delapan persen yang berpotensi untuk bisa ditempati manusia.

oleh Dinda Sulistyowati Pranoto diperbarui 23 Okt 2015, 19:00 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2015, 19:00 WIB
92% Planet Akan Menjadi Mirip Bumi
ilmuwan STScI : 92 persen planet akan menjadi mirip bumi, setidaknya ada delapan persen yang berpotensi untuk bisa ditempati manusia.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Sebuah studi mengatakan bahwa alam semesta masih akan terus berkembang, bahkan 92 persen planet yang ada di alam semesta akan menjadi mirip bumi. Dari jumlah tersebut, setidaknya ada delapan persen yang berpotensi untuk dihuni manusia.

Dilansir dari Nasa, Jumat (23/10) , ilmuwan dari Space Telescope Science Institute (STScI) di Baltimore, Maryland, Peter Behroozi mengatakan, "Ketika tata surya kita terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun lalu, hanya delapan persen planet yang berpotensi dihuni dan yang pernah terbentuk di alam semesta. Masih ada 92 persen planet lagi yang belum lahir. Keramaian ini akan terjadi sekitar 6 juta tahun ke depan, ketika matahari semakin membara."

Kesimpulan ini didasarkan pada penilaian dari data yang dikumpulkan oleh teleskop luar angkasa Hubble milik NASA. Para astronom melihat rekaman teleskop itu terhadap perkembangan alam semesta sekarang ini. Bumi dikatakan sebagai planet yang lahir 'prematur' atau jauh lebih awal dibanding dengan planet alam semesta lainnya.

Behroozi menambahkan, "Data menunjukkan jika bintang diciptakan alam semesta dalam kecepatan rata-rata sekitar 10 miliar tahun lalu. Namun pecahan gas helium dan hidrogen alam semesta yang dikabarkan berperan dalam pembentukan bumi, ternyata cukup kecil. Saat ini kelahiran bintang tidak terlalu cepat dibanding dulu meski banyak gas tertinggal di alam semesta yang akan tetap berperan 'mematangkan' planet dan bintang sampai kelahirannya nanti."

Setelah peristiwa ledakan Big Bang jutaan tahun lalu, Behroozi yakin jika masih terdapat sisa-sisa material yang cukup untuk membentuk lebih banyak planet di berbagai galaksi di masa depan. Selain itu, ilmuwan juga telah memprediksi bahwa ada sekitar satu miliar planet berukuran sama dengan bumi di berbagai galaksi saat ini. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. (Dsu/Rcy)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya