Detik-Detik Kim Jong-un Melintasi Garis Perbatasan Disambut Riuh 2.000 Jurnalis

Suasana antusias serupa juga terlihat di Stasiun Kereta Api Seoul.

oleh Happy Ferdian Syah Utomo diperbarui 27 Apr 2018, 14:00 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2018, 14:00 WIB
Suasana Hangat Pertemuan Kim Jong-un dan Moon Jae-in di Peace House
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) berbicara dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Peace House, Panmunjom, Korea Selatan, Jumat (27/4). Kedua negara akan membahas terkait senjata nuklir Korea Utara. (Korea Summit Press Pool via AFP)

Liputan6.com, Seoul - Sekitar 2.000 orang jurnalis memadati Kintex Conference Center di kota Ilsan, Korea Selatan, yang menjadi pusat aktivitas media selama berlangsungnya KTT Korea Utara-Korea Selatan.

Ribuan jurnalis tersebut berasal dari berbagai kantor berita di seluruh dunia, yang telah bersiaga sejak Kamis sore, 26 April 2018.

Dikutip dari CNN pada Jumat (27/4/2018), suasana ketika hening menanti detik-detik Kim Jong-un melintasi garis perbatasan, untuk pertama kalinya, menuju wilayah negara serumpun di selatan.

Saat langkah kaki Pemimpin Korea Utara tersebut benar-benar melintasi garis perbatasan, pusat aktivitas media pun seketika dipenuhi sorak-sorai dan riuhan tepuk tangan.

Suasana antusias tersebut terus berlanjut hingga kamera video menyorot jabat tangan antara Kim Jong-un dan Presiden Moon Jae-in, yang sekaligus menandakan dimulai KTT Korea Utara-Korea Selatan.

Di saat bersamaan, ratusan warga berkumpul di Stasiun Kereta Api Seoul untuk menyaksikan siaran langsung pertemuan yang bersejarah itu.

Banyak di antara mereka bergegas memotret detik-detik siaran langsung ketika Kim Jong-un melintasi perbatasan, dan berjabat tangan dengan Presiden Moon Jae-in.

Salah seorang warga, Ji Kwang-jin mengatakan kepada CNN bahwa ia merasa senang menyaksikan reaksi positif KTT Korea Utara-Korea Selatan.

"Saya sengaja datang ke sini (Stasiun KA Seoul) untuk menyaksikan momen bersejarah ini dengan warga lainnya," ujar Ji seraya tersenyum.

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Senyum Semringah Kim Jong-un

Jabat Tangan Kim Jong-un dan Moon Jae-in
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjabat tangan untuk memulai pertemuan bersejarah mereka di atas garis demarkasi Zona Demiliterisasi (DMZ), Panmunjom, Jumat (27/4). (Korea Broadcasting System via AP)

Peristiwa bersejarah tersebut dibuka dengan jabat tangan Kim Jong-un dan Presiden Moon Jae-in. Laporan yang disiarkan langsung oleh berbagai saluran TV, termasuk CNN, Jumat (27/4/2018), menunjukkan bahwa senyum senantiasa menghiasi wajah Kim Jong-un.

Setelahnya berjabat tangan mereka saling mempersilahkan untuk menginjakkan kaki di wilayah masing-masing negara. Diawali dengan Kim Jong-un yang melangkah lebih dulu ke Selatan, setelahnya disusul Moon Jaen-in yang menginjakkan kaki di Korea Utara. 

Selanjutnya, Kim Jong-un sempat menyalami satu per satu pejabat Korea Selatan yang turut serta dalam pertemuan bersejarah tersebut.

Dan berikutnya, giliran Moon Jae-in yang menjabat tangan satu per satu delegasi Korea Utara. Salah satu pejabat Korea Utara yang tampak adalah adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong.

Al-Jazeera pun memuat laporan bahwa Kim Jong-un dan Presiden Moon Jae-in terlibat percakapan ringan, dan keduanya senantiasa menebar senyum saat berjalan menuju lokasi KTT Korea Utara-Korea Selatan di Peace House, yang berjarak 130 meter dari Zona Demiliterisasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya