Perdana, Kedutaan Jepang Gelar Aksi Pertunjukan Samurai di Indonesia

Dalam rangkaian acara Jakarta Japan Matsuri 2019, performance Samurai pertama kalinya di Indonesia digelar.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Sep 2019, 15:44 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2019, 15:44 WIB
Penampilan Samurai Acara JJM 2019, Plaza Senayan (Liputan6.com/Windy Febriana)
Penampilan Samurai oleh Tetsuro Shimaguchi untuk Acara Jakarta Japan Matsuri 2019 (Liputan6.com/Windy Febriana)

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja sama dengan Kedutaan Jepang di Indonesia, acara Jakarta Japan Matsuri (JJM) yang rutin digelar setiap tahunnya kini memberikan bumbu yang berbeda. Tahun ini mereka membawa dua orang artis Samurai terkemuka dari Negeri Sakura untuk menunjukkan keahliannya nan nakjubkan di Plaza Senayan, Jakarta pada Sabtu (7/9/2019).

Aksi mereka yang terbagi dalam dua sesi pertunjukan di waktu berbedar, merupakan salah satu rangkaian acara JJM ini.

Aksi Samurai digelar selama 25 menit, dilanjutkan dengan penampilan anak-anak SMA dalam Shodo atau menulis kaligrafi Jepang dengan durasi serupa.

Dalam penampilan Samurai yang dilakukan oleh artis Samurai Jepang Tetsuro Shimaguchi, ia dan partner panggungnya tidak hanya memberikan permainan pedang panjang semata, namun juga terdapat aliran cerita yang mengiri aksinya. Sehingga, memikat penonton agar selalu lekat pada sesi tersebut.

Selain itu, mereka juga berinteraksi dengan penonton dengan memberi sedikit ilmu mengenai aksi Samurai tersebut.

Koordinator lapangan dari Kedutaan Jepang di Indonesia pada penampilan Samurai dan Shodo ini, Yusuke Takahashi menjelaskan bahwa acara ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan budaya Jepang di luar Negeri Matahari Terbit.

"Acara ini ditujukan untuk mempromosikan kebudayaan Jepang di luar negeri, dan kami melakukan hal serupa ke berbagai penjuru negara di dunia," ujar Yusuke saat dijumpai di Plaza Senayan kepada Liputan6.com.

Ia juga menambahkan bahawa acara Samurai ini perdana di lakukan oleh mereka, dan juga yang pertama untuk Indonesia.


Hubungan Persahabatan Indonesia dan Jepang

Penampilan Samurai Acara JJM 2019, Plaza Senayan (Liputan6.com/Windy Febriana)
Penampilan Samurai oleh Tetsuro Shimaguchi untuk Acara Jakarta Japan Matsuri 2019 (Liputan6.com/Windy Febriana)

Acara JJM ini merupakan yang ke-11 di Indonesia. Merupakan promosi pertukaran antar warga Jepang dan Indonesia, serta berkontribusi untuk lebih meningkatkan hubungan persahabatan berkelanjutan.

JJM juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyediakan tempat dan waktu untuk warga Jepang bisa berinteraksi dengan budaya Indonesia.

Tema yang diusung oleh JJM tahun ini adalah "Indonesia dan Jepang Always Together", yang bermakna bahwa Jepang dan Indonesia akan seling bekerja sama bahu-membahu.

Dengan tambahan sub-tema mereka "Join and Experience Real Culture!".

Acara ini mengklaim bahwa mereka menyelenggarakan acara dengan budaya yang seimbang, yaitu antara budaya Indonesia dan Jepang, baik dari sisi kesenian tradisional maupun pop culture.

 

Reporter: Windy Febriana

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya