Inggris Luncurkan Beasiswa Pascasarjana GREAT Scholarships 2021, Simak Cara Daftarnya

British Council kembali meluncurkan program beasiswa GREAT Scholarship 2021, untuk para pelajar Indonesia yang akan melanjutkan studi pada tingkat pascasarjana di Inggris, simak selengkapnya.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 17 Nov 2020, 19:38 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2020, 19:25 WIB
Ilustrasi Bendera Inggris
Ilustrasi Bendera Inggris. (iStock)

Liputan6.com, Jakarta- British Council Indonesia kembali meluncurkan program GREAT Scholarships 2021, yang merupakan skema beasiswa untuk para pelajar Indonesia yang akan melanjutkan studi pada tingkat pascasarjana di Inggris. 

Pada 2020, kesempatan beasiswa ditawarkan di 12 universitas Inggris yang bekerja sama dengan British Council melalui skema GREAT Scholarships 2021 - Indonesia, dengan pendaftaran yang akan dibuka pada akhir pertengahan 2021.

Dalam acara peluncuran GREAT Scholarship 2021 yang digelar secara daring pada Selasa (17/11/2020), pihak British Council Indonesia mengatakan bahwa tahun ini menandai tahun ke-3 dijalankannya program beasiwa tersebut.

Perguruan tinggi di Inggris yang menyediakan program GREAT Scholarships, di antaranya adalah University of Greenwich, University of York, University of Ulster, University of Teesside, University of Stirling, Sheffield Hallam University, dan Royal Agricultural University.

Adapun beasiswa yang juga ditawarkan di Royal Academy of Music, University of Reading, Imperial College London, University of Bristol dan University of Cambridge.

Program beasiswa GREAT Scholarships, didanai oleh GREAT Britain Campaign pemerintah Inggris, British Council, dan lembaga pendidikan tinggi Inggris yang berpartisipasi.

"Inggris berkomitmen untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia, salah satunya adalah dengan memperkuat kerja sama di bidang pendidikan – dimana hal tersebut dapat menyatukan generasi muda," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins. 

"Saya senang bahwa skema GREAT Scholarships akan membantu pelajar terbaik Indonesia untuk melanjutkan studi pascasarjana kelas dunia di Inggris," lanjut Dubes Owen.

Ia pun menambahkan, "Pendidikan Inggris akan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan keunggulan akademik terkini untuk menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing dan berkontribusi bagimasa depan Indonesia."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


GREAT Scholarships 2021 Fasilitasi Berbagai Macam Program Studi

Pemandangan Sepi Kota London Imbas COVID-19
Pemandangan Jembatan Westminster dan Gedung Parlemen di London, Inggris (18/3/2020). PM Inggris Boris Johnson mengatakan seluruh sekolah akan ditutup mulai Jumat (20/3) setelah otoritas kesehatan mengonfirmasi total 2.626 kasus infeksi COVID-19 dan 104 kematian. (Xinhua/Tim Ireland)

Pihak British Council Indonesia mengatakan, bahwa para peraih beasiswa akan menerima minimal £10.000 (Rp. 186,3 juta) dari biaya pendanaan sekolah mereka.

Para pendaftar program beasiswa ini juga dapat mengajukan berbagai macam pilihan program studi, yang di antaranya termasuk bisnis, seni dan desain, ilmu komputer, hukum, teknik, ilmu lingkungan, sejarah, sastra, dan masih ada beberapa lainnya. 

Selain itu, para pelajar Indonesia diharuskan telah memperoleh tawaran resmi dari salah satu dari 12 universitas yang berpartisipasi.

Adapun persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi untuk program studi yang dipilih seperti yang dinyatakan oleh masing-masing universitas. 

Sementara untuk informasi lebih lanjut mengenai batas waktu pendaftaran di masing – masing institusi, para pendaftar dapat mengunjungi halaman resmi universitas pilihannya. 

"Kami merasa bangga dapat meluncurkan kembali skema GREAT Scholarships untuk para pelajar Indonesia melalui kerja sama dengan GREAT Britain Campaign," tutur Hugh Moffatt, Country Director British Council Indonesia.

Inggris menarik lebih dari 3.000 pelajar Indonesia setiap tahun dan memahami serta menghargai keberagaman dan kontribusi akademis yang dibawa oleh para pelajar Indonesia. GREAT Scholarships mendukung pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi mereka di beberapa institusi – institusi terkemuka di Inggris, untuk mengubah masa depan dan karir mereka," ujarnya.


Inggris Sambut Baik Para Pelajar Internasional

Pemandangan Sepi Kota London Imbas COVID-19
Pemandangan Piccadilly Circus di London, Inggris (18/3/2020). PM Inggris Boris Johnson pada Rabu (18/3) mengatakan seluruh sekolah akan ditutup mulai Jumat (20/3) setelah otoritas kesehatan mengonfirmasi total 2.626 kasus infeksi COVID-19 dan 104 kematian akibat penyakit tersebut. (Xinhua/Tim Irelan

British Council Indonesia menyampaikan, bahwa "universitas – universitas kelas dunia di Inggris tetap terbuka untuk para pelajar internasional dan akan terus melakukan proses penerimaan mahasiswa, meskipun proses penerimaan, pendaftaran dan metode pengajaran mungkin akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Para pelajar pascasarjana dari negara-negara di wilayah Asia Timur, termasuk Indonesia, tetap merupakan kawasan prioritas untuk Inggris, demikian menurut British Council Indonesia. 

Hugh Moffatt menjelaskan, bahwa "Dalam menanggapi situasi saat ini, sektor pendidikan tinggi Inggris telah berupaya dengan sangat maksimal untuk memastikan bahwa kesehatan fisik dan mental para siswa internasional diperhatikan dengan baik dan di saat yang bersamaan, sektor pendidikan di Inggris terus memberikan pendidikan berkualitas tinggi". 

Saya ingin mendorong pelajar – pelajar Indonesia untuk mendaftar GREAT Scholarships dan merasakan kesempatan berharga untuk menempuh studi di salah satu negara paling dinamis dan multikultural di dunia," tambahnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya