Pfizer Tunda Pengiriman Vaksin COVID-19 ke 8 Negara Uni Eropa

Pfizer cabang Spanyol memberi tahu Madrid pada Minggu malam tentang penundaan pengiriman ke delapan negara.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 29 Des 2020, 10:55 WIB
Diterbitkan 29 Des 2020, 10:52 WIB
Melihat Negara-Negara Uni Eropa Mulai Suntikan Vaksinasi COVID-19
Seorang perawat menyiapkan dosis vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Santa Maria di Lisbon, Portugal (27/12/2020). Peluncuran vaksin dilakukan ketika kasus strain baru COVID-19 yang lebih menular dikonfirmasi di beberapa negara Eropa serta Kanada dan Jepang. (Xinhua/Pedro Fiuza)

Liputan6.com, Madrid - Pfizer menunda pengiriman batch baru vaksin COVID-19 ke delapan negara Eropa termasuk Spanyol, kata kementerian kesehatan Spanyol pada Senin, 28 Desember, sehari setelah Uni Eropa memulai kampanye imunisasi.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (29/12/2020), Pfizer cabang Spanyol memberi tahu Madrid pada Minggu malam tentang penundaan pengiriman ke delapan negara.

Hal ini disebabkan oleh masalah dalam proses pemuatan dan pengiriman di pabriknya yang ada di Belgia, kata kementerian kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Pfizer telah memberi tahu kementerian bahwa masalah tersebut "telah diselesaikan" tetapi pengiriman vaksin berikutnya "akan terlambat beberapa jam" dan tiba di Spanyol pada hari Selasa, sehari lebih lambat dari yang diharapkan, kata pernyataan itu.

Ditanya tentang penundaan selama wawancara dengan radio Ser, Menteri Kesehatan Salvador Illa mengatakan itu karena masalah "terkait dengan kontrol suhu" pengiriman yang "tampaknya sedang diperbaiki".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


Ketentuan Penyimpanan Vaksin

Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)
Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)

Vaksin harus disimpan pada suhu ultra-rendah sekitar -70 derajat Celcius sebelum dikirim ke pusat distribusi dalam kotak pendingin yang dirancang khusus berisi es kering.

Setelah keluar dari penyimpanan suhu sangat rendah, vaksin harus disimpan pada 2 derajat Celcius hingga 8 derajat Celcius agar tetap efektif hingga lima hari.

Spanyol dijadwalkan menerima 350.000 dosis vaksin virus corona Pfizer-BioNTech per minggu selama tiga bulan ke depan.

Sebagian besar negara Uni Eropa memulai kampanye imunisasi mereka melawan virus akhir pekan ini dengan suntikan Pfizer-BioNTech, dimulai dengan orang tua, pekerja perawatan kesehatan, dan politisi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya