6 Pasien COVID-19 Meninggal Kekurangan Oksigen, PM Yordania Bisher al Khasawneh Dikecam

PM Yordania Bisher al Khasawneh memecat menteri kesehatan dan mengatakan dia memikul tanggung jawab penuh atas kematian awal enam pasien virus Corona COVID-19.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 15 Mar 2021, 16:08 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2021, 16:08 WIB
FOTO: [CERITA] Dunia Melawan COVID-19
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kota arkeologi Petra, Yordania, 17 Maret 2020. Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada 21 Maret 2020, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Yordania mencapai 85 orang. (Photo by Khalil MAZRAAWI/AFP)

Liputan6.com, Amman - Protes terjadi di Yordania usai warga kecewa atas tindakan pemerintah terhadap penanganan pandemi COVID-19. Ditambah dengan kematian enam orang pasien yang kehabisan oksigen di rumah sakit pada Minggu 14 Maret.

Ratusan orang tumpah ke jalan-jalan yang melanggar jam malam di utara kota Irbid dan beberapa kota provinsi lainnya.

Para pengunjuk rasa juga berkumpul di selatan kota Karak dan kota pelabuhan Aqaba, Yordania, demikian dikutip dari laman france24, Senin (15/3/2021).

"Kami tidak takut Virus Corona," teriak ratusan pemuda di Irbid.

Perekonomian Yordania sangat terpukul oleh penutupan yang bertujuan untuk menahan virus.

Selain itu, masalah lain yang dihadapi oleh Yordania adalah angka pengangguran yang melonjak ke rekor 24 persen dan kemiskinan semakin dalam.

Para pengunjuk rasa menyalahkan pemerintah Yordania karena memburuknya kondisi ekonomi juga menyerukan diakhirinya undang-undang yang mereka anggap 'kejam' yang diberlakukan pada awal pandemi tahun lalu yang digunakan untuk membatasi hak-hak sipil dan politik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


Akui Bertanggung Jawab

Seorang polisi memegang tanda berhenti di jalan yang hampir sepi di ibu kota Yordania, Amman, selama penguncian virus corona. [Khalil Mazraawi / AFP]
Seorang polisi memegang tanda berhenti di jalan yang hampir sepi di ibu kota Yordania, Amman, selama penguncian virus corona. [Khalil Mazraawi / AFP]

Perdana Menteri Yordania Bisher al Khasawneh memecat menteri kesehatan dan mengatakan dia memikul tanggung jawab penuh atas kematian awal enam pasien virus Corona COVID-19.

Raja Abdullah mengunjungi rumah sakit di Salt, sebuah kota di sebelah barat ibu kota Yordania, Amman, dalam sebuah tindakan yang menurut para pejabat dimaksudkan untuk meredakan ketegangan.

Kemarahan terhadap pihak berwenang atas memburuknya standar hidup, korupsi di masa lalu telah memicu kerusuhan sipil di Yordania.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya