Shanghai Lockdown, Pakar Kesehatan China Tolak Hidup dengan COVID-19

Pakar kesehatan China membantah narasi "hidup dengan COVID-19" di tengah lockdown Shanghai.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 18 Apr 2022, 22:06 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2022, 22:06 WIB
Kasus COVID-19 di Shanghai Meningkat Saat Jutaan Orang Dilockdown
Para pekerja yang mengenakan masker antre mengambil swab tenggorokan di tempat pengujian virus corona di Beijing, Minggu (3/4/2022). Kasus COVID-19 di kota terbesar di China, Shanghai, masih meningkat saat jutaan orang tetap terisolasi di rumah di bawah lockdown besar-besaran. (AP Photo/Andy Wong)

Liputan6.com, Shanghai - Pihak kesehatan bewenang top di China menuntut para pejabat lokal agar segera menuntaskan penyebaran COVID-19 secepat mungkin. Pakar juga menolak narasi hidup dengan COVID-19. Sikap itu muncul di tengah lockdown Shanghai yang menjadi perhatian dunia internasional.

Menurut laporan media pemerintah China, Global Times, Senin (18/4/2022), pakar kesehatan menolak dengna tegas anggapan "berdampingan dengan COVID" dan "virus menjadi flu". Mereka pun mengikuti terus kebijakan nol kasus di China agar dampak pandemi bisa minimal.

Direktur Komisi Kesehatan Nasional, Ma Xiaowei, prinsip yang digunakan adalah "rakyat pertama, kehidupan pertama". Hal itu ditulis Ma Xiaowei di Study Times, koran yang terkait Partai Komunis China.

Ma Xiaowei menegaskan bahwa sumber daya di China terbatas, sehingga ia khawatir jika beban medis kembali berat apabila protokol dilonggarkan. Hal itu bisa berdampak serius kepada orang-orang dengan penyakit penyerta, lansia, anak-anak, dan wanita hamil.

Ia pun menyebut keputusan yang dibuat Presiden Xi Jinping dan PKC berdasarkan sains dan hukum. Oleh karenanya, ia meminta agar para pejabat ikut melawan narasi berdampingan dengan virus dan memperlaukan virus sebagai flu.

Anggapan dari Inggris dan Amerika Serikat bahwa Omicron mirip flu juga turut dibantah oleh Ma Xiaowei. Ia bahkan meminta agar kebijakan zero COVID diadopsi di secara full di China.

Pada hari Minggu (17/4), China Daratan mencatat 2.723 kasus COVID-19 yang ditularkan secara domestik, serta ada 20 ribu kasus tanpa gejala. Shanghai terkena dampak paling parah. Kota terbesar di China itu mencatat 300 ribu kasus COVID-19 sejak Maret.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kontroversial: Shanghai Ubah Tempat Tinggal Warga Jadi Fasilitas Isolasi COVID-19

FOTO: Aktivitas Petugas Kesehatan Saat Shanghai Terapkan Lockdown Akibat COVID-19
Seorang petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APD) berbicara dengan penduduk sebuah bangunan perumahan kecil saat lockdown akibat virus corona COVID-19 di Distrik Jing'an, Shanghai, China, Sabtu (16/4/2022). (Hector RETAMAL/AFP)

Shanghai mengubah bangunan tempat tinggal menjadi pusat karantina untuk menampung jumlah kasus COVID-19 yang meningkat.

Tetapi langkah itu memicu kemarahan dan protes dari warga yang khawatir mereka berisiko lebih tinggi terinfeksi.

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung pada Kamis (14 April) sore di platform pesan China WeChat, sekitar 30 orang yang mengenakan APD dengan kata "polisi" di punggung mereka terlihat berkelahi dengan orang lain di luar kompleks perumahan, membawa pergi setidaknya satu orang.

Seorang wanita terdengar menangis saat merekam adegan itu, yang ditonton oleh lebih dari 10.000 orang, dan platform streaming langsung WeChat mengumumkan bahwa itu berisi "konten berbahaya".

"Bukannya saya tidak mau bekerja sama dengan negara, tapi bagaimana perasaan Anda jika Anda tinggal di gedung yang bloknya hanya berjarak 10 meter, semua orang dinyatakan negatif, dan orang-orang ini diizinkan masuk?" kata wanita yang sedang syuting dan tidak mengungkapkan nama aslinya.

Grup Zhangjiang, yang memiliki kompleks itu, mengatakan pihak berwenang telah mengubah lima bangunan kosongnya menjadi fasilitas isolasi dan telah disarankan sembilan bangunan lagi akan diubah.

Dikatakan telah memindahkan 39 penyewa sewa ke kamar di bagian lain kompleks itu dan telah menawarkan kompensasi kepada mereka.

"Pada sore hari 14 April, ketika perusahaan kami mengatur pembangunan pagar isolasi, beberapa penyewa menghalangi lokasi konstruksi," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa situasi di Shanghai sekarang telah diselesaikan.


Pemerintah Shanghai Tak Segera Protes Warga

FOTO: Shanghai Longgarkan Lockdown Akibat COVID-19
Seorang sukarelawan menggunakan megafon untuk berbicara dengan penduduk di sebuah gedung apartemen di Shanghai, China, 12 April 2022. Shanghai telah membebaskan lebih dari 6.000 orang lagi dari observasi medis di tengah wabah COVID-19. (Chen Jianli/Xinhua via AP)

Pemerintah Shanghai tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang kebijakan karantina saat ini.

Seorang penduduk di kompleks tersebut, yang dekat dengan perusahaan perumahan kompleks Zhangjiang Hi-Tech Park termasuk GlaxoSmithKline dan Hewlett-Packard, mengkonfirmasi bahwa mereka diberitahu pada hari Selasa bahwa warga diminta untuk pindah.

Pekerja muncul pada Kamis sore dan polisi tiba tak lama setelah itu, kata warga yang menyaksikan tempat kejadian. Dia menolak disebutkan namanya karena situasinya sensitif.

"Tempat ini sama sekali tidak cocok untuk menjadi pusat karantina," katanya, mengungkapkan kekhawatiran dia bisa tertular virus dengan tinggal begitu dekat dengan pasien.

Di bawah kebijakan nol-COVID China, setiap orang yang dites positif harus dikarantina di tempat yang ditentukan dan tetangga diminta untuk mengisolasi di rumah mereka selama 14 hari, yang telah memicu ketakutan publik tentang konsekuensi tertular virus.

Shanghai telah menjadi pusat wabah terbesar di China sejak virus pertama kali diidentifikasi di Wuhan pada akhir 2019, mencatat lebih dari 300.000 infeksi COVID sejak Maret.

Menurut peraturan, pihak berwenang di China diizinkan untuk mengambil alih bangunan dan properti lainnya untuk menghadapi situasi darurat.


Hukuman

FOTO: Suasana Shanghai Sebelum Lockdown Tahap Kedua Dimulai
Seorang wanita (kiri) menjual barang dari balik penghalang saat lockdown sebagai tindakan terhadap virus corona COVID-19 di Distrik Jing'an, Shanghai, China, 31 Maret 2022. (Hector RETAMAL/AFP)

Kota Shanghai di China memberikan peringatan pada Rabu (13/4) bahwa siapa pun yang melanggar aturan lockdown COVID-19 akan ditindak secara ketat.

Sementara, otoritas di Shanghai juga meminta warga mematuhi aturan lockdown saat kasus baru meningkat menjadi lebih dari 25.000.

Departemen kepolisian kota Shanghai menguraikan pembatasan yang dihadapi sebagian besar dari 25 juta penduduk.

Pihaknya juga meminta mereka untuk "memerangi epidemi dengan satu hati dan bekerja sama untuk kemenangan awal", demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (13/4).

"Mereka yang melanggar ketentuan pemberitahuan ini akan ditindak sesuai dengan hukum oleh pihak keamanan publik. Jika itu merupakan kejahatan, mereka akan diselidiki sesuai hukum," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Pusat keuangan dan komersial dunia ini berada di bawah tekanan besar untuk mencoba menahan wabah COVID-19 terbesar di China sejak Virus Corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan pada akhir 2019.

Polisi Shanghai juga melarang warga berkendara di jalanan selain mereka yang memang harus bekerja.

Mereka juga memperingatkan warga yang semakin frustrasi lantaran dikurung di rumah untuk tetap menahan diri dan tidak menyebarkan informasi palsu atau memalsukan izin keluar rumah.

Shanghai melaporkan 25.141 kasus baru virus corona tanpa gejala pada Selasa (13/4) naik dari 22.348 sehari sebelumnya, dan kasus bergejala juga melonjak menjadi 1.189 dari 994, kata otoritas kota.

Langkah-langkah penanganan COVID-19 di Shanghai menggunakan pendekatan ketat "nol-COVID" yang bertujuan untuk menghilangkan rantai penularan.

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya