Dubes Zuhair Al-Shun Apresiasi Dukungan Indonesia: Insyaallah Kita Sama-sama Akan Lihat Palestina Merdeka

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, memberikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada rakyat Indonesia yang selalu mendukung Indonesia.

oleh Therresia Maria Magdalena Morais diperbarui 05 Nov 2023, 14:34 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2023, 14:34 WIB
Dubes Palestina Ungkapkan Terima Kasih untuk Indonesia yang Selalu Mendukung Palestina
Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, memberikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada rakyat Indonesia yang selalu mendukung Indonesia dalam aksi bela Palestina di Monas, Jakarta pada Minggu (5/11/2023). (Liputan6/Therresia Maria Magdalena Morais)

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, mengapresiasi Indonesia atas dukungan terhadap negaranya. Ia mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang selalu mendukung Palestina.

"Salam dari bangsa Palestina, disertai apresiasi dan kebanggaan yang setinggi-tingginya untuk seluruh yang hadir, seluruh bangsa Indonesia. Dan kepada Indonesia, tokoh-tokoh pemimpin Indonesia atas dukungannya terhadap Palestina, " ujar Dubes Al-Shun dalam Aksi Indonesia Bela Palestina di Monas Jakarta hari ini, Minggu (5/11/2023).

Adapun Indonesia diketahui telah lama menjadi salah satu pihak yang sangat mendukung kemerdekaan Palestina di dunia internasional. Upaya diplomasi, bantuan kemanusiaan, dan dukungan moral yang tak pernah surut adalah bukti nyata dari tekad kuat Indonesia untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Salah satu dukungan Indonesia untuk Palestina pun tercermin dalam aksi bela Palestina yang diadakan hari ini.

Dubes Al-Shun mengatakan, jutaan massa yang berkumpul di Monas telah menjadi bukti bahwa Indonesia peduli akan penderitaan warga di Gaza, dan akan selalu berpihak pada Palestina. Ia pun berharap bahwa aksi ini akan memberikan dorongan bagi kemerdekaan Palestina, dan seluruh pendukungnya akan menyaksikan terwujudnya kemerdekaan itu.

"Terima kasih banyak, dan Insyaallah, kita sama-sama akan melihat Palestina merdeka," pungkas Dubes Al-Shun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ribuan Massa Aksi Bela Palestina Padati Monas: Ada Puan, Yaqut hingga Anies dan Muhadjir

Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga bakal calon presiden Anies Baswedan
Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga bakal calon presiden Anies Baswedan hadir dalam aksi bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). (Nanda Perdana/Liputan6.com).

Ribuan massa memenuhi kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, untuk mengikuti Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina pada Minggu.

Menurut informasi yang dihimpun ANTARA massa yang sebagian besar mengenakan baju putih mulai memadati Monas dari pukul 06.00 WIB.

Sebagian besar mereka membawa bendera, syal, dan juga baju berlambangkan Palestina hingga poster kecaman atas keganasan serangan Israel yang berdampak pada rakyat sipil Palestina.

Tidak hanya masyarakat sipil biasa tetapi sejumlah perwakilan lembaga negara terlihat hadir seperti ketua DPR Puan Maharani, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia akan menggelar Aksi Damai Bela Palestina yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Minggu pekan ini.

Aksi tersebut rencananya bakal berlangsung sejak pagi pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Akan ada sejumlah orasi dari para tokoh-tokoh lintas agama. Menlu RI Retno Marsudi disebut-sebut akan hadir dalam aksi tersebut.

"Aliansi Rakyat Indonesia yang terdiri dari lintas agama, lintas ormas, lintas golongan, diundang mengikuti aksi bela Palestina," ujar Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/11).

Sudarnoto mengatakan aksi tersebut adalah aksi bersama masyarakat Indonesia yang telah geram dan mengutuk agresi serta pendudukan Israel terhadap Bangsa Palestina.


Hadiri Aksi Bela Palestina di Monas, Menlu Retno Tegaskan Dukungan Indonesia Atas Perjuangan Bangsa Palestina

Aksi Bela Palestina di Monas
Menlu Retno Marsudi dalam Aksi Indonesia Bela Palestina di Monas, Minggu (5/11/2023). (Liputan6/Therresia Maria Magdalena Morais)

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi turut hadir pada momen tersebut.

Tepuk tangan meriah dari massa menyambut kehadiran Menlu Retno Marsudi di atas panggung acara aksi bela Palestina itu.

Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno kembali menegaskan dukungan pemerintah RI terhadap Palestina yang kini tengah terdampak perang Israel-Hamas.

"Ibu bapak yang saya hormati, atas nama pemerintah Indonesia kami ingin menegaskan dukungan Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina," ucap Menlu Retno dalam pidatonya.

"Ibu-bapak kita berkumpul di sini bersatu dari yang Bhineka untuk menunjukan solidaritas kita terhadap kemanusiaan," imbuh Menlu RI yang mengenakan pakai serba putih dilengkapi syal Palestina.

Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno juga menyampaikan bahwa bantuan tahap pertama Indonesia untuk warga Palestina di Jalur Gaza telah diberangkatkan.

"Kemarin bantuan pertama sudah diberangkatkan langsung oleh Presiden Jokowi, dan ini bukan hanya bantuan pemerintah tetapi seluruh masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan," tutur Menlu Retno Marsudi.

Menlu Retno pun mengapresiasi bantuan dari Tanah Air tersebut untuk warga Palestina. "Terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia dan bantuan selanjutnya akan dipersiapkan," imbuhnya.

Menlu Retno tampil di panggung acara aksi bela Palestina tersebut bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Staquf.

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla atau JK, tokoh Muhammadiyah Din Syamsuddin, hingga calon presiden (capres) Anies Baswedan juga terpantau hadir di acara tersebut.

Sorak sorai massa aksi pun menyambut kedatangan para tokoh tersebut. Meski berbeda suara, seluruhnya bersatu dalam rangka memberikan dukungan kepada bangsa Palestina.


Din Syamsuddin Beberkan Alasan Gelar Aksi Bela Palestina: Negara Pertama Akui Kemerdekaan Indonesia

Massa Aksi Bela Palestina Tumpah Ruah Padati Monas
Mereka memberikan suport dan dukungan kepada bangsa Palestina atas penjajahan Israel. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2005-2015 Din Syamsuddin mengatakan, Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina dilakukan pada hari ini, Minggu (5/11/2023) karena rakyat Palestina yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia.

Menurut dia, rakyat Palestina adalah yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia, bahkan satu tahun sebelum Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, yakni pada 6 September 1944.

"Inilah antara lain alasan kita melakukan aksi untuk membela dan mendukung kemerdekaan Palestina," ujar Din sebagai salah satu pemrakarsa aksi yang berlangsung di Monas, Jakarta Pusat, melansir Antara, Minggu (5/11/2023).

Dia pun meminta kepada masyarakat untuk menyimpan aspirasi politiknya dalam Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina atau Aksi Bela Palestina yang diselenggarakan di kawasan Monas tersebut.

"Saya minta aspirasi politik baik terhadap partai politik maupun pasangan capres-cawapres disimpan dahulu, ditahan dahulu, tidak perlu ada ekspresi apapun kecuali yang positif," kata Din.

Din juga meminta kepada masyarakat untuk menunjukkan kebersamaan dalam aksi tersebut.

"Inilah bangsa Indonesia yang cinta damai, umat beragama yang akhlak mulia kita telah dinyatakan dalam pernyataan tadi, membela Palestina pertama dan utama sesuai amanat Pembukaan UUD untuk mewujudkan perdamaian abadi dan menghilangkan penjajahan di muka bumi," jelas Din.

Sebelumnya, massa aksi bela Palestina memadati kawasan Monumen Nasional atau Monas, Jakarta Pusat, pagi ini. Sejumlah tokoh pun hadir dalam acara tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (5/11/2023), para tokoh tersebut mendapatkan tempat khusus di panggung aksi bela Palestina. Satu persatu pun disebutkan ke massa aksi.

Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya