Tabrakan Bus Tingkat Vs Truk Susu di India, 18 Orang Tewas

India merupakan salah satu negara dengan tingkat kematian tertinggi di dunia, dengan ratusan ribu orang tewas dan terluka setiap tahunnya. Sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh pengemudi yang ugal-ugalan, kondisi jalan yang buruk, dan kendaraan yang sudah tua.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 10 Jul 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 17:00 WIB
Tabrakan bus dan truk susu di India. (AP)
Tabrakan bus dan truk susu di Uttar Pradesh, India. (AP)

Liputan6.com, Uttar Pradesh - Sebuah bus double-decker atau bus tingkat bertabrakan dengan truk susu di India utara pada hari Rabu (10/7/2024), menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai banyak lainnya, kata para pejabat.

Tabrakan itu terjadi di jalan tol di negara bagian Uttar Pradesh, dan 19 orang yang terluka dilarikan ke rumah sakit oleh penduduk desa di daerah tersebut, kata polisi Arvind Kumar, seraya menambahkan bahwa kondisi mereka dilaporkan stabil.

Bus tersebut sedang melakukan perjalanan dari negara bagian utara Bihar ke ibu kota New Delhi.

"Pihak berwenang sedang dalam proses mengidentifikasi para korban, dan penyelidikan telah diluncurkan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan itu," tambah Kumar seperti dikutip dari Associated Press (AP.)

Gaurang Rathi, seorang pejabat pemerintah, mengatakan bahwa berdasarkan penyelidikan awal, bus tersebut mungkin sedang melaju kencang ketika menabrak truk susu dari belakang, yang menyebabkan kedua kendaraan tersebut terbalik. Tabrakan cukup parah hingga salah satu sisi bus robek dan menyebabkan penumpang terlempar keluar dari kendaraan. Gambar di televisi menunjukkan jasad-jasad berserakan di seberang jalan.

 

 

India merupakan salah satu negara dengan tingkat kematian tertinggi di dunia, dengan ratusan ribu orang tewas dan terluka setiap tahunnya. Sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh pengemudi yang ugal-ugalan, kondisi jalan yang buruk, dan kendaraan yang sudah tua.

Pada bulan Mei, sebuah bus yang membawa peziarah Hindu tergelincir dan terguling ke jurang yang dalam di jalan raya pegunungan di Kashmir yang dikuasai India, menewaskan sedikitnya 21 orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kecelakaan Tabrakan Kereta Kargo dan Penumpang di India, 8 Orang Tewas

Warga menyaksikan tim penyelamat bekerja setelah kecelakaan kereta, tabrakan antara kereta kargo dan Kanchanjunga Express (kereta penumpang), dekat stasiun New Jalpaiguri, Benggala Barat, India, Senin, 17 Juni 2024. (AP Photo/Diptendu Dutta)
Warga menyaksikan tim penyelamat bekerja setelah kecelakaan kereta, tabrakan antara kereta kargo dan Kanchanjunga Express (kereta penumpang), dekat stasiun New Jalpaiguri, Benggala Barat, India, Senin, 17 Juni 2024. (AP Photo/Diptendu Dutta)

Kecelakaan kereta terjadi di India dan menewaskan sejumlah orang.

Laporan CNN mengutip seorang pejabat polisi setempat menyebut, setidaknya delapan orang tewas setelah sebuah kereta kargo bertabrakan dengan kereta penumpang di India timur pada hari Senin (17/6/2024). Seorang pejabat tinggi kemudian memerintahkan tanggap darurat besar-besaran.

"Kanchenjunga Express, yang beroperasi antara Kota Kolkata dan Silchar di negara bagian Assam timur laut, ditabrak oleh kereta barang di selatan Kota Siliguri," menurut Ketua Menteri Benggala Barat Mamata Banerjee.

Tim bencana telah bergegas ke lokasi kecelakaan kereta, yang terletak di bawah kaki bukit yang mengarah ke Darjeeling, tujuan wisata pegunungan populer yang terkenal dengan perkebunan teh dan pemandangan Himalaya yang menakjubkan.

Gambar dan rekaman video media lokal dari tempat kejadian menunjukkan setidaknya satu gerbong kereta berada di sisi lainnya, sebagian hancur menjadi kumpulan logam yang terpelintir. Gerbong lain terlihat naik ke udara dengan sudut curam di atas gerbong mesin.

"Lima penumpang tewas dan 25-30 orang luka-luka dalam kecelakaan itu," kata Inspektur Polisi Darjeeling Abhishek Roy kepada wartawan dari lokasi kecelakaan. "Situasinya serius. Insiden itu terjadi ketika kereta barang menabrak Kanchenjunga Express."

"Cedera tersebut tidak fatal," kata Roy, seraya menambahkan bahwa para penumpang dipindahkan ke New Jalpaiguri, yang merupakan kota terdekat dan persimpangan kereta api terbesar di timur laut India.

Ketua Menteri Benggala Barat Mamata Banerjee menulis di X bahwa "dokter, ambulans, dan tim bencana telah dilarikan ke lokasi untuk penyelamatan, pemulihan, dan bantuan medis."

"Aksi untuk menangani situasi seperti perang telah dimulai,” tambah Ketua Menteri Benggala Barat Mamata Banerjee.

Gambar langsung dari lokasi tabrakan kereta yang disiarkan langsung oleh saluran berita lokal TV 9 menunjukkan orang-orang berkumpul di luar gerbong, beberapa di antaranya merekam dengan ponsel mereka.

Kecelakaan itu terjadi lebih dari setahun setelah India mengalami salah satu bencana kereta api terburuk dalam sejarah negara itu, ketika lebih dari 280 orang tewas dalam kecelakaan tiga arah yang melibatkan dua kereta penumpang dan sebuah kereta barang di negara bagian Odisha timur.

Insiden itu mengejutkan negara tersebut, sehingga memicu kembali seruan kepada pihak berwenang untuk menghadapi masalah keselamatan dalam sistem kereta api yang mengangkut lebih dari 13 juta penumpang setiap hari.

Jaringan kereta api India yang luas, salah satu yang terbesar di dunia, dibangun lebih dari 160 tahun yang lalu di bawah pemerintahan kolonial Inggris. Saat ini, perusahaan ini menjalankan sekitar 11.000 kereta setiap hari melalui jalur sepanjang 67.000 mil di negara dengan populasi terpadat di dunia.

Namun infrastruktur yang rusak sering disebut-sebut sebagai penyebab kemacetan jadwal dan banyak kecelakaan kereta api. Meskipun statistik pemerintah menunjukkan bahwa kecelakaan dan penggelinciran kereta telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, tragisnya hal ini masih sering terjadi.

 


Minibus di Ukraina Barat Kecelakaan, 14 Orang Tewas

Ilustrasi kecelakaan (Istimewa)
Ilustrasi kecelakaan (Istimewa)

Sementara itu, dilaporkan 14 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas serius di Ukraina bagian barat.

Seorang pejabat senior daerah mengatakan, kematian tersebut disebabkan oleh truk yang melaju ke arah lalu lintas yang berlawanan arah dan bertabrakan dengan sebuah minibus.

12 penumpang, termasuk seorang anak berusia enam tahun, dan dua pengemudi tewas, sementara seorang wanita selamat dengan luka serius, kata para pejabat, dikutip dari laman BBC, Minggu (7/7/2024).

Proses pidana telah dibuka terkait insiden tersebut.

Kecelakaan itu terjadi di dekat desa Verkhiv, di wilayah Rivne sekitar pukul 15:45 waktu setempat, kata kepala administrasi militer daerah, Oleksandr Koval, di saluran Telegramnya.

Kemungkinan penyebab dari apa yang terjadi sedang diselidiki.

Gambar yang diunggah oleh Kementerian Keadaan Darurat menunjukkan reruntuhan kendaraan di sebuah ladang dan mainan anak-anak tergeletak di tanah.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebutkan hal itu dalam pidato video malam harinya dan menyampaikan belasungkawa kepada orang-orang terkasih dari mereka yang meninggal.


Kecelakaan 2 Bus Tabrakan di Honduras, 17 Orang Tewas

Kecelakaan Bus
Ilustrasi Kecelakaan bus. (pexels/david iloba)

Kecelakaan bus juga menelan korban jiwa di Brasil. Peristiwa nahas terjadi saat fajar di jalan pegunungan Honduras yang berkelok-kelok dengan satu jalur di setiap arahnya.

"17 orang dilaporkan tewas ketika dua bus bertabrakan pada Rabu 28 Februari 2024 di barat laut Honduras," kata petugas pemadam kebakaran, seperti dikutip dari AFP Kamis (29/2/2024).

Sementara itu, 12 orang lainnya dilaporkan terluka.

Salah satu bus, yang kosong setelah menurunkan sekelompok migran di perbatasan dengan Guatemala, kembali ke Honduras sementara bus lainnya, yang lebih kecil, menuju ke arah berlawanan yang penuh penumpang menuju kota Santa Rosa de Copan.

Korban luka akibat kecelakaan tersebut dibawa ke rumah sakit di Santa Rosa de Copan, sekitar 300 kilometer (186 mil) dari ibu kota negara Amerika Tengah, Tegucigalpa.

Kecelakaan di jalan raya merupakan penyebab kematian kedua di Honduras setelah pembunuhan, menurut angka resmi pemerintah setempat.

Media lokal melaporkan bahwa semua korban tabrakan dua bus itu adalah warga Honduras.

Presiden Honduras Xiomara Castro mengatakan di X bahwa dia mengetahui kecelakaan itu "dengan rasa khawatir dan kesakitan yang mendalam," dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga terdekat dari mereka yang meninggal.

"Saya telah menginstruksikan tim dan lembaga terkait untuk memberikan semua dukungan yang diperlukan di masa sulit ini,” tambahnya.

Ribuan migran melintasi Honduras setiap hari dari Amerika Selatan melalui perjalanan panjang menuju Amerika Serikat untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Pada Oktober tahun 2023 lalu, empat migran tewas ketika sebuah bus jatuh ke jurang di wilayah yang sama.

Infografis Kecelakaan Infrastruktur
Infografis Kecelakaan Infrastruktur
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya