Serangan ke Lapangan Bola Dataran Tinggi Golan Tewaskan 12 Orang, PM Israel: Hizbullah Akan Bayar Harga Mahal

Serangan itu menghantam Kota Majdal Shams yang mayoritas penduduknya beragama Druze di Dataran Tinggi Golan yang bergunung-gunung, dekat perbatasan dengan Suriah. Israel telah menduduki wilayah tersebut sejak 1967, dan mencaploknya pada 1981.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 28 Jul 2024, 09:05 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 09:05 WIB
Tentara Israel memblokir jalan dengan latar belakang asap kebakaran setelah roket bombardir Hizbullah Lebanon menghantam Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel, Selasa, 9 Juli 2024. (AP)
Ilustrasi serangan Hizbullah ke dataran tinggi Golan. (AP)

Liputan6.com, Majdal Shams - Kelompok militan Lebanon, Hizbullah, dilaporkan menyerang lapangan sepak bola di kota terpencil di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel. 12 orang tewas dalam serangan pada Sabtu 27 Juli 2024.

Rentetan tembakan roket juga dilaporkan terjadi sepanjang hari dari Lebanon menargetkan wilayah Israel.

Layanan darurat Magen David Adom Israel mengatakan "sejumlah besar" ambulans dikirim ke tempat kejadian untuk merawat para korban, yang semuanya berusia antara 10 dan 20 tahun. Video dan gambar yang beredar menunjukkan korban para pemuda berserakan di rumput, beberapa mengenakan kaus olahraga.

Serangan itu menghantam Kota Majdal Shams yang mayoritas penduduknya beragama Druze di Dataran Tinggi Golan yang bergunung-gunung, dekat perbatasan dengan Suriah. Israel telah menduduki wilayah tersebut sejak 1967, dan mencaploknya pada 1981.

Dalam pernyataan dari kantor PM Benjamin Netanyahu, mengutip The Guardian, Minggu (28/7/2024), pemimpin Israel tersebut mengatakan bahwa ia telah memberi tahu kepala komunitas Druze Israel bahwa "Hizbullah akan membayar harga yang mahal, harga yang belum pernah dibayarkannya."

PM Netanyahu bersumpah akan membalas dendam setelah serangan roket menewaskan 12 orang di Dataran Tinggi Golan.

PM Israel menyalahkan Hizbullah atas serangan mematikan di lapangan sepak bola di tengah rentetan serangan dari Lebanon sepanjang hari

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, bersumpah bahwa kelompok militan Lebanon, Hizbullah, akan "membayar harga yang mahal" setelah serangan di lapangan sepak bola di kota terpencil di Dataran Tinggi Golan yang diduduki menewaskan 12 orang dan rentetan tembakan roket sepanjang hari dari Lebanon menargetkan wilayah Israel."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jubir PBB Minta untuk Jaga Ketenangan

Bendera Israel. (AFP Photo/Thomas Coex)
Ilustrasi Israel. (AFP Photo/Thomas Coex)

Seorang juru bicara pasukan penjaga perdamaian PBB yang beroperasi di Lebanon selatan mengatakan kepada Reuters bahwa mereka telah melakukan kontak dengan otoritas Lebanon dan Israel "untuk memahami rincian insiden Majdal Shams dan untuk menjaga ketenangan".

Hizbullah dan milisi lain yang bermarkas di Lebanon telah berulang kali menyerang wilayah Israel sebagai balasan atas serangan Israel di Gaza, sementara serangan udara Israel telah menargetkan kota-kota jauh di dalam Lebanon. Pejabat Lebanon dan kelompok hak asasi manusia mengklaim Israel telah menggunakan fosfor putih di Lebanon selatan.

Hampir 200.000 orang mengungsi di kedua sisi garis biru yang memisahkan kedua negara, yang memicu kemarahan yang meningkat di dalam Israel di tengah tuntutan agar pemerintah mencegah serangan lebih lanjut.

“Serangan Hizbullah hari ini (Sabtu 27 Juli) melewati semua garis merah, dan responsnya akan sesuai dengan itu. Kita sedang mendekati momen perang habis-habisan melawan Hizbullah dan Lebanon,” kata menteri luar negeri Israel, Israel Katz, kepada Axios.

Serangan itu menandai eskalasi serius setelah serangkaian tembakan roket dari Lebanon selatan diarahkan ke beberapa kota di Dataran Tinggi Golan yang diduduki, yang sebagian besar diklaim oleh Hizbullah.

Namun, Mohammad Afif, seorang pejabat senior Hizbullah, membantah bertanggung jawab atas serangan yang menghantam Majdal Shams, saat berbicara kepada Reuters. Dalam sebuah pernyataan, kelompok militan itu mengatakan bahwa mereka “sama sekali tidak ada hubungannya dengan insiden itu”, menuduh media yang bermusuhan melakukan “tuduhan palsu”.

Sebuah mural Yerusalem dengan tulisan “gerbang pengembalian” dilukis di pagar perbatasan yang memisahkan Israel dan Lebanon di kota Kafr Kila, Lebanon selatan.

 


Pemerintah Lebanon Mengutuk Serangan ke Dataran Tinggi Golan yang Diduduki Israel

Bendera Lebanon. (Unsplash/ Charbel Karam)
Ilustrasi Lebanon. (Unsplash/ Charbel Karam)

Pemerintah Lebanon mengutuk serangan itu, di tengah kekhawatiran akan meningkatnya konflik regional. "Menargetkan warga sipil merupakan pelanggaran hukum internasional yang mencolok dan bertentangan dengan prinsip-prinsip kemanusiaan," katanya dalam sebuah pernyataan, menuntut "penghentian permusuhan segera".

Kantor Netanyahu mengatakan dia akan terbang pulang lebih awal dari kunjungan ke AS, di mana dia bertemu dengan presiden, Joe Biden, wakil presiden dan kandidat, Kamala Harris, dan mantan presiden Donald Trump.

"Segera setelah mengetahui bencana tersebut, perdana menteri Benjamin Netanyahu memerintahkan agar kepulangannya ke Israel dipercepat secepat mungkin," kata mereka.

Pasukan Pertahanan Israel serta pejabat Israel mengaitkan serangan Majdal Shams dengan Hizbullah.

Seorang juru bicara dewan keamanan nasional Gedung Putih, yang telah lama berusaha membantu menengahi gencatan senjata di Gaza, juga mengutuk serangan tersebut. Para negosiator AS telah bekerja selama berbulan-bulan untuk meredakan ketegangan di perbatasan utara Israel.

“Israel terus menghadapi ancaman berat terhadap keamanannya, seperti yang dilihat dunia saat ini, dan Amerika Serikat akan terus mendukung upaya untuk mengakhiri serangan mengerikan ini di sepanjang garis biru, yang harus menjadi prioritas utama,” kata mereka.

 


Presiden Israel: Hati Hancur...

Ilustrasi Bendera Israel dan Yerusalem (AFP)
Ilustrasi Israel. (AFP)

Bezalel Smotrich, menteri keuangan sayap kanan dan anggota kabinet keamanan Israel, mengatakan: “Atas kematian anak-anak kecil, [sekretaris jenderal Hizbullah Hassan] Nasrallah harus membayar dengan kepalanya. Lebanon secara keseluruhan harus membayar harganya … Saatnya bertindak!”

Presiden Israel Isaac Herzog mengatakan: “Hati hancur menghadapi bencana yang mengejutkan dan mengerikan di desa Druze Majdal Shams.” Ia menuduh Hizbullah menyerang “anak-anak yang satu-satunya dosanya adalah bermain sepak bola. Dan tidak pernah kembali.”

Adapun rentetan tembakan roket menyusul serangan oleh angkatan udara Israel di Kota Kafr Kila di Lebanon selatan, dekat dengan garis yang membatasi wilayah Lebanon dan Israel. Serangan itu menewaskan empat orang, termasuk beberapa anggota Hizbullah, menurut Reuters dan pernyataan dari kelompok tersebut.

Sementara itu, pasukan Israel juga mengatakan mereka mencegat sebuah pesawat nirawak dari Lebanon yang menargetkan anjungan gas lepas pantai, sementara kantor berita pemerintah Lebanon mengatakan sebuah pesawat nirawak Israel.

Serangan itu menghantam kota perbatasan Odaisseh dan memicu kebakaran.

Artileri di Kota Meiss el-Jabal juga memicu kebakaran di Lebanon selatan, sementara jet tempur Israel memecahkan penghalang suara di atas kota Tyre di selatan.

 

Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya