48 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Truk Tangki BBM di Nigeria

Angka kecelakaan truk tangki BBM cukup tinggi di Nigeria.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 09 Sep 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi ledakan.
Ilustrasi Ledakan. (Dok. Pixabay/Pexels)

Liputan6.com, Abuja - Setidaknya 48 orang tewas setelah truk tangki BBM meledak di jalan raya yang ramai di Niger, negara bagian di wilayah tengah Nigeria, pada Minggu (8/9/2024). Demikian disampaikan otoritas setempat.

"Truk tangki nahas itu bertabrakan langsung dengan truk bermuatan ternak yang melaju kencang di sepanjang jalan raya Bida-Agaie-Lapai, yang menyebabkan truk tangki BBM itu meledak," terang kepala Badan Manajemen Darurat Negara Abdullah Baba-Arah seperti dilansir Xinhua, Senin (9/9).

Dua kendaraan lainnya terjebak dalam kobaran api, kata Baba-Arah, yang mencatat hingga 48 orang tewas. Setidaknya 50 ternak juga hilang akibat insiden itu.

"Operasi pencarian sedang dilakukan untuk menemukan jenazah korban lainnya yang diyakini terjebak di kendaraan yang malang itu," tambahnya.

Karena tidak adanya sistem kereta api yang efisien untuk mengangkut kargo, kecelakaan truk yang fatal sering terjadi di sebagian besar jalan utama di Nigeria, negara dengan penduduk terbanyak di Afrika.

Menurut Korps Keselamatan Jalan Raya Federal Nigeria, pada tahun 2020 saja, terjadi 1.531 kecelakaan truk tangki BBM yang mengakibatkan 535 kematian dan 1.142 cedera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya