Tidur Selama 6 Jam Juga Menyehatkan

Tak perlu gusar jika tidur malam tidak sampai delapan jam.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 16 Okt 2015, 14:15 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2015, 14:15 WIB
8 Tips Awet Muda
Tidur | via: fayunda.it

Liputan6.com, Jakarta Tak perlu gusar jika tidur malam tidak sampai delapan jam. Temuan terbaru menyebut, manusia hanya perlu enam jam untuk tidur di malam hari.

Jika selama ini disebut tidur kurang dari delapan jam membuat orang berisiko gemuk, penelitian yang melibatkan beberapa suku pedalaman yang hidup sebagai pemburu, tidur hanya enam jam tidak membuat mereka gemuk. Bahkan, mereka mampu mengontrol berat badannya.

University of California di Los Angeles telah mempelajari suku San dari Namibia, suku Hadza dari Tanzania, dan suku Tsimane dari Bolivia. Hasilnya, meski masyarakat suku tersebut rata-rata hanya tidur selama enam jam dan dua menit di malam hari, tubuh mereka tidak gemuk, tekanan darah mereka normal, jantung mereka sehat, dan mereka lebih bugar.

Penulis utama penelitian Ghandi Yetish mengatakan, yang terpenting adalah, tidurlah dalam keadaan gelap dan sunyi. Jauhkan paparan cahaya apa pun satu jam sebelum tidur. Sehingga tidur menjadi nyenyak, dan bangun dalam keadaan bugar.

Seperti dikutip dari situs Daily Mail, Jumat (16/10/2015), Profesor Siegel mengatakan, penting juga yang diperhatikan adalah suhu kamar sehingga kita terhindar dari insomnia dan cukup tidur.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya