Pandemi COVID-19 Akan Genap 2 Tahun, Dirjen WHO Enggan Anggap Omicron Varian Terakhir

Pada hari Minggu mendatang, pandemi akan genap menginjak dua tahun.

oleh Diviya Agatha diperbarui 25 Jan 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 25 Jan 2022, 12:00 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) (AP Photo)
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) (AP Photo)

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan bahwa pandemi COVID-19 akan genap menginjak dua tahun pada hari Minggu mendatang.

"Hari Minggu ini menandai dua tahun sejak saya mendeklarasikan Public Health Emergency of International Concern (PHEIC), tingkat alarm tertinggi dibawah hukum internasional terkait penyebaran COVID-19," ujar Tedros melalui unggahan pada akun Twitter pribadinya @DrTedros, Selasa (25/1/2022).

PHEIC juga dikenal dengan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD), yang mana sebuah pengumuman resmi dari WHO tentang kejadian luar biasa yang mengancam kesehatan masyarakat.

Tedros mengungkapkan, pada saat itu hanya ada kurang dari 100 kasus dan belum ada kematian yang dilaporkan di luar China. Namun, dua tahun kemudian keadaan pun telah berbeda.

"Dua tahun setelahnya, hampir 350 juta kasus sudah dilaporkan, dan sudah ada ada lebih dari 5.5 juta kematian," kata Tedros.

"Minggu lalu, ada sebanyak 100 kasus yang dilaporkan setiap tiga detik, dan orang kehilangan hidupnya akibat COVID-19 setiap 12 detik. Jadi dari manakah kita berdiri? Kapan ini akan berakhir?" tambahnya.

Menurut Tedros, sangat berbahaya untuk mengasumsikan bahwa Omicron akan menjadi varian terakhir dari virus SARS-CoV-2 tersebut.

"Bahaya untuk mengasumsikan bahwa Omicron akan jadi varian terakhir, dan kita sudah berada di penghujung semua ini. Mengakhiri fase akut pandemi ini harus tetap menjadi prioritas kita bersama," ujar Tedros.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hidup bersama, bukan berarti bebas

Tedros menyampaikan, memang benar bahwa kita akan hidup berdampingan dengan COVID-19 untuk masa mendatang. Namun, belajar untuk hidup bersama COVID-19 pun bukan berarti kita tidak peduli.

"Belajar untuk hidup bersama COVID-19 bukan berarti kita memberikan virus ini kebebasan. Itu bukan berarti kita menerima bahwa ada hampir 50 ribu kematian setiap minggunya dari penyakit yang bisa kita cegah dan kita obati," ujar Tedros.

Terkait hal tersebut, Tedros mengungkapkan bahwa hidup bersama COVID-19 bukan berarti kita menerima begitu saja beban tersebut. Ketika setiap harinya, tenaga kesehatan sebenarnya telah begitu kelelahan.

"Bukan berarti kita mengabaikan konsekuensi dari long COVID-19, yang mana kita juga belum sepenuhnya memahami," kata pria berusia 56 tahun tersebut.


Infografis

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya