Cara Mudah Bakar Kalori Setelah Makan Enak agar Terhindar dari Kelebihan Berat Badan dan Risiko Penyakit

Boleh saja menikmati hidangan lezat tentunya dengan diimbangi aktivitas membakar kalori agar tubuh tetap sehat dan bugar.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 03 Sep 2024, 14:29 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2024, 08:00 WIB
berjalan pada treadmill
berjalan pada treadmill (Sumber: Freepik/tawatchai07)

Liputan6.com, Jakarta - Nasi Padang terkenal dengan pilihan berbagai lauk yang melimpah. Rendang, dendeng, jeroan, otak, usus, dan gulai adalah beberapa lauk favorit yang memanjakan lidah. Tapi jangan salah, mereka juga "favorit" dalam menyumbang kalori. Sebungkus Nasi Padang bisa mengandung 500 hingga 700 kalori, tergantung lauk yang dipilih.

Contohnya, satu porsi rendang dapat menyumbang lebih dari 200 kalori, belum lagi gulai bersantan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Nasi putih juga jadi karbohidrat utama yang memperkaya kalori dalam setiap porsinya.

Tubuh memerlukan cukup kalori untuk dapat berfungsi. Tetapi jika mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang digunakan tubuh, kelebihan kalori itu akan disimpan dalam bentuk lemak. Kalori ekstra terutama disimpan dalam bentuk trigliserida, yang bila meningkat akan membahayakan kesehatan jantung. Seperti lipid lainnya, terlalu banyak trigliserida yang terakumulasi di arteri, meningkatkan risiko arteri menjadi keras, kaku dan sempit – suatu kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis. Pengerasan dinding arteri meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Oleh karena itu, asupan kalori berlebih harus diimbangi aktivitas fisik agar tidak menyebabkan penumpukan lemak dan berujung pada risiko penyakit seperti obesitas, jantung, hingga diabetes.

Jadi, boleh saja menikmati kelezatan hidangan nasi khas tersebut, tentunya dengan diimbangi aktivitas membakar kalori agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Salah satu solusi bakar kalori dengan cara mudah dan sederhana yakni berolahraga di treadmill.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bakar Kalori di Treadmill

Treadmill
Treadmill lipat Kingsmith WalkingPad R2 Pro.

Treadmill lipat Kingsmith WalkingPad R2 Pro bisa jadi pilihan praktis untuk membantu bakar kalori, berikut caranya:

1. Atur Kecepatan: Pasang treadmill di kecepatan 8 km/jam

.2. Durasi Latihan: Lakukan latihan selama 50-60 menit. Dengan kecepatan tersebut, kamu bisa membakar sekitar 500 kalori, setara dengan kalori dari satu bungkus Nasi Padang!

3. Nyaman & Aman: Treadmill ini didesain kokoh dan stabil, bahkan bisa mencapai kecepatan hingga 12 km/jam tanpa bikin kamu khawatir.

4. Mudah Disimpan: Setelah selesai dipakai, treadmill ini bisa dilipat sampai 180 derajat dan disimpan di mana saja—bahkan di sela lemari atau di bawah tempat tidur!

5. Kontrol via Aplikasi: Dengan aplikasi KS Fit, kamu bisa memantau dan mengatur latihan lebih gampang.

Semakin lama kamu berjalan atau berlari, semakin banyak kalori yang terbakar. Menariknya, treadmill ini satu-satunya yang bisa dilipat sampai 180 derajat, jadi kamu bisa memindahkannya dengan mudah ke mana pun kamu mau. Setelah dilipat, treadmill ini bisa diselipkan di bawah sofa, tempat tidur, atau di sela-sela ruang lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya