Panduan Lengkap I'tikaf: Definisi, Syarat, Tempat, Waktu dan Batalnya

Definisi I'tikaf, Tata Cara, Tempat, Waktu, dan Hukumnya

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Apr 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2023, 20:30 WIB
Tata Cara Iā€™tikaf
Ilustrasi Iā€™tikaf Credit: pexels.com/Ali

Liputan6.com, Jakarta - Selain ibadah wajib berupa sholat dan puasa, pada bulan RamadhanĀ ada berbagai amalan yang dianjurkan. Salah satunya adalah i'tikaf.Ā 

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya mengetahui definisi i'tikaf atau di Indonesia dibakukan dengan sebuat iktikaf.

Mengutip kemenag.go.id, secara bahasa definisi i'tikaf adalahĀ Ų„Ł‚Ų§Ł…Ų©Ā (berdiam) atau ā€œŲ§Ł„Ų§Ų­ŲŖŲØŲ§Ų³ā€Ā  Ā (memenjarakan).

Sementara, secara istilah adalahĀ 

Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŁƒŁ’Ų« ŁŁŁŠ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ³Ł’Ų¬ŁŲÆ Ł„Ų¹ŲØŲ§ŲÆŲ© Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ł…ŁŁ†Ł’ Ų“ŁŽŲ®Ł’Ųµ Ł…ŁŽŲ®Ł’ŲµŁŁˆŲµ ŲØŁŲµŁŁŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŲ®Ł’ŲµŁŁˆŲµŁŽŲ©

ā€œBerdiam diri di dalam masjid untuk beribadah kepada Allah yang dilakukan oleh orang tertentu dengan tata cara tertentuā€Ā 

Iktikaf merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan dalam Islam. Allah berfirman:

ā€¦Ā ŁŁŽŲ§Ł’Ł„Ų¢ŁŽŁ†ŁŽ ŲØŁŽŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁˆŁ‡ŁŁ†ŁŽŁ‘ ŁˆŁŽŲ§ŲØŁ’ŲŖŁŽŲŗŁŁˆŲ§ Ł…ŁŽŲ§ ŁƒŁŽŲŖŁŽŲØŁŽ Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł Ł„ŁŽŁƒŁŁ…Ł’ ŁˆŁŽŁƒŁŁ„ŁŁˆŲ§ ŁˆŁŽŲ§Ų“Ł’Ų±ŁŽŲØŁŁˆŲ§ Ų­ŁŽŲŖŁŽŁ‘Ł‰ ŁŠŁŽŲŖŁŽŲØŁŽŁŠŁŽŁ‘Ł†ŁŽ Ł„ŁŽŁƒŁŁ…Ł Ų§Ł„Ł’Ų®ŁŽŁŠŁ’Ų·Ł Ų§Ł’Ł„Ų£ŁŽŲØŁ’ŁŠŁŽŲ¶Ł Ł…ŁŁ†ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ų®ŁŽŁŠŁ’Ų·Ł Ų§Ł’Ł„Ų£ŁŽŲ³Ł’ŁˆŁŽŲÆŁ Ł…ŁŁ†ŁŽ Ų§Ł„Ł’ŁŁŽŲ¬Ł’Ų±Ł Ų«ŁŁ…ŁŽŁ‘ Ų£ŁŽŲŖŁŁ…ŁŁ‘ŁˆŲ§ Ų§Ł„ŲµŁŁ‘ŁŠŁŽŲ§Ł…ŁŽ Ų„ŁŁ„ŁŽŁ‰ Ų§Ł„Ł„ŁŽŁ‘ŁŠŁ’Ł„Ł ŁˆŁŽŁ„Ų§ŁŽ ŲŖŁŲØŁŽŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁˆŁ‡ŁŁ†ŁŽŁ‘ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ†Ł’ŲŖŁŁ…Ł’ Ų¹ŁŽŲ§ŁƒŁŁŁŁˆŁ†ŁŽ ŁŁŁŠ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ³ŁŽŲ§Ų¬ŁŲÆŁ ŲŖŁŁ„Ł’ŁƒŁŽ Ų­ŁŲÆŁŁˆŲÆŁ Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł ŁŁŽŁ„Ų§ŁŽ ŲŖŁŽŁ‚Ł’Ų±ŁŽŲØŁŁˆŁ‡ŁŽŲ§ ŁƒŁŽŲ°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ ŁŠŁŲØŁŽŁŠŁŁ‘Ł†Ł Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł Ų¢ŁŽŁŠŁŽŲ§ŲŖŁŁ‡Ł Ł„ŁŁ„Ł†ŁŽŁ‘Ų§Ų³Ł Ł„ŁŽŲ¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‘Ł‡ŁŁ…Ł’ ŁŠŁŽŲŖŁŽŁ‘Ł‚ŁŁˆŁ†ŁŽ.

Artinya:Ā  ā€¦maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yangĀ  Ā ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hinggga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka jangan kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwaā€ (QS. al-Baqarah, 2: 187).

Rasulullah bersabda:

Ų£ŁŽŁ†ŁŽŁ‘ Ų§Ł„Ł†ŁŽŁ‘ŲØŁŁŠŁŽŁ‘ ŲµŁŽŁ„ŁŽŁ‘Ł‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ł‡Ł ŁˆŁŽŲ³ŁŽŁ„ŁŽŁ‘Ł…ŁŽ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŁŠŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŁŁ Ų§Ł’Ł„Ų¹ŁŽŲ“ŁŽŲ±ŁŽ Ų§Ł’Ł„Ų£ŁŽŁˆŁŽŲ§Ų®ŁŲ±ŁŽ Ł…ŁŁ†Ł’ Ų±ŁŽŁ…ŁŽŲ¶ŁŽŲ§Ł†ŁŽ Ų­ŁŽŲŖŁŽŁ‘Ł‰ ŲŖŁŽŁˆŁŽŁŁŽŁ‘Ų§Ł‡Ł Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł Ų«ŁŁ…ŁŽŁ‘ Ų§Ų¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŽŁŁŽ Ų£ŁŽŲ²Ł’ŁˆŁŽŲ§Ų¬ŁŁ‡Ł Ł…ŁŁ†Ł’ ŲØŁŽŲ¹Ł’ŲÆŁŁ‡Ł. [Ų±ŁˆŲ§Ł‡ Ł…Ų³Ł„Ł…]

Artinya: ā€œBahwa Nabi saw. melakukan iktikaf pada hari kesepuluh terakhir dari bulan ramadan, (beliau melakukannya) sejak datang di Madinah sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau melakukan iktikaf setelah beliau wafatā€ [HR. Muslim]

Bahkan salah satu fungsi masjid adalah untuk iktikaf

Allah berfirman:

ŁˆŁŽŲ§ŁŲ°Ł’ Ų¬ŁŽŲ¹ŁŽŁ„Ł’Ł†ŁŽŲ§ Ų§Ł„Ł’ŲØŁŽŁŠŁ’ŲŖŁŽ Ł…ŁŽŲ«ŁŽŲ§ŲØŁŽŲ©Ł‹ Ł„Ł‘ŁŁ„Ł†Ł‘ŁŽŲ§Ų³Ł ŁˆŁŽŲ§ŁŽŁ…Ł’Ł†Ł‹Ų§Ū— ŁˆŁŽŲ§ŲŖŁ‘ŁŽŲ®ŁŲ°ŁŁˆŁ’Ų§ Ł…ŁŁ†Ł’ Ł…Ł‘ŁŽŁ‚ŁŽŲ§Ł…Ł Ų§ŁŲØŁ’Ų±Ł°Ł‡Ł–Ł…ŁŽ Ł…ŁŲµŁŽŁ„Ł‘Ł‹Ł‰Ū— ŁˆŁŽŲ¹ŁŽŁ‡ŁŲÆŁ’Ł†ŁŽŲ§Ł“ Ų§ŁŁ„Ł°Ł“Ł‰ Ų§ŁŲØŁ’Ų±Ł°Ł‡Ł–Ł…ŁŽ ŁˆŁŽŲ§ŁŲ³Ł’Ł…Ł°Ų¹ŁŁŠŁ’Ł„ŁŽ Ų§ŁŽŁ†Ł’ Ų·ŁŽŁ‡Ł‘ŁŲ±ŁŽŲ§ ŲØŁŽŁŠŁ’ŲŖŁŁŠŁŽ Ł„ŁŁ„Ų·Ł‘ŁŽŲ§Ū¤Ł‰Ł•ŁŁŁŁŠŁ’Ł†ŁŽ ŁˆŁŽŲ§Ł„Ł’Ų¹Ł°ŁƒŁŁŁŁŠŁ’Ł†ŁŽ ŁˆŁŽŲ§Ł„Ų±Ł‘ŁŁƒŁ‘ŁŽŲ¹Ł Ų§Ł„Ų³Ł‘ŁŲ¬ŁŁˆŁ’ŲÆŁ

ā€œDan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah (kaabah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah makam Ibrahim itu tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, ā€œBersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang iktikaf, orang yang rukuk, dan orang yang sujudā€ (QS. Al-Baqarah, 2: 125).

Ā 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Hukum Iktikaf

Hukum asal iktikaf adalah sunnah (mustahab) berdasarkan sabda NabiĀ sallallahu alaihi wasallam

Ų„ŁŁ†ŁŁ‘Ł‰ Ų§Ų¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŽŁŁ’ŲŖŁ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲ“Ł’Ų±ŁŽ Ų§Ł„Ų£ŁŽŁˆŁŽŁ‘Ł„ŁŽ Ų£ŁŽŁ„Ł’ŲŖŁŽŁ…ŁŲ³Ł Ł‡ŁŽŲ°ŁŁ‡Ł Ų§Ł„Ł„ŁŽŁ‘ŁŠŁ’Ł„ŁŽŲ©ŁŽ Ų«ŁŁ…ŁŽŁ‘ Ų§Ų¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŽŁŁ’ŲŖŁ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲ“Ł’Ų±ŁŽ Ų§Ł„Ų£ŁŽŁˆŁ’Ų³ŁŽŲ·ŁŽ Ų«ŁŁ…ŁŽŁ‘ Ų£ŁŲŖŁŁŠŲŖŁ ŁŁŽŁ‚ŁŁŠŁ„ŁŽ Ł„ŁŁ‰ Ų„ŁŁ†ŁŽŁ‘Ł‡ŁŽŲ§ ŁŁŁ‰ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲ“Ł’Ų±Ł Ų§Ł„Ų£ŁŽŁˆŁŽŲ§Ų®ŁŲ±Ł ŁŁŽŁ…ŁŽŁ†Ł’ Ų£ŁŽŲ­ŁŽŲØŁŽŁ‘ Ł…ŁŁ†Ł’ŁƒŁŁ…Ł’ Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŁŠŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŁŁŽ ŁŁŽŁ„Ł’ŁŠŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŁŁ’ Ā». ŁŁŽŲ§Ų¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŽŁŁŽ Ų§Ł„Ł†ŁŽŁ‘Ų§Ų³Ł Ł…ŁŽŲ¹ŁŽŁ‡Ł

ā€œSungguh saya beriktikaf di sepuluh hari awal ramadan untuk mencari malam kemuliaan (lailat al-qadr), kemudian saya beriktikaf di sepuluh hari pertengahan ramadan, kemudian Jibril mendatangiku dan memberitakan bahwa malam kemuliaan terdapat di sepuluh hari terakhir bulan ramadan. Barang siapa yang ingin beriktikaf, hendaklah dia beriktikaf (untuk mencari malam tersebut). Maka para sahabat pun beriktikaf bersama beliauā€ (HR. Muslim, no: 1167).

Waktu Iktikaf

Secara umum, kita boleh melakukan iktikaf kapan pun kita mau. Namun, khusus untuk sepuluh hari terakhir lebih ditekankan lagi kesunnahannya karena Rasulullah selalu melakukannya bahkan ā€œmengqodhoā€™nyaā€ di tahun lain jika tahun sebelumnya beliau safar.

Hadits Anas binĀ Malik radhiallahu ā€˜anhu, beliau mengatakan,

Ų„ŁŲ°ŁŽŲ§ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ Ł…ŁŁ‚ŁŁŠŁ…Ų§Ł‹ Ų§Ų¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŽŁŁŽ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲ“Ł’Ų±ŁŽ Ų§Ł„Ų£ŁŽŁˆŁŽŲ§Ų®ŁŲ±ŁŽ Ł…ŁŁ†Ł’ Ų±ŁŽŁ…ŁŽŲ¶ŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŁˆŁŽŲ„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų³ŁŽŲ§ŁŁŽŲ±ŁŽ Ų§Ų¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŽŁŁŽ Ł…ŁŁ†ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲ§Ł…Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŁ‚Ł’ŲØŁŁ„Ł Ų¹ŁŲ“Ł’Ų±ŁŁŠŁ†ŁŽ.

NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan ramadan ketika dalam kondisi mukim. Apabila beliau bersafar, maka beliau beriktikaf pada tahun berikutnya selama dua puluh hariā€ (HR. Ahmad, no: 12036).

Kadang Rasulullah ā€œmenggantiā€ iktikafnya itu di bulan syawal.

Ada riwayat dari Ummu al-Mukminin, yang menyatakan bahwa NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ beriktikaf di sepuluh hari pertama bulan syawal dan dalam satu riwayat beliau melaksanakannya di sepuluh hari terakhir bulan syawwal (HR. Bukhari: 1936 dan Muslim: 1172). Hal ini dilakukan karena beliau pernah meninggalkan iktikaf di bulan ramadan dan menggantinya di bulan syawal.

Iktikaf bisa menjadi wajib jika dinazarkan

UmarĀ radhiallahu ā€˜anhu, bertanya kepada NabiĀ sallallahu alaihi wasallam:

ŁƒŁŁ†Ł’ŲŖŁ Ł†ŁŽŲ°ŁŽŲ±Ł’ŲŖŁ ŁŁŁ‰ Ų§Ł„Ł’Ų¬ŁŽŲ§Ł‡ŁŁ„ŁŁŠŁŽŁ‘Ų©Ł Ų£ŁŽŁ†Ł’ Ų£ŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŁŁŽ Ł„ŁŽŁŠŁ’Ł„ŁŽŲ©Ł‹ ŁŁŁ‰ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ³Ł’Ų¬ŁŲÆŁ Ų§Ł„Ł’Ų­ŁŽŲ±ŁŽŲ§Ł…Ł

ā€œPada masa jahiliyah, saya pernah bernazar untuk beriktikaf semalam di Masjid al-Haram.ā€ Maka NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ pun memerintahkannya untuk menunaikan nazar tersebut (HR. Bukhari, no: 1927).

Batas Waktu Iktikaf

Tidak ada batasan khusus dalam syariā€™at tentang waktu iktikaf. Boleh lama boleh sebentar seperti satu jam atau kurang dari itu.

Allah Swt. berfirman:

ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ†Ł’ŲŖŁŁ…Ł’ Ų¹ŁŽŲ§ŁƒŁŁŁŁˆŁ†ŁŽ ŁŁŁŠ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ³ŁŽŲ§Ų¬ŁŲÆŁ

ā€œSedang kamu beriktikaf dalam masjidā€ (QS. Al Baqarah: 187). Ibnu Hazm berkata, ā€œAllah Swt. tidak mengkhususkan jangka waktu tertentu untuk beriktikaf (dalam ayat ini). Dan Rabbmu tidaklah mungkin lupaā€ (Al Muhalla, 5: 180).

Dari Yaā€™la bin UmayyahĀ radhiyallahu ā€˜anhuĀ bahwa ia berkata,

Ų„Ł†ŁŠ Ł„Ų£Ł…ŁƒŲ« ŁŁŠ Ų§Ł„Ł…Ų³Ų¬ŲÆ Ų§Ł„Ų³Ų§Ų¹Ų© ŲŒ ŁˆŁ…Ų§ Ų£Ł…ŁƒŲ« Ų„Ł„Ų§ Ł„Ų£Ų¹ŲŖŁƒŁ

ā€œAku pernah berdiam di masjid beberapa saat. Aku tidaklah berdiam selain berniat beriktikafā€ (HR. Ibnu Abi Syaibah).

Ā 


Syarat Iktikaf

Syarat-syarat iktikaf adalah sebagai berikut:

A. Islam

Allah berfirman:

ŁˆŁŽŁ…ŁŽŲ§ Ł…ŁŽŁ†ŁŽŲ¹ŁŽŁ‡ŁŁ…Ł’ Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŲŖŁŁ‚Ł’ŲØŁŽŁ„ŁŽ Ł…ŁŁ†Ł’Ł‡ŁŁ…Ł’ Ł†ŁŽŁŁŽŁ‚ŁŽŲ§ŲŖŁŁ‡ŁŁ…Ł’ Ų„ŁŁ„Ų§ Ų£ŁŽŁ†ŁŽŁ‘Ł‡ŁŁ…Ł’ ŁƒŁŽŁŁŽŲ±ŁŁˆŲ§ ŲØŁŲ§Ł„Ł„ŁŽŁ‘Ł‡Ł ŁˆŁŽŲØŁŲ±ŁŽŲ³ŁŁˆŁ„ŁŁ‡Ł ŁˆŁŽŁ„Ų§ ŁŠŁŽŲ£Ł’ŲŖŁŁˆŁ†ŁŽ Ų§Ł„ŲµŁŽŁ‘Ł„Ų§Ų©ŁŽ Ų„ŁŁ„Ų§ ŁˆŁŽŁ‡ŁŁ…Ł’ ŁƒŁŲ³ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ‰ ŁˆŁŽŁ„Ų§ ŁŠŁŁ†Ł’ŁŁŁ‚ŁŁˆŁ†ŁŽ Ų„ŁŁ„Ų§ŁˆŁŽŁ‡ŁŁ…Ł’ ŁƒŁŽŲ§Ų±ŁŁ‡ŁŁˆŁ†ŁŽ (Ł„Ł¤)

ā€œDan tidak ada yang menghalangi untuk diterimanya nafkah-nafkah mereka, melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mereka tidak mengerjakan sembahyang melainkan dengan malas, dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa engganā€ (At Taubah: 54).

Mafhum mukholafah-nya adalah syarat utama diterimanya amal ibadah apa pun adalah iman dan Islam.

B. Niat

Iktikaf seorang yang gila, mabuk, dan pingsan tidaklah sah karena mereka tidak mampu berniat, tidak pula berakal. Padahal RasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ bersabda,

Ų„ŁŁ†ŁŽŁ‘Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ł„Ł’Ų£ŁŽŲ¹Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł ŲØŁŲ§Ł„Ł†ŁŁ‘ŁŠŁŽŲ§ŲŖŁ

ā€œSesungguhnya seluruh amalan itu bergantung pada niatnyaā€œ (HR. Bukhari, no: 1, Muslim, no: 1907).

Disyariatkannya niat adalah untuk membedakan adat dan syariat. Orang yang mabuk, gila,pingsan, dan tidak berakal tidak sah karena mereka tidak berniat.

C. Suci dari Haid dan Nifas

Firman Allah Swt.,

ŁŠŁŽŲ§ Ų£ŁŽŁŠŁŁ‘Ł‡ŁŽŲ§ Ų§Ł„ŁŽŁ‘Ų°ŁŁŠŁ†ŁŽ Ų¢Ł…ŁŽŁ†ŁŁˆŲ§ Ł„Ų§ ŲŖŁŽŁ‚Ł’Ų±ŁŽŲØŁŁˆŲ§ Ų§Ł„ŲµŁŽŁ‘Ł„Ų§Ų©ŁŽ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ†Ł’ŲŖŁŁ…Ł’ Ų³ŁŁƒŁŽŲ§Ų±ŁŽŁ‰ Ų­ŁŽŲŖŁŽŁ‘Ł‰ ŲŖŁŽŲ¹Ł’Ł„ŁŽŁ…ŁŁˆŲ§ Ł…ŁŽŲ§ ŲŖŁŽŁ‚ŁŁˆŁ„ŁŁˆŁ†ŁŽ ŁˆŁŽŁ„Ų§ Ų¬ŁŁ†ŁŲØŁ‹Ų§ Ų„ŁŁ„Ų§ Ų¹ŁŽŲ§ŲØŁŲ±ŁŁŠ Ų³ŁŽŲØŁŁŠŁ„Ł Ų­ŁŽŲŖŁŽŁ‘Ł‰ ŲŖŁŽŲŗŁ’ŲŖŁŽŲ³ŁŁ„ŁŁˆŲ§ ŁˆŁŽŲ„ŁŁ†Ł’ ŁƒŁŁ†Ł’ŲŖŁŁ…Ł’ Ł…ŁŽŲ±Ł’Ų¶ŁŽŁ‰ Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ų³ŁŽŁŁŽŲ±Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ų¬ŁŽŲ§Ų”ŁŽ Ų£ŁŽŲ­ŁŽŲÆŁŒ Ł…ŁŁ†Ł’ŁƒŁŁ…Ł’ Ł…ŁŁ†ŁŽ Ų§Ł„Ł’ŲŗŁŽŲ§Ų¦ŁŲ·Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł„Ų§Ł…ŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŁ…Ł Ų§Ł„Ł†ŁŁ‘Ų³ŁŽŲ§Ų”ŁŽ ŁŁŽŁ„ŁŽŁ…Ł’ ŲŖŁŽŲ¬ŁŲÆŁŁˆŲ§ Ł…ŁŽŲ§Ų”Ł‹ ŁŁŽŲŖŁŽŁŠŁŽŁ…ŁŽŁ‘Ł…ŁŁˆŲ§ ŲµŁŽŲ¹ŁŁŠŲÆŁ‹Ų§ Ų·ŁŽŁŠŁŁ‘ŲØŁ‹Ų§ ŁŁŽŲ§Ł…Ł’Ų³ŁŽŲ­ŁŁˆŲ§ ŲØŁŁˆŁŲ¬ŁŁˆŁ‡ŁŁƒŁŁ…Ł’ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁŠŁ’ŲÆŁŁŠŁƒŁŁ…Ł’ Ų„ŁŁ†ŁŽŁ‘ Ų§Ł„Ł„ŁŽŁ‘Ł‡ŁŽ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ Ų¹ŁŽŁŁŁˆŁ‹Ł‘Ų§ ŲŗŁŽŁŁŁˆŲ±Ł‹Ų§ (Ł¤Ł£)

ā€œHai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula menghampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandiā€ (An Nisa: 43).

Ibnu KatsirĀ rahimahullahĀ mengatakan,

ā€œAllah tabaraka wa taā€™ala melarang para hamba-Nya yang beriman mengerjakan salat dalam keadaan mabuk sehingga dia tidak mengetahui makna surat yang dibacanya. Demikian pula Dia melarang mereka yang junub mendekati tempat salat, yaitu masjid kecuali hanya sekedar lewat dari satu pintu ke pintu yang lain tanpa berdiam di dalamnyaā€ (Tafsir Quran al-ā€™Azhim).

Dalil lain adalah sabda NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ kepada AisyahĀ radhiallahu ā€˜anhaĀ yang tengah melaksanakan ihram kemudian tertimpa haid,

Ų§ŁŁ’Ų¹ŁŽŁ„ŁŁ‰ Ł…ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŁŁ’Ų¹ŁŽŁ„Ł Ų§Ł„Ł’Ų­ŁŽŲ§Ų¬ŁŁ‘ ŲŗŁŽŁŠŁ’Ų±ŁŽ Ų£ŁŽŁ†Ł’ Ł„Ų§ŁŽ ŲŖŁŽŲ·ŁŁˆŁŁŁ‰ ŲØŁŲ§Ł„Ł’ŲØŁŽŁŠŁ’ŲŖŁ Ų­ŁŽŲŖŁŽŁ‘Ł‰ ŲŖŁŽŲ·Ł’Ł‡ŁŲ±ŁŁ‰

ā€œKerjakanlah apa yang dikerjakan seorang yang berhaji, namun janganlah engkau bertawaf di Bait al-Haram hingga kamu suciā€ (HR. Bukhari, Muslim).

Lalu perkataan AisyahĀ radhiallahu ā€˜anha,

ŁƒŁŁ†ŁŽŁ‘ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŲ¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŁŁŽŲ§ŲŖŁ Ų„Ų°ŁŽŲ§ Ų­ŁŲ¶Ł’Ł†ŁŽ Ų£ŁŽŁ…ŁŽŲ±ŁŽ Ų±ŁŽŲ³ŁŁˆŁ„Ł Ų§Ł„Ł„ŁŽŁ‘Ł‡Ł ŲµŁŽŁ„ŁŽŁ‘Ł‰ Ų§Ł„Ł„ŁŽŁ‘Ł‡Ł Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ł‡Ł ŁˆŁŽŲ³ŁŽŁ„ŁŽŁ‘Ł…ŁŽ ŲØŁŲ„ŁŲ®Ł’Ų±ŁŽŲ§Ų¬ŁŁ‡ŁŁ†ŁŽŁ‘ Ų¹ŁŽŁ†Ł’ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ³Ł’Ų¬ŁŲÆŁ

ā€œKami wanita yang beritikaf, apabila mengalami haid, makaĀ sallallahu alaihi wasallamĀ akan memerintahkan untuk mengeluarkannya dari masjid.ā€ (Ibnu Jarir dalam Al Mughni 5/174 menisbatkan riwayat ini pada Abu Hafsh al ā€˜Akbari dan dia berkata, ā€œsanad riwayat ini jayyid.ā€)

Seorang wanita yang mengalamiĀ isthadhahĀ diperbolehkan beriktikaf berdasarkan hadis AisyahĀ radhiallahu ā€˜anha,

Ų§Ų¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŽŁŁŽŲŖŁ’ Ł…ŁŽŲ¹ŁŽ Ų±ŁŽŲ³ŁŁˆŁ„Ł Ų§Ł„Ł„ŁŽŁ‘Ł‡Ł ā€“ ŲµŁ„Ł‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ų¹Ł„ŁŠŁ‡ ŁˆŲ³Ł„Ł… ā€“ Ų§Ł…Ł’Ų±ŁŽŲ£ŁŽŲ©ŁŒ Ł…ŁŁ†Ł’ Ų£ŁŽŲ²Ł’ŁˆŁŽŲ§Ų¬ŁŁ‡Ł ŲŒ ŁŁŽŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽŲŖŁ’ ŲŖŁŽŲ±ŁŽŁ‰ Ų§Ł„ŲÆŁŽŁ‘Ł…ŁŽ ŁˆŁŽŲ§Ł„ŲµŁŁ‘ŁŁ’Ų±ŁŽŲ©ŁŽ ŲŒ ŁˆŁŽŲ§Ł„Ų·ŁŽŁ‘Ų³Ł’ŲŖŁ ŲŖŁŽŲ­Ł’ŲŖŁŽŁ‡ŁŽŲ§ ŁˆŁŽŁ‡Ł’Ł‰ŁŽ ŲŖŁŲµŁŽŁ„ŁŁ‘Ł‰

ā€œSalah seorang istri NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ beriktikaf bersama beliau dalam keadaan ber-istihadhah. Istri beliau tersebut mengeluarkan darah dan lendir berwarna kuning, dia mengerjakan salat dan di bawah tubuhnya terdapat bejana (untuk menampung darah tersebut)ā€ (HR. Bukhari, no: 304).

D. Bagi wanita, memperoleh izin dari suami dan aman dari fitnah

Dari AisyahĀ radhiallahu ā€˜anha

Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽŲŖŁ’ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ Ų±ŁŽŲ³ŁŁˆŁ„Ł Ų§Ł„Ł„ŁŽŁ‘Ł‡Ł ā€“ ŲµŁ„Ł‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ų¹Ł„ŁŠŁ‡ ŁˆŲ³Ł„Ł… ā€“ ŁŠŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŁŁ ŁŁŁ‰ ŁƒŁŁ„ŁŁ‘ Ų±ŁŽŁ…ŁŽŲ¶ŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŲŒ ŁˆŁŽŲ„ŁŲ°ŁŽŲ§ ŲµŁŽŁ„ŁŽŁ‘Ł‰ Ų§Ł„Ł’ŲŗŁŽŲÆŁŽŲ§Ų©ŁŽ ŲÆŁŽŲ®ŁŽŁ„ŁŽ Ł…ŁŽŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽŁ‡Ł Ų§Ł„ŁŽŁ‘Ų°ŁŁ‰ Ų§Ų¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŽŁŁŽ ŁŁŁŠŁ‡Ł ā€“ Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ ā€“ ŁŁŽŲ§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų°ŁŽŁ†ŁŽŲŖŁ’Ł‡Ł Ų¹ŁŽŲ§Ų¦ŁŲ“ŁŽŲ©Ł Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŲŖŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŁŁŽ ŁŁŽŲ£ŁŽŲ°ŁŁ†ŁŽ Ł„ŁŽŁ‡ŁŽŲ§ ŁŁŽŲ¶ŁŽŲ±ŁŽŲØŁŽŲŖŁ’ ŁŁŁŠŁ‡Ł Ł‚ŁŲØŁŽŁ‘Ų©Ł‹

ā€œRasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ senantiasa beriktikaf di bulan ramadan. Apabila beliau selesai melaksanakan salat Subuh, beliau masuk ke dalam tempat iktikaf. (Salah seorang perawi hadis ini mengatakan), ā€œMaka Aisyah pun meminta izin kepada Nabi untuk beriktikaf. Beliau pun mengizinkannya dan Aisyah pun membuat kemah di dalam masjidā€ (HR. Bukhari, no: 1936).

ŁˆŁŽŲ³ŁŽŲ£ŁŽŁ„ŁŽŲŖŁ’ Ų­ŁŽŁŁ’ŲµŁŽŲ©Ł Ų¹ŁŽŲ§Ų¦ŁŲ“ŁŽŲ©ŁŽ Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŲŖŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų°ŁŁ†ŁŽ Ł„ŁŽŁ‡ŁŽŲ§

ā€œHafshah meminta bantuan Aisyah agar memintakan izin baginya kepada RasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ (untuk beriktikaf)ā€ (HR. Bukhari, no: 1940).

E. Dilaksanakan di Masjid, lebih utama lagi jika dilakukan di masjid yang dilaksanakan sholat Jumat di dalamnya

Firman Allah Swt.,

ŁˆŁŽŁ„ŁŽŲ§ ŲŖŁŲØŁŽŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁˆŁ‡ŁŁ†ŁŽŁ‘ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ†Ł’ŲŖŁŁ…Ł’ Ų¹ŁŽŲ§ŁƒŁŁŁŁˆŁ†ŁŽ ŁŁŁŠ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ³ŁŽŲ§Ų¬ŁŲÆŁ (Ł”ŁØŁ§)

ā€œDan janganlah kalian mencampuri mereka (para wanita), sedang kalian beriktikaf dalam masjidā€ (Al Baqarah: 187).

Hadis AisyahĀ radhiallahu ā€˜anhaĀ menyatakan bahwa ketika NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ beriktikaf, beliau mengeluarkan kepalanya dari masjid agar dapat disisir oleh Aisyah dan beliau tidak masuk ke dalam rumah kecuali ada kebutuhan yang mendesak (HR. Bukhari: 1925, Muslim: 297).

Ijmak yang diklaim oleh sejumlah ulama, Al-QurthubiĀ rahimahullahĀ mengatakan,

Ų£Ų¬Ł…Ų¹ Ų§Ł„Ų¹Ł„Ł…Ų§Ų” Ų¹Ł„Ł‰ Ų£Ł† Ų§Ł„Ų§Ų¹ŲŖŁƒŲ§Ł Ł„Ų§ ŁŠŁƒŁˆŁ† ŁŁŠ Ų„Ł„Ų§ ŁŁŠ Ų§Ł„Ł…Ų³Ų¬ŲÆ

ā€œUlama bersepakat bahwa iktikaf hanya boleh dikerjakan di dalam masjidā€ (Al Jamiā€™ li Ahkam Al QuranĀ 2/324).

Masjid di Indonesia dibedakan menjadi 2 yaitu masjid jamik yang digunakan untuk salat Jumat, dan masjid biasa yang kadang disebut dengan musala,langgar,dll.

Ibnu AbbasĀ radhiallahu ā€˜anhuĀ mengatakan,

Ł„Ų§ Ų§Ų¹ŲŖŁƒŲ§Ł Ų„Ł„Ų§ ŁŁŠ Ł…Ų³Ų¬ŲÆ ŲŖŲ¬Ł…Ų¹ ŁŁŠŁ‡ Ų§Ł„ŲµŁ„ŁˆŲ§ŲŖ

ā€œTidak ada iktikaf melainkan di masjid yang di dalamnya ditegakkan salat berjamaah.ā€ (HR. Abdullah ibn Ahmad dalam Masailnya 2/673 dari ayah beliau (imam Ahmad))

Lebih disukai jika hal itu dilaksanakan di masjid jamik (masjid yang juga digunakan untuk salat Jumat). (Al Majmuā€™Ā 6/480).

Ā 


Apakah puasa menjadi syarat iktikaf?

Menurut jumhur ulama bukanlah syarat.

Firman Allah Swt.,

ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ†Ł’ŲŖŁŁ…Ł’ Ų¹ŁŽŲ§ŁƒŁŁŁŁˆŁ†ŁŽ ŁŁŁŠ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ³ŁŽŲ§Ų¬ŁŲÆŁ (Ł”ŁØŁ§)

ā€œSedang kamu beriktikaf dalam masjidā€ (Al Baqarah: 187).

Ayat ini menunjukkan pensyariatan puasa tanpa dibarengi puasa karena tercantum secara mutlak tanpa ada pembatasan.

Hadis Ibnu Umar yang menceritakan bahwa UmarĀ radhiallahu ā€˜anhu, bertanya kepada NabiĀ sallallahu alaihi wasallam

ŁƒŁŁ†Ł’ŲŖŁ Ł†ŁŽŲ°ŁŽŲ±Ł’ŲŖŁ ŁŁŁ‰ Ų§Ł„Ł’Ų¬ŁŽŲ§Ł‡ŁŁ„ŁŁŠŁŽŁ‘Ų©Ł Ų£ŁŽŁ†Ł’ Ų£ŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁŽŁƒŁŁŁŽ Ł„ŁŽŁŠŁ’Ł„ŁŽŲ©Ł‹ ŁŁŁ‰ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ³Ł’Ų¬ŁŲÆŁ Ų§Ł„Ł’Ų­ŁŽŲ±ŁŽŲ§Ł…Ł Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ā« ŁŁŽŲ£ŁŽŁˆŁ’ŁŁ ŲØŁŁ†ŁŽŲ°Ł’Ų±ŁŁƒŁŽĀ Ā»

ā€œPada masa jahiliyah, saya pernah bernazar untuk beriktikaf semalam di Masjid al-Haram.ā€ Maka NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ pun memerintahkannya untuk menunaikan nazar tersebut.(HR. Bukhari, no: 1927).

Dari Ibnu Abbas ra. dengan sanad yang sahih, bahwa beliau berpendapat bahwa seorang yang beriktikaf tidak wajib berpuasa kecuali dia mewajibkan puasa atas dirinya (HR. Baihaqi dalamĀ Sunan Al Kubra:Ā  8370).

Ā 


Pembatal Iktikaf

a. Jimak (bersetubuh)

Allah Swt. berfirman,

ŁˆŁŽŁ„Ų§ ŲŖŁŲØŁŽŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁˆŁ‡ŁŁ†ŁŽŁ‘ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ†Ł’ŲŖŁŁ…Ł’ Ų¹ŁŽŲ§ŁƒŁŁŁŁˆŁ†ŁŽ ŁŁŁŠ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ³ŁŽŲ§Ų¬ŁŲÆŁā€œ

(Tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beriktikaf dalam masjidā€ (Al Baqarah: 187).

Ath-ThabariĀ rahimahullahĀ mengatakan,

ā€œPendapat yang paling benar menurutku adalah pendapat yang menyatakan bahwa maknanya adalah jimak dan segala hal yang serupa dengan itu yang mengharuskan pelakunya mandi. Kemungkinan yang ada hanya dua, yaitu memberlakukan ayat tersebut secara umum atau mengkhususkan ayat tersebut untuk sebagian makna dariĀ mubasyarah. Banyak hadis dari RasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ secara jelas menginformasikan bahwa istri-istri beliau menyisir rambut beliau ketika sedang ber-iktikaf, maka dapat diketahui bahwa maknaĀ mubasyarahĀ dalam ayat ini hanya mencakup sebagian maknanya, bukan seluruhnyaā€ (Jamiā€™ul BayanĀ 2/181).

b. Keluar dari masjid

AisyahĀ radhiallahu ā€˜anhaĀ mengatakan, ā€œRasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ pernah memasukkan kepala beliau ke dalam kamarku, sementara beliau berada di dalam masjid, dan saya pun menyisirnya. Beliau tidak akan masuk ke dalam rumah ketika sedang beriktikaf, kecuali ada kebutuhan mendesakā€ (HR. Bukhari: 1925; Muslim: 297).

c. Memutus niat untuk beriktikaf

Ų„ŁŁ†ŁŽŁ‘Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ł„Ł’Ų£ŁŽŲ¹Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł ŲØŁŲ§Ł„Ł†ŁŁ‘ŁŠŁŽŲ§ŲŖŁ

ā€œSesungguhnya seluruh amalan itu bergantung pada niatnya ā€œ (HR. Bukhari,no: 1, Muslim, no: 1907).

Berbagai Perkara yang Dianjurkan ketika beriktikaf

a. Memperbanyak ibadahĀ mahdhah

Tujuan iktikaf adalah agar fokus ibadah, maka semestinya saat iktikaf yang dilakukan adalah memperbanyak ibadah apa pun, baik itu salat, tilawah, dzikir, dll.

b. Melakukan ibadah sosial yang tak memakan waktu lama seperti zakat, memberi fatwa, dll. Hal ini disyariā€™atkan karena NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ berbincang-bincang dengan para istri beliau (HR. Bukhari: 1933), NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ berbicara dan memberi pengarahan kepada para sahabatnya (HR. Muslim: 1167), dan Nabi juga disisirkan rambutnya tatkala beliau tengah beriktikaf (HR. Bukhari: 1925; HR. Muslim: 297).

c. Membuat sekat atau tenda di dalam Masjid

Tujuannya untuk mengisolir diri dari para muktakif lainnya. Hal ini berdasarkan perbuatan NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ (HR. Muslim: 1167) dan para istri beliau (HR. Bukhari: 1929).

Terlebih lagi bagi wanita yang beriktikaf di masjid yang digunakan untuk salat berjamaah agar dirinya tidak terlihat oleh para pria sehingga tidak menimbulkan fitnah.

d. Meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat

Hadis Abu HurairahĀ radhiallahu ā€˜anhu, NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ bersabda,

Ł…ŁŁ†Ł’ Ų­ŁŲ³Ł’Ł†Ł Ų„ŁŲ³Ł’Ł„Ų§ŁŽŁ…Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ±Ł’Ų”Ł ŲŖŁŽŲ±Ł’ŁƒŁŁ‡Ł Ł…ŁŽŲ§ Ł„Ų§ŁŽ ŁŠŁŽŲ¹Ł’Ł†ŁŁŠŁ‡Ł

ā€œMerupakan tanda baiknya keislaman seorang adalah meninggalkan segala yang tidak bermanfaat baginyaā€ (HR. Tirmidzi: 2318).

e. Bergegas menunaikan salat Jumat

Berdasarkan keumuman hadis yang menganjurkan seorang untuk bersegera pergi ke masjid untuk menunaikan salat Jumat (HR. Bukhari, no: 841; Muslim, no: 850). Hal ini bagi yang iktikaf di masjid yang tidak mengadakan salat jumat. Dan keluar dari masjid dalam konteks ini tidak membatalkan iktikaf karena alasanĀ syarā€™i.Ā 

f. Tetap berdiam di masjid ketika malam id

Sebagian ulama menganjurkan agar muktakif tetap berdiam di masjid pada malam id dan baru keluar ketika hendak menunaikan salat id (Al Muwaththa:1/315;Ā Al MajmuĀ 6/475;Ā Asy Syamilah).Ā Wallahu a'lam bisshowwab. (Sumber: Kemenag.go.id).

Tim Rembulan

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya