Liputan6.com, Jakarta - Selain ibadah wajib berupa sholat dan puasa, pada bulan RamadhanĀ ada berbagai amalan yang dianjurkan. Salah satunya adalah i'tikaf.Ā
Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya mengetahui definisi i'tikaf atau di Indonesia dibakukan dengan sebuat iktikaf.
Advertisement
Baca Juga
Mengutip kemenag.go.id, secara bahasa definisi i'tikaf adalahĀ Ų„ŁŲ§Ł Ų©Ā (berdiam) atau āŲ§ŁŲ§ŲŲŖŲØŲ§Ų³āĀ Ā (memenjarakan).
Sementara, secara istilah adalahĀ
Ų§ŁŁŁ ŁŁŁŲ« ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŲ¬ŁŲÆ ŁŲ¹ŲØŲ§ŲÆŲ© Ų§ŁŁŁ Ł ŁŁŁ Ų“ŁŲ®ŁŲµ Ł ŁŲ®ŁŲµŁŁŲµ ŲØŁŲµŁŁŁŲ©Ł Ł ŁŲ®ŁŲµŁŁŲµŁŲ©
āBerdiam diri di dalam masjid untuk beribadah kepada Allah yang dilakukan oleh orang tertentu dengan tata cara tertentuāĀ
Iktikaf merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan dalam Islam. Allah berfirman:
ā¦Ā ŁŁŲ§ŁŁŲ¢ŁŁŁ ŲØŁŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŲØŁŲŖŁŲŗŁŁŲ§ Ł ŁŲ§ ŁŁŲŖŁŲØŁ Ų§ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§Ų“ŁŲ±ŁŲØŁŁŲ§ ŲŁŲŖŁŁŁ ŁŁŲŖŁŲØŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ł Ų§ŁŁŲ®ŁŁŁŲ·Ł Ų§ŁŁŲ£ŁŲØŁŁŁŲ¶Ł Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ®ŁŁŁŲ·Ł Ų§ŁŁŲ£ŁŲ³ŁŁŁŲÆŁ Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ¬ŁŲ±Ł Ų«ŁŁ ŁŁ Ų£ŁŲŖŁŁ ŁŁŁŲ§ Ų§ŁŲµŁŁŁŁŲ§Ł Ł Ų„ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŲ§Ł ŲŖŁŲØŁŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŁŁŲŖŁŁ Ł Ų¹ŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŲ§Ų¬ŁŲÆŁ ŲŖŁŁŁŁŁ ŲŁŲÆŁŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁ ŁŁŁŲ§Ł ŲŖŁŁŁŲ±ŁŲØŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ°ŁŁŁŁŁ ŁŁŲØŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁ Ų¢ŁŁŁŲ§ŲŖŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲ§Ų³Ł ŁŁŲ¹ŁŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲŖŁŁŁŁŁŁŁ.
Artinya:Ā ā¦maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yangĀ Ā ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hinggga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka jangan kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwaā (QS. al-Baqarah, 2: 187).
Rasulullah bersabda:
Ų£ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲØŁŁŁŁ ŲµŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ§ŁŁ ŁŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ“ŁŲ±Ł Ų§ŁŁŲ£ŁŁŁŲ§Ų®ŁŲ±Ł Ł ŁŁŁ Ų±ŁŁ ŁŲ¶ŁŲ§ŁŁ ŲŁŲŖŁŁŁ ŲŖŁŁŁŁŁŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŁŁŁ Ų«ŁŁ ŁŁ Ų§Ų¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ Ų£ŁŲ²ŁŁŁŲ§Ų¬ŁŁŁ Ł ŁŁŁ ŲØŁŲ¹ŁŲÆŁŁŁ. [Ų±ŁŲ§Ł Ł Ų³ŁŁ ]
Artinya: āBahwa Nabi saw. melakukan iktikaf pada hari kesepuluh terakhir dari bulan ramadan, (beliau melakukannya) sejak datang di Madinah sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau melakukan iktikaf setelah beliau wafatā [HR. Muslim]
Bahkan salah satu fungsi masjid adalah untuk iktikaf
Allah berfirman:
ŁŁŲ§ŁŲ°Ł Ų¬ŁŲ¹ŁŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŲØŁŁŁŲŖŁ Ł ŁŲ«ŁŲ§ŲØŁŲ©Ł ŁŁŁŁŁŁŁŲ§Ų³Ł ŁŁŲ§ŁŁ ŁŁŁŲ§Ū ŁŁŲ§ŲŖŁŁŲ®ŁŲ°ŁŁŁŲ§ Ł ŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŲ§Ł Ł Ų§ŁŲØŁŲ±Ł°ŁŁŁ Ł Ł ŁŲµŁŁŁŁŁŪ ŁŁŲ¹ŁŁŁŲÆŁŁŁŲ§Ł Ų§ŁŁŁ°ŁŁ Ų§ŁŲØŁŲ±Ł°ŁŁŁ Ł ŁŁŲ§ŁŲ³ŁŁ Ł°Ų¹ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁ Ų·ŁŁŁŁŲ±ŁŲ§ ŲØŁŁŁŲŖŁŁŁ ŁŁŁŲ·ŁŁŲ§Ū¤ŁŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŲ¹Ł°ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŲ±ŁŁŁŁŁŲ¹Ł Ų§ŁŲ³ŁŁŲ¬ŁŁŁŲÆŁ
āDan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah (kaabah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah makam Ibrahim itu tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, āBersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang iktikaf, orang yang rukuk, dan orang yang sujudā (QS. Al-Baqarah, 2: 125).
Ā
Saksikan Video Pilihan Ini:
Hukum Iktikaf
Hukum asal iktikaf adalah sunnah (mustahab) berdasarkan sabda NabiĀ sallallahu alaihi wasallam
Ų„ŁŁŁŁŁ Ų§Ų¹ŁŲŖŁŁŁŁŁŲŖŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ“ŁŲ±Ł Ų§ŁŲ£ŁŁŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁŲŖŁŁ ŁŲ³Ł ŁŁŲ°ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁŁŁŲ©Ł Ų«ŁŁ ŁŁ Ų§Ų¹ŁŲŖŁŁŁŁŁŲŖŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ“ŁŲ±Ł Ų§ŁŲ£ŁŁŁŲ³ŁŲ·Ł Ų«ŁŁ ŁŁ Ų£ŁŲŖŁŁŲŖŁ ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų„ŁŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ“ŁŲ±Ł Ų§ŁŲ£ŁŁŁŲ§Ų®ŁŲ±Ł ŁŁŁ ŁŁŁ Ų£ŁŲŁŲØŁŁ Ł ŁŁŁŁŁŁ Ł Ų£ŁŁŁ ŁŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ Ā». ŁŁŲ§Ų¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ§Ų³Ł Ł ŁŲ¹ŁŁŁ
āSungguh saya beriktikaf di sepuluh hari awal ramadan untuk mencari malam kemuliaan (lailat al-qadr), kemudian saya beriktikaf di sepuluh hari pertengahan ramadan, kemudian Jibril mendatangiku dan memberitakan bahwa malam kemuliaan terdapat di sepuluh hari terakhir bulan ramadan. Barang siapa yang ingin beriktikaf, hendaklah dia beriktikaf (untuk mencari malam tersebut). Maka para sahabat pun beriktikaf bersama beliauā (HR. Muslim, no: 1167).
Waktu Iktikaf
Secara umum, kita boleh melakukan iktikaf kapan pun kita mau. Namun, khusus untuk sepuluh hari terakhir lebih ditekankan lagi kesunnahannya karena Rasulullah selalu melakukannya bahkan āmengqodhoānyaā di tahun lain jika tahun sebelumnya beliau safar.
Hadits Anas binĀ Malik radhiallahu āanhu, beliau mengatakan,
Ų„ŁŲ°ŁŲ§ ŁŁŲ§ŁŁ Ł ŁŁŁŁŁ Ų§Ł Ų§Ų¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ“ŁŲ±Ł Ų§ŁŲ£ŁŁŁŲ§Ų®ŁŲ±Ł Ł ŁŁŁ Ų±ŁŁ ŁŲ¶ŁŲ§ŁŁ ŁŁŲ„ŁŲ°ŁŲ§ Ų³ŁŲ§ŁŁŲ±Ł Ų§Ų¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ§Ł Ł Ų§ŁŁŁ ŁŁŁŲØŁŁŁ Ų¹ŁŲ“ŁŲ±ŁŁŁŁ.
NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan ramadan ketika dalam kondisi mukim. Apabila beliau bersafar, maka beliau beriktikaf pada tahun berikutnya selama dua puluh hariā (HR. Ahmad, no: 12036).
Kadang Rasulullah āmenggantiā iktikafnya itu di bulan syawal.
Ada riwayat dari Ummu al-Mukminin, yang menyatakan bahwa NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ beriktikaf di sepuluh hari pertama bulan syawal dan dalam satu riwayat beliau melaksanakannya di sepuluh hari terakhir bulan syawwal (HR. Bukhari: 1936 dan Muslim: 1172). Hal ini dilakukan karena beliau pernah meninggalkan iktikaf di bulan ramadan dan menggantinya di bulan syawal.
Iktikaf bisa menjadi wajib jika dinazarkan
UmarĀ radhiallahu āanhu, bertanya kepada NabiĀ sallallahu alaihi wasallam:
ŁŁŁŁŲŖŁ ŁŁŲ°ŁŲ±ŁŲŖŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¬ŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŁŲ©Ł Ų£ŁŁŁ Ų£ŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲ©Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŲ¬ŁŲÆŁ Ų§ŁŁŲŁŲ±ŁŲ§Ł Ł
āPada masa jahiliyah, saya pernah bernazar untuk beriktikaf semalam di Masjid al-Haram.ā Maka NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ pun memerintahkannya untuk menunaikan nazar tersebut (HR. Bukhari, no: 1927).
Batas Waktu Iktikaf
Tidak ada batasan khusus dalam syariāat tentang waktu iktikaf. Boleh lama boleh sebentar seperti satu jam atau kurang dari itu.
Allah Swt. berfirman:
ŁŁŲ£ŁŁŁŲŖŁŁ Ł Ų¹ŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŲ§Ų¬ŁŲÆŁ
āSedang kamu beriktikaf dalam masjidā (QS. Al Baqarah: 187). Ibnu Hazm berkata, āAllah Swt. tidak mengkhususkan jangka waktu tertentu untuk beriktikaf (dalam ayat ini). Dan Rabbmu tidaklah mungkin lupaā (Al Muhalla, 5: 180).
Dari Yaāla bin UmayyahĀ radhiyallahu āanhuĀ bahwa ia berkata,
Ų„ŁŁ ŁŲ£Ł ŁŲ« ŁŁ Ų§ŁŁ Ų³Ų¬ŲÆ Ų§ŁŲ³Ų§Ų¹Ų© Ų ŁŁ Ų§ Ų£Ł ŁŲ« Ų„ŁŲ§ ŁŲ£Ų¹ŲŖŁŁ
āAku pernah berdiam di masjid beberapa saat. Aku tidaklah berdiam selain berniat beriktikafā (HR. Ibnu Abi Syaibah).
Ā
Advertisement
Syarat Iktikaf
Syarat-syarat iktikaf adalah sebagai berikut:
A. Islam
Allah berfirman:
ŁŁŁ ŁŲ§ Ł ŁŁŁŲ¹ŁŁŁŁ Ł Ų£ŁŁŁ ŲŖŁŁŁŲØŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŁŁŲ§ŲŖŁŁŁŁ Ł Ų„ŁŁŲ§ Ų£ŁŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŲ±ŁŁŲ§ ŲØŁŲ§ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲØŁŲ±ŁŲ³ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŲ§ ŁŁŲ£ŁŲŖŁŁŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŁŲ§Ų©Ł Ų„ŁŁŲ§ ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ³ŁŲ§ŁŁŁ ŁŁŁŲ§ ŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų„ŁŁŲ§ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ§Ų±ŁŁŁŁŁŁ (Ł„Ł¤)
āDan tidak ada yang menghalangi untuk diterimanya nafkah-nafkah mereka, melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mereka tidak mengerjakan sembahyang melainkan dengan malas, dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa engganā (At Taubah: 54).
Mafhum mukholafah-nya adalah syarat utama diterimanya amal ibadah apa pun adalah iman dan Islam.
B. Niat
Iktikaf seorang yang gila, mabuk, dan pingsan tidaklah sah karena mereka tidak mampu berniat, tidak pula berakal. Padahal RasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ bersabda,
Ų„ŁŁŁŁŁ ŁŲ§ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ¹ŁŁ ŁŲ§ŁŁ ŲØŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŲ§ŲŖŁ
āSesungguhnya seluruh amalan itu bergantung pada niatnyaā (HR. Bukhari, no: 1, Muslim, no: 1907).
Disyariatkannya niat adalah untuk membedakan adat dan syariat. Orang yang mabuk, gila,pingsan, dan tidak berakal tidak sah karena mereka tidak berniat.
C. Suci dari Haid dan Nifas
Firman Allah Swt.,
ŁŁŲ§ Ų£ŁŁŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁŲ°ŁŁŁŁ Ų¢Ł ŁŁŁŁŲ§ ŁŲ§ ŲŖŁŁŁŲ±ŁŲØŁŁŲ§ Ų§ŁŲµŁŁŁŲ§Ų©Ł ŁŁŲ£ŁŁŁŲŖŁŁ Ł Ų³ŁŁŁŲ§Ų±ŁŁ ŲŁŲŖŁŁŁ ŲŖŁŲ¹ŁŁŁŁ ŁŁŲ§ Ł ŁŲ§ ŲŖŁŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŲ§ Ų¬ŁŁŁŲØŁŲ§ Ų„ŁŁŲ§ Ų¹ŁŲ§ŲØŁŲ±ŁŁ Ų³ŁŲØŁŁŁŁ ŲŁŲŖŁŁŁ ŲŖŁŲŗŁŲŖŁŲ³ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ„ŁŁŁ ŁŁŁŁŲŖŁŁ Ł Ł ŁŲ±ŁŲ¶ŁŁ Ų£ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ Ų³ŁŁŁŲ±Ł Ų£ŁŁŁ Ų¬ŁŲ§Ų”Ł Ų£ŁŲŁŲÆŁ Ł ŁŁŁŁŁŁ Ł Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŲŗŁŲ§Ų¦ŁŲ·Ł Ų£ŁŁŁ ŁŲ§Ł ŁŲ³ŁŲŖŁŁ Ł Ų§ŁŁŁŁŲ³ŁŲ§Ų”Ł ŁŁŁŁŁ Ł ŲŖŁŲ¬ŁŲÆŁŁŲ§ Ł ŁŲ§Ų”Ł ŁŁŲŖŁŁŁŁ ŁŁŁ ŁŁŲ§ ŲµŁŲ¹ŁŁŲÆŁŲ§ Ų·ŁŁŁŁŲØŁŲ§ ŁŁŲ§Ł ŁŲ³ŁŲŁŁŲ§ ŲØŁŁŁŲ¬ŁŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ£ŁŁŁŲÆŁŁŁŁŁ Ł Ų„ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŲ§ ŲŗŁŁŁŁŲ±ŁŲ§ (Ł¤Ł£)
āHai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula menghampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandiā (An Nisa: 43).
Ibnu KatsirĀ rahimahullahĀ mengatakan,
āAllah tabaraka wa taāala melarang para hamba-Nya yang beriman mengerjakan salat dalam keadaan mabuk sehingga dia tidak mengetahui makna surat yang dibacanya. Demikian pula Dia melarang mereka yang junub mendekati tempat salat, yaitu masjid kecuali hanya sekedar lewat dari satu pintu ke pintu yang lain tanpa berdiam di dalamnyaā (Tafsir Quran al-āAzhim).
Dalil lain adalah sabda NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ kepada AisyahĀ radhiallahu āanhaĀ yang tengah melaksanakan ihram kemudian tertimpa haid,
Ų§ŁŁŲ¹ŁŁŁŁ Ł ŁŲ§ ŁŁŁŁŲ¹ŁŁŁ Ų§ŁŁŲŁŲ§Ų¬ŁŁ ŲŗŁŁŁŲ±Ł Ų£ŁŁŁ ŁŲ§Ł ŲŖŁŲ·ŁŁŁŁŁ ŲØŁŲ§ŁŁŲØŁŁŁŲŖŁ ŲŁŲŖŁŁŁ ŲŖŁŲ·ŁŁŁŲ±ŁŁ
āKerjakanlah apa yang dikerjakan seorang yang berhaji, namun janganlah engkau bertawaf di Bait al-Haram hingga kamu suciā (HR. Bukhari, Muslim).
Lalu perkataan AisyahĀ radhiallahu āanha,
ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁŁŁŲ§ŲŖŁ Ų„Ų°ŁŲ§ ŲŁŲ¶ŁŁŁ Ų£ŁŁ ŁŲ±Ł Ų±ŁŲ³ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲµŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ Ł ŲØŁŲ„ŁŲ®ŁŲ±ŁŲ§Ų¬ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŲ¬ŁŲÆŁ
āKami wanita yang beritikaf, apabila mengalami haid, makaĀ sallallahu alaihi wasallamĀ akan memerintahkan untuk mengeluarkannya dari masjid.ā (Ibnu Jarir dalam Al Mughni 5/174 menisbatkan riwayat ini pada Abu Hafsh al āAkbari dan dia berkata, āsanad riwayat ini jayyid.ā)
Seorang wanita yang mengalamiĀ isthadhahĀ diperbolehkan beriktikaf berdasarkan hadis AisyahĀ radhiallahu āanha,
Ų§Ų¹ŁŲŖŁŁŁŁŁŲŖŁ Ł ŁŲ¹Ł Ų±ŁŲ³ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ā ŲµŁŁ Ų§ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ ŁŲ³ŁŁ ā Ų§Ł ŁŲ±ŁŲ£ŁŲ©Ł Ł ŁŁŁ Ų£ŁŲ²ŁŁŁŲ§Ų¬ŁŁŁ Ų ŁŁŁŁŲ§ŁŁŲŖŁ ŲŖŁŲ±ŁŁ Ų§ŁŲÆŁŁŁ Ł ŁŁŲ§ŁŲµŁŁŁŁŲ±ŁŲ©Ł Ų ŁŁŲ§ŁŲ·ŁŁŲ³ŁŲŖŁ ŲŖŁŲŁŲŖŁŁŁŲ§ ŁŁŁŁŁŁ ŲŖŁŲµŁŁŁŁŁ
āSalah seorang istri NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ beriktikaf bersama beliau dalam keadaan ber-istihadhah. Istri beliau tersebut mengeluarkan darah dan lendir berwarna kuning, dia mengerjakan salat dan di bawah tubuhnya terdapat bejana (untuk menampung darah tersebut)ā (HR. Bukhari, no: 304).
D. Bagi wanita, memperoleh izin dari suami dan aman dari fitnah
Dari AisyahĀ radhiallahu āanha
ŁŁŲ§ŁŁŲŖŁ ŁŁŲ§ŁŁ Ų±ŁŲ³ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ā ŲµŁŁ Ų§ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ ŁŲ³ŁŁ ā ŁŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ ŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ų±ŁŁ ŁŲ¶ŁŲ§ŁŁ Ų ŁŁŲ„ŁŲ°ŁŲ§ ŲµŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲŗŁŲÆŁŲ§Ų©Ł ŲÆŁŲ®ŁŁŁ Ł ŁŁŁŲ§ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŲ°ŁŁ Ų§Ų¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁ ā ŁŁŲ§ŁŁ ā ŁŁŲ§Ų³ŁŲŖŁŲ£ŁŲ°ŁŁŁŲŖŁŁŁ Ų¹ŁŲ§Ų¦ŁŲ“ŁŲ©Ł Ų£ŁŁŁ ŲŖŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŲ°ŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ¶ŁŲ±ŁŲØŁŲŖŁ ŁŁŁŁŁ ŁŁŲØŁŁŲ©Ł
āRasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ senantiasa beriktikaf di bulan ramadan. Apabila beliau selesai melaksanakan salat Subuh, beliau masuk ke dalam tempat iktikaf. (Salah seorang perawi hadis ini mengatakan), āMaka Aisyah pun meminta izin kepada Nabi untuk beriktikaf. Beliau pun mengizinkannya dan Aisyah pun membuat kemah di dalam masjidā (HR. Bukhari, no: 1936).
ŁŁŲ³ŁŲ£ŁŁŁŲŖŁ ŲŁŁŁŲµŁŲ©Ł Ų¹ŁŲ§Ų¦ŁŲ“ŁŲ©Ł Ų£ŁŁŁ ŲŖŁŲ³ŁŲŖŁŲ£ŁŲ°ŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§
āHafshah meminta bantuan Aisyah agar memintakan izin baginya kepada RasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ (untuk beriktikaf)ā (HR. Bukhari, no: 1940).
E. Dilaksanakan di Masjid, lebih utama lagi jika dilakukan di masjid yang dilaksanakan sholat Jumat di dalamnya
Firman Allah Swt.,
ŁŁŁŁŲ§ ŲŖŁŲØŁŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŁŁŲŖŁŁ Ł Ų¹ŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŲ§Ų¬ŁŲÆŁ (Ł”ŁØŁ§)
āDan janganlah kalian mencampuri mereka (para wanita), sedang kalian beriktikaf dalam masjidā (Al Baqarah: 187).
Hadis AisyahĀ radhiallahu āanhaĀ menyatakan bahwa ketika NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ beriktikaf, beliau mengeluarkan kepalanya dari masjid agar dapat disisir oleh Aisyah dan beliau tidak masuk ke dalam rumah kecuali ada kebutuhan yang mendesak (HR. Bukhari: 1925, Muslim: 297).
Ijmak yang diklaim oleh sejumlah ulama, Al-QurthubiĀ rahimahullahĀ mengatakan,
Ų£Ų¬Ł Ų¹ Ų§ŁŲ¹ŁŁ Ų§Ų” Ų¹ŁŁ Ų£Ł Ų§ŁŲ§Ų¹ŲŖŁŲ§Ł ŁŲ§ ŁŁŁŁ ŁŁ Ų„ŁŲ§ ŁŁ Ų§ŁŁ Ų³Ų¬ŲÆ
āUlama bersepakat bahwa iktikaf hanya boleh dikerjakan di dalam masjidā (Al Jamiā li Ahkam Al QuranĀ 2/324).
Masjid di Indonesia dibedakan menjadi 2 yaitu masjid jamik yang digunakan untuk salat Jumat, dan masjid biasa yang kadang disebut dengan musala,langgar,dll.
Ibnu AbbasĀ radhiallahu āanhuĀ mengatakan,
ŁŲ§ Ų§Ų¹ŲŖŁŲ§Ł Ų„ŁŲ§ ŁŁ Ł Ų³Ų¬ŲÆ ŲŖŲ¬Ł Ų¹ ŁŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŲ§ŲŖ
āTidak ada iktikaf melainkan di masjid yang di dalamnya ditegakkan salat berjamaah.ā (HR. Abdullah ibn Ahmad dalam Masailnya 2/673 dari ayah beliau (imam Ahmad))
Lebih disukai jika hal itu dilaksanakan di masjid jamik (masjid yang juga digunakan untuk salat Jumat). (Al MajmuāĀ 6/480).
Ā
Apakah puasa menjadi syarat iktikaf?
Menurut jumhur ulama bukanlah syarat.
Firman Allah Swt.,
ŁŁŲ£ŁŁŁŲŖŁŁ Ł Ų¹ŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŲ§Ų¬ŁŲÆŁ (Ł”ŁØŁ§)
āSedang kamu beriktikaf dalam masjidā (Al Baqarah: 187).
Ayat ini menunjukkan pensyariatan puasa tanpa dibarengi puasa karena tercantum secara mutlak tanpa ada pembatasan.
Hadis Ibnu Umar yang menceritakan bahwa UmarĀ radhiallahu āanhu, bertanya kepada NabiĀ sallallahu alaihi wasallam
ŁŁŁŁŲŖŁ ŁŁŲ°ŁŲ±ŁŲŖŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¬ŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŁŲ©Ł Ų£ŁŁŁ Ų£ŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲ©Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŲ¬ŁŲÆŁ Ų§ŁŁŲŁŲ±ŁŲ§Ł Ł ŁŁŲ§ŁŁ Ā« ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁŲ°ŁŲ±ŁŁŁĀ Ā»
āPada masa jahiliyah, saya pernah bernazar untuk beriktikaf semalam di Masjid al-Haram.ā Maka NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ pun memerintahkannya untuk menunaikan nazar tersebut.(HR. Bukhari, no: 1927).
Dari Ibnu Abbas ra. dengan sanad yang sahih, bahwa beliau berpendapat bahwa seorang yang beriktikaf tidak wajib berpuasa kecuali dia mewajibkan puasa atas dirinya (HR. Baihaqi dalamĀ Sunan Al Kubra:Ā 8370).
Ā
Advertisement
Pembatal Iktikaf
a. Jimak (bersetubuh)
Allah Swt. berfirman,
ŁŁŁŲ§ ŲŖŁŲØŁŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŁŁŲŖŁŁ Ł Ų¹ŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŲ§Ų¬ŁŲÆŁā
(Tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beriktikaf dalam masjidā (Al Baqarah: 187).
Ath-ThabariĀ rahimahullahĀ mengatakan,
āPendapat yang paling benar menurutku adalah pendapat yang menyatakan bahwa maknanya adalah jimak dan segala hal yang serupa dengan itu yang mengharuskan pelakunya mandi. Kemungkinan yang ada hanya dua, yaitu memberlakukan ayat tersebut secara umum atau mengkhususkan ayat tersebut untuk sebagian makna dariĀ mubasyarah. Banyak hadis dari RasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ secara jelas menginformasikan bahwa istri-istri beliau menyisir rambut beliau ketika sedang ber-iktikaf, maka dapat diketahui bahwa maknaĀ mubasyarahĀ dalam ayat ini hanya mencakup sebagian maknanya, bukan seluruhnyaā (Jamiāul BayanĀ 2/181).
b. Keluar dari masjid
AisyahĀ radhiallahu āanhaĀ mengatakan, āRasulullahĀ sallallahu alaihi wasallamĀ pernah memasukkan kepala beliau ke dalam kamarku, sementara beliau berada di dalam masjid, dan saya pun menyisirnya. Beliau tidak akan masuk ke dalam rumah ketika sedang beriktikaf, kecuali ada kebutuhan mendesakā (HR. Bukhari: 1925; Muslim: 297).
c. Memutus niat untuk beriktikaf
Ų„ŁŁŁŁŁ ŁŲ§ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ¹ŁŁ ŁŲ§ŁŁ ŲØŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŲ§ŲŖŁ
āSesungguhnya seluruh amalan itu bergantung pada niatnya ā (HR. Bukhari,no: 1, Muslim, no: 1907).
Berbagai Perkara yang Dianjurkan ketika beriktikaf
a. Memperbanyak ibadahĀ mahdhah
Tujuan iktikaf adalah agar fokus ibadah, maka semestinya saat iktikaf yang dilakukan adalah memperbanyak ibadah apa pun, baik itu salat, tilawah, dzikir, dll.
b. Melakukan ibadah sosial yang tak memakan waktu lama seperti zakat, memberi fatwa, dll. Hal ini disyariāatkan karena NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ berbincang-bincang dengan para istri beliau (HR. Bukhari: 1933), NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ berbicara dan memberi pengarahan kepada para sahabatnya (HR. Muslim: 1167), dan Nabi juga disisirkan rambutnya tatkala beliau tengah beriktikaf (HR. Bukhari: 1925; HR. Muslim: 297).
c. Membuat sekat atau tenda di dalam Masjid
Tujuannya untuk mengisolir diri dari para muktakif lainnya. Hal ini berdasarkan perbuatan NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ (HR. Muslim: 1167) dan para istri beliau (HR. Bukhari: 1929).
Terlebih lagi bagi wanita yang beriktikaf di masjid yang digunakan untuk salat berjamaah agar dirinya tidak terlihat oleh para pria sehingga tidak menimbulkan fitnah.
d. Meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat
Hadis Abu HurairahĀ radhiallahu āanhu, NabiĀ sallallahu alaihi wasallamĀ bersabda,
Ł ŁŁŁ ŲŁŲ³ŁŁŁ Ų„ŁŲ³ŁŁŲ§ŁŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŁŲ±ŁŲ”Ł ŲŖŁŲ±ŁŁŁŁŁ Ł ŁŲ§ ŁŲ§Ł ŁŁŲ¹ŁŁŁŁŁŁ
āMerupakan tanda baiknya keislaman seorang adalah meninggalkan segala yang tidak bermanfaat baginyaā (HR. Tirmidzi: 2318).
e. Bergegas menunaikan salat Jumat
Berdasarkan keumuman hadis yang menganjurkan seorang untuk bersegera pergi ke masjid untuk menunaikan salat Jumat (HR. Bukhari, no: 841; Muslim, no: 850). Hal ini bagi yang iktikaf di masjid yang tidak mengadakan salat jumat. Dan keluar dari masjid dalam konteks ini tidak membatalkan iktikaf karena alasanĀ syarāi.Ā
f. Tetap berdiam di masjid ketika malam id
Sebagian ulama menganjurkan agar muktakif tetap berdiam di masjid pada malam id dan baru keluar ketika hendak menunaikan salat id (Al Muwaththa:1/315;Ā Al MajmuĀ 6/475;Ā Asy Syamilah).Ā Wallahu a'lam bisshowwab. (Sumber: Kemenag.go.id).
Tim Rembulan