Disebut Bid’ah Dibaca di Luar Sholat, Ini Keistimewaan Membaca Surah Al-Fatihah

Sheikh Assim Al-Hakeem membuat pernyataan kontroversial di tengah-tengah umat Islam Indonesia. Saat melakukan safari dakwah di Tanah Air beberapa waktu lalu, ulama asal Arab Saudi menyebut surah Al-Fatihah bid’ah dibaca selain saat sholat dan ruqyah.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 09 Agu 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi Seseorang Sedang Meraih Pahala Ramadan dengan Berdoa dan Membaca Alquran
Ilustrasi Seseorang Sedang Meraih Pahala Ramadan dengan Berdoa dan Membaca Alquran (freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Sheikh Assim Al-Hakeem membuat pernyataan kontroversial di tengah-tengah umat Islam Indonesia. Saat melakukan safari dakwah di Tanah Air beberapa waktu lalu, ulama asal Arab Saudi menyebut surah Al-Fatihah bid’ah dibaca selain saat sholat dan ruqyah.

Menurutnya, tidak ada dalam hadis nabi yang menerangkan Al-Fatihah dibaca selain saat sholat dan meruqyah. Artinya, membaca surah Al-Fatihah di luar sholat dan ruqyah termasuk bid’ah dan bukan sunnah nabi.

“Perkara ini bukan berasal dari ajaran Islam. Al-Fatihah itu dibaca ketika sholat. Surah paling agung Al-Fatihah dibaca ketika melakukan ruqyah dalam Shahih Bukhari hadis dari Abu Sa'id al-Khudri digunakan untuk meruqyah (mengobati),” katanya dikutip dari cuplikan YouTube World Islam.

Terkait hal tersebut, ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif atau Buya Yahya menegaskan bahwa surah Al-Fatihah boleh dibaca di luar sholat. Hal ini sebagaimana isyarat dalam hadis riwayat Muslim.

“Ada hadis riwayat Imam Muslim. Ceritanya malaikat dibukakan langit lalu malaikat turun lalu memberikan kabar, “Hei Muhammad bergembiralah dengan dua cahaya yang tidak pernah diberikan kecuali kepadamu.’,” ucap Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV.

“Nabi diberi kabar gembira ada dua cahaya yang diberikan oleh Allah kepada beliau yang tidak pernah diberikan kepada orang lain. Apa cahaya itu? Dijawab oleh malaikat, pungkasan surah Al-Baqarah dan surah Al-Fatihah. Kamu tidak akan baca satu huruf kecuali dikabul,” jelas Pengasuh LPD Al Bahjah ini.

Buya Yahya menjelaskan, hadis tersebut menunjukkan bahwa keutamaan surah Al-Fatihah yang dibaca setelah berdoa akan dikabulkan. Makanya, banyak muslim yang membaca surah Al-Fatihah usai berdoa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Keistimewaan Surah Al-Fatihah

Ilustrasi Alquran
Ilustrasi Alquran (dok. unsplash/ali burhan)

Al-Fatihah merupakan surah pertama dalam Al-Qur’an yang terdiri dari tujuh ayat. Al-Fatihah termasuk surah yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Mengutip NU Online Jatim, berikut ini keistimewaan surah Al-Fatihah.

1. Mengandung tujuh ayat pujian dibaca berulang-ulang.

Banyak perawi menegaskan, surah ini tidak pernah diturunkan dalam Taurat, Injil, dan Zabur serta tidak ada yang menyerupai dalam Al-Qur'an. Bahkan, surat ini sab'un minal matsani (tujuh ayat yang selalu terulang).

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَـٰكَ سَبْعًا مِّنَ ٱلْمَثَانِى

Artinya : “Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang.” (QS Al-Hijr: 87)

2. Jalinan hubungan antara hamba dan Allah sebagai pernyataan keimanan dan permohonan makhluk kepada Allah.

Nabi menyatakan bahwa Allah membagi shalat (Al-Fatihah) antara Allah dan hamba-Nya. Satu bagian untuk-Nya, satu bagian lagi untuk hamba-Nya dan bagi hamba-Nya apa yang ia minta.

Jadi, membaca Al-Fatihah yang merupakan paling agung dalam Al-Qur'an menjadi bagian komunikasi (hablum min Allah), sehingga seorang hamba bisa berhubungan dengan-Nya sebagai bentuk permohonan pada-Nya. Allah berfirman.

يَـٰأَيُّهَا ٱلَّذِيْنَ ءَامَنُوا ٱسْتَجِيبُوا ِلِلهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, patuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu.” (Al-Anfal: 24)

3. Surat Al-Fatihah dan penutup surat Al-Baqarah adalah dua cahaya Allah yang hanya diberikan pada Rasulullah.

Sebagaimana dikatakan Abu Umamah, ada empat ayat yang termasuk dalam perbendaharaan Arsy. Tidak ada satupun yang diturunkan selain ummul Kitab, ayat Kursi, penutup surat Al-Baqarah dan Al-Kautsar.

وَإِنَّهُ فِى أُمِّ الْكِتَـٰبِ لَدَيْنَا لَعَلِىٌّ حَكِيمٌ

Artinya: “Dan sesungguhnya Al-Qur'an itu dalam induk al-Kitab (lauh mahfudz) di sini Kami, adalah benar-benar tinggi (nilainya) dan sangat banyak mengandung hikmah." (Az-Zukhruf: 4)


Keistimewaan Surah Al-Fatihah

alquran
Ilustrasi Al Qur’an Credit: freepik.com

4. Allah akan memberikan apa yang terkandung dalam surat Al-Fatihah walaupun membaca satu huruf.

Abu Musa Al-Asy'ari meriwayatkan, Rasulullah bersabda, apabila seorang Imam mengucapkan غَيرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ kemudian makmum mengucapkan amin, maka, niscaya Allah akan mengabulkannya untuk kalian. 

Diceritakan Wa'il bin Huhr mendengar bahwa Nabi Muhammad membaca wa ladh dhallin, lalu mengucapkan amin dengan mengeraskan suaranya hingga para makmum mendengarnya. Pada saat itu pula Malaikat juga mengucapkan amin, sehingga dosa terdahulu diampuni.

5. Sebagai Penyembuhan 

Kisah yang diriwayatkan Ibnu Abbas, ada salah satu kaum yang terkena sengatan binatang di dekat mata air. Atas kepanikan tersebut, datanglah salah satu sahabat untuk meruqyah dengan membacakan Al-Fatihah yang pada akhirnya sembuh.

Abu Sa'id Al-Khudri dan Abu Hurairah yang menjelaskan.

فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنَ السَّمِّ

Artinya: “Fatihatul kitab adalah obat bagi yang terkena racun.” (HR abu Syaikh dalam At-Tsawab dan Al-Baihaqi: V/378)

Sedangkan Abdul Malik bin Umair berkata, Rasulullah bersabda.

فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Artinya: “Dalam Fatihatul kitab terdapat obat untuk segala penyakit.

Itulah keistimewaan surah Al-Fatihah. Semoga kita bisa mengamalkannya. Wallahu’alam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya