Protes Mahfud MD Soal Pelanggaran HAM, Mahasiswa UBK Bakar Ban

Mahasiswa menilai, pernyataan Mahfud MD yang menyebut masa pemerintahan Presiden Soekarno banyak melanggar HAM berbau fitnah.

oleh Liputan6 diperbarui 24 Jun 2014, 07:24 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2014, 07:24 WIB
Mahasiswa Mahfud Md - Liputan6 pagi
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) menggelar unjuk rasa di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Sambil terus berorasi, massa membentangkan spanduk dan membakar ban bekas di tengah badan jalan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (24/6/2014), aksi tersebut merupakan bentuk protes terhadap pernyataan yang dilontarkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Mereka tidak terima dengan pernyataan Mahfud MD yang sebelumnya sempat mengatakan bahwa masa Presiden Sukarno banyak terjadi pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Pernyataan Mahfud disampaikan dalam pidatonya belum lama ini.

Menurut mahasiswa, pernyataan Mahfud dinilai serampangan dan berbau fitnah. Mereka mendesak polisi segera memeriksa Mahfud dan menuntut agar meminta maaf.

Aksi ini membuat arus lalu lintas dari arah Diponegoro menuju Salemba Raya macet total. Terlebih lagi unjuk rasa dilakukan saat jam pulang kerja. Para mahasiswa akhirnya membubarkan diri setelah polisi berhasil bernegosiasi dan memadamkan api. (Riz)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya