Bagikan Bantuan Pangan CBP, Jokowi: Jika APBN Cukup, Kita Akan Lanjutkan

Presiden Jokowi membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima manfaat.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 14 Des 2023, 16:35 WIB
Diterbitkan 14 Des 2023, 16:35 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima manfaat.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima manfaat. (Dok. Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengecek pasokan beras di Gudang Bulog Gadang, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). Selain itu, Jokowi membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima manfaat.

"Ini yang bulan September, Oktober, November, Desember sudah diterima semua?" kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (14/12/2023).

"Sudah pak," jawab serentak masyarakat yang hadir.

Jokowi menyampaikan bahwa bantuan pangan CBP tersebut akan pemerintah lanjutkan hingga bulan Maret 2024. Namun, hal ini bisa terealisasi apabila Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) cukup.

"Kita berdoa bersama moga-moga April, Mei, Juni, APBN-nya cukup, kita lanjutkan lagi," jelasnya.

Dia juga memastikan bahwa masyarakat telah menerima bantuan langsung tunai (BLT) El Nino. Jokowi menjelaskan, bagi masyarakat yang belum menerima akan segera dikirimkan dalam waktu dekat.

"Ada yang sudah ada yang belum karena memang ini masih baru minggu-minggu ini baru proses keluar, tolong dicek ada yang lewat kantor pos ada yang lewat bank," tutur Jokowi.

 


Harap Bantuan Dapat Diteruskan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan meneruskan Program Bantuan Pangan Beras untuk Desember 2023, dan Januari, Februari serta Maret 2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan meneruskan Program Bantuan Pangan Beras untuk Desember 2023, dan Januari, Februari serta Maret 2024. (Istimewa)

Sementara itu, Yanti, salah seorang warga yang hadir dalam kegiatan tersebut berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan.

Dia berharap bantuan pemerintah untuk masyarakat dapat terus dilanjutkan.

“Dapat beras dan bingkisan isinya sembako, semoga seperti ini tetap ada,” ucapnya dalam keterangan terpisah.


Kunjungan ke Jawa Timur

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Provinsi Jawa Timur dalam rangka melanjutkan rangkaian kunjungan kerja hari keduanya, Kamis (14/12/2023).

Dia diagendakan meresmikan sejumlah infrastruktur seperti, Pasar Induk Among Tani hingga ekspansi PT Smelting.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Jawa Timur dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Jokowi dan rombongan lepas landas sekira pukul 07.10 WIB.

Tampak melepas keberangkatan Presiden ke Jawa Timur, yakni Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi, Danlanud Adi Soemarmo Marsma TNI Ridha Hermawan, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis, dan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf. Ali Akhwan.

Di Jawa Timur, Jokowi akan meresmikan sejumlah infrastruktur dan fasilitas publik. Pada pagi hari, setibanya di Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, dia akan menuju Kota Batu untuk meresmikan Pasar Induk Among Tani.

Setelahnya, Jokowi akan menuju Kota Malang untuk meresmikan tiga Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) secara bersamaan yakni TPA Supit Urang di Kota Malang, TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo, dan TPA Banjardowo di Kabupaten Jombang.

Selanjutnya, Jokowi dijadwalkan mengunjungi SMK di Kota Malang untuk mengecek kegiatan pembelajaran dan infrastruktur sekolah.

Infografis Kunjungan Jokowi ke AS, Bawa Misi Perdamaian Hamas-Israel? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Jokowi ke AS, Bawa Misi Perdamaian Hamas-Israel? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya