Begini Cara Impor Mobil Ilegal ke AS?

Beberapa cara "pintar" digunakan pengimpor ilegal untuk melakukan kerjanya. Bagaimana hal tersebut dapat dilakukan di negara seperti AS?

oleh Rio Apinino diperbarui 13 Feb 2015, 23:59 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2015, 23:59 WIB
Nissan Silvia
Nissan Silvia, salah satu mobil yang dilarang diimpor ke Amerika Serikat (Foto: http://www.clickhdwallpapers.com/)

Liputan6.com, New York Impor mobil secara ilegal masih tidak terelakkan dalam industri otomotif. Meskipun sudah ada aturan hukum hingga pengawasan yang ketat, toh mobil ilegal masih juga dapat masuk ke berbagai negara dengan banyak cara.

Amerika Serikat (AS) pun tidak luput dari itu. Beberapa cara "pintar" pun digunakan pengimpor ilegal untuk melakukan kerjanya. Bagaimana hal tersebut dapat dilakukan?

Melansir jalopnik.com pada Kamis (12/2/2015), banyak orang berpikir bahwa pemerintah AS memeriksa setiap kontainer, kapal, perahu layar dan lain sebagainya yang merapat ke pelabuhan untuk memeriksa apa yang dibawa.

Aturan tersebut membuat mobil ilegal seakan tidak bisa masuk. Tetapi, tidak demikian kenyataannya.

Pemerintah AS dikabarkan tidak memiliki cukup tempat dan sumber daya manusia untuk memeriksa seluruh barang-barang yang dibawa melalui jalur laut. Karena itu, saat ada importir yang telah memiliki lisensi dan telah mengisi dokumen pengiriman, maka importir tersebut bisa saja memasukkan barang apapun tanpa proses pemeriksaan lagi.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Proses mudah

Misalnya, bagaimana cara memasukkan mobil yang dilarang diimpor ke AS seperti Nissan Silvia? Caranya mudah, importir tinggal mengisi dokumen impor yang menyatakan bahwa yang mereka impor adalah Toyota Corolla, misalnya.

Di pelabuhan, jika importir tersebut memiliki lisensi resmi, maka kemungkinan besar barang yang dibawa tidak akan diperiksa lagi. Dengan demikian, Nissan Silvia dapat didistribusikan ke konsumen.

Tentu, cara ini sangat riskan. Jika importir ketahuan mengimpor mobil ilegal tersebut, maka pihak berwenang akan langsung menyita dan menghancurkannya.

(Rio/Gst)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya