Semua Korban Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi Berhasil Dievakuasi

8 polisi, termasuk Kapolda Jambi yang menjadi korban jatuhnya helikopter telah berhasil dievakuasi.

oleh Gresi Plasmanto diperbarui 21 Feb 2023, 21:27 WIB
Diterbitkan 21 Feb 2023, 18:16 WIB
Kondisi Kapolda Jambi
Kondisi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono usai dievakuasi. (Liputan6.com/ist)

Liputan6.com, Jambi - Delapan korban jatuhnya helikopter di hutan Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi, berhasil dievakuasi secara bertahap pada Selasa sore (21/2/2023). Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, yang turut menjadi korban juga berhasil dievakuasi.

"Semuanya rombongan Kapolda Jambi sudah dievakuasi, kondisinya selamat semua," kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulua Prianto.

Semua korban itu selanjutnya akan dibawa ke Kota Jambi untuk perawatan intensif di RS Bhayangkara. Berbagai persiapan di Rumah Sakit Polri ini telah dilakukan.

"Saat ini proses evakuasi sudah selesai," kata Mulia.

Kondisi Kapolda Jambi, kata Mulia, dalam keadaan cedera patah tangan kanan. Selain tangan, dia juga mengalami cedera pada bagian punggung.

Mulia membantah bahwa Kapolda Jambi sempat diserang hipertemia. "Yang jelas kondisinya dalam keadaan sadar," kata Mulia.

Sebelumnya, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono bersama tujuh orang lainnya terjatuh di Desa Tamiai, Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Minggu, sekitar pukul 11.00 WIB, setelah mendarat darurat di lokasi tersebut.

Para korban kecelakaan helikopter tersebut adalah: Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Direktur Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Polda Jambi Kompol Ayani, dan ADC Kapolda Jambi, serta 3 orang kru.

Dalam peristiwa itu, Kapolda Jambi dilaporkan mengalami patah tulang pada tangan kanannya. Hingga kini, tim terus memantau keadaan di lapangan melalui pos di Bandara Lama Kota Jambi dan Pos Pemantauan di Kabupaten Merangin.

Beberapa kali proses evakuasi yang dilakukan mulai Minggu (19/2/2023) belum berhasil. Proses evakusasi rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono sebelumnya sempat dihentikan sementara, Senin (20/2/2023). 

Penghentian itu dilakukan karena terdapat kabut tebal yang datang secara tiba-tiba saat helikopter datang untuk mengevakuasi.

Berikut nama-nama korban yang berhasil dievakuasi:

Awak pesawat :

1. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap

2. Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul

3. Mekanik an AIPDA Susilo

Data penumpang :

1. Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono.

2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira.

3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan.

4. Koorspripim Kompol Ayani

5. ADC Briptu Muhardi Aditya

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya