Ketika Agen Pulsa Belajar Ekspansi Penawaran Produk Digital

Di tengah maraknya tren gaming di Indonesia, berbagai warung dan agen pulsa yang tersebar di seluruh Indonesia kini mulai melebarkan fungsinya sebagai sentra voucher games.

oleh Novia Harlina diperbarui 26 Agu 2024, 15:01 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 14:57 WIB
Eko Julianto, Mitra asal Padang, pemilik agen pulsa Aqila Cell yang dikenal sebagai sentra voucher games wilayah setempat. (Liputan6.com/ ist)
Eko Julianto, Mitra asal Padang, pemilik agen pulsa Aqila Cell yang dikenal sebagai sentra voucher games wilayah setempat. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya berkelanjutan untuk memberdayakan usaha mikro di Indonesia, Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) bagian dari ekosistem Bukalapak, kembali meluncurkan program pendampingan secara daring untuk ratusan agen pulsa dan pemilik warung dari seluruh penjuru tanah air.

Kegiatan bertajuk Mitra Mentorship Program Batch 6 ini difokuskan pada strategi komunikasi dan program loyalitas untuk meningkatkan penjualan voucher games serta layanan payment point online bank (PPOB).

Di tengah maraknya tren gaming di Indonesia, berbagai warung dan agen pulsa yang tersebar di seluruh Indonesia kini mulai melebarkan fungsinya sebagai sentra voucher games. Namun, tingginya permintaan ini seringkali dihadapkan dengan kurangnya pemahaman penjual mengenai produk dan potensi pasar.

Program mentorship kali ini mengajak Mitra, yang merupakan agen pulsa dan pemilik warung, untuk mengidentifikasi profil pelanggan yang tepat sehingga dapat mempromosikan produk dengan cara yang lebih efektif.

Di sisi lain, sentra PPOB juga menjadi potensi usaha yang menjanjikan karena setiap rumah tangga pasti membutuhkan perantara untuk membayar tagihan listrik, air, internet, asuransi kesehatan, hingga kredit kendaraan bermotor.

Dengan pendekatan Dari Mitra untuk Mitra, program kali ini menggandeng Eko Julianto sebagai mentor. Uda Eko—sapaan akrab Mitra asal Padang ini—telah sukses mengoptimalkan pertumbuhan bisnis melalui penjualan voucher games dan PPOB berkat berbagai program loyalitas yang diterapkan di kios pulsanya.

Eko mulai bergabung dengan Mitra Bukalapak pada tahun 2017, dengan menjadikan aplikasi ini sebagai penyedia pulsa dan jasa pengiriman uang dengan harga terjangkau di wilayahnya. Setahun kemudian, ia merambah penjualan voucher games, yang ternyata diminati anak-anak dan remaja.

Tampil beda dari kios pulsa lain, Eko memperkuat branding usahanya sebagai penyedia voucher games ternama se-Kecamatan Kuranji, Padang. Bagi Eko, membangun loyalitas pelanggan merupakan faktor terpenting dalam membesarkan usahanya, yang membawa pendapatannya terus melesat naik.

"Dalam membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, saya juga menghadirkan beberapa program khusus, salah satunya sistem referral, di mana setiap pelanggan yang datang membawa teman untuk membeli voucher games akan mendapatkan hadiah," ujarnya.

Selain itu, ia juga menawarkan bundling produk fisik, seperti beli voucher games dapat kabel data. Berkat penjualan yang meningkat pesat, Eko kini telah mengelola tiga cabang kios pulsa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mitra Mentorship Beri Solusi Praktis Usaha

Sepanjang program yang berlangsung selama 10 hari secara online ini, Eko tidak hanya membagikan berbagai edukasi terkait cara meningkatkan daya pikat produk agar semakin diminati pelanggan, tetapi juga kisah sukses dan tips praktis dalam menyusun strategi promosi voucher games untuk kalangan remaja dan anak-anak, serta layanan pembayaran tagihan yang menyasar kelompok ibu-ibu.

Eko berharap bahwa seluruh pemilik warung dan agen pulsa ini dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka lewat strategi komunikasi pelanggan dan program loyalitas yang telah sukses dijalaninya.

"Program ini menggunakan pemaparan yang praktis terkait segmentasi pelanggan dan strategi penjualan yang berfokus pada studi kasus nyata agar Mitra semakin semangat dan mudah memahami materi yang disampaikan," jelas Gitaditya Witono, AVP Mitra Marketing & Partnership Mitra Bukalapak.

Antusiasme peserta yang tinggi tampak dari interaksi aktif dan diskusi yang berlangsung selama sesi. Selain pemaparan materi, peserta program juga didorong untuk mengimplementasikan pengetahuan baru mereka dalam misi berhadiah seperti membuat strategi promosi voucher games selama momen Agustusan, serta membuat media promosi kreatif untuk pembayaran tagihan dan layanan keuangan.

Regina Deasy, Mitra asal Sumatera Selatan, terpilih menjadi Mitra Terbaik berkat keberhasilannya dalam menerapkan strategi yang diajarkan, sehingga berhasil meningkatkan penjualan dan mendapatkan loyalitas pelanggan secara signifikan.

"Selama mentorship berlangsung, kami belajar untuk mengenali karakteristik pelanggan hingga dapat menentukan strategi yang tepat. Program ini sangat membantu untuk menaikkan keuntungan dari penjualan voucher game, bayar tagihan, dan layanan keuangan,” pungkas Regina.

Selama 6 tahun bergabung dengan Mitra Bukalapak, Regina berhasil mengembangkan usahanya untuk meraih peningkatan pendapatan hingga 3x lipat.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya