Pekerja Pembangun IKN Dibuatkan Rusun Rp 567 Miliar, Dikebut Kelar Tahun Depan

Pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi IKN Nusantara tersebut rencananya dilaksanakan selama 145 hari kalender.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Nov 2022, 09:51 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2022, 09:51 WIB
Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia. (Dok Kementerian PUPR)
Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia. (Dok Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta Pekerja kontruksi IKN Nusantara disediakan hunian. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan hunian pekerja konstruksi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kelar pada tahun depan.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi IKN berupa rumah susun (Rusun) senilai Rp 567 miliar tersebut ditargetkan selesai awal 2023 sehingga mampu mendukung proses pembangunan di IKN.

"Kami terus memantau dan mempercepat pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi di IKN," kata Iwan dalam keterangannya di Jakarta.

Pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi tersebut rencananya dilaksanakan selama 145 hari kalender. Pembangunan dimulai sejak 29 Agustus 2022 hingga 20 Januari 2023, dengan kontraktor pelaksana pembangunan adalah PT. Wijaya Karya Gedung - PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. KSO.

Dalam proses pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi, imbuh Iwan, Kementerian PUPR menerapkan sedikitnya tiga kriteria pelaksanaan pembangunan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST).

"Pertama adalah environmental atau lingkungan dengan menerapkan lean construction dan green construction, kedua adalah social atau sosial yang bertujuan memberikan fasilitas yang lebih layak bagi para pekerja konstruksi yang membangun IKN. Selanjutnya yang ketiga adalah governance atau tata kelola perusahaan yakni membangun tata kelola konstruksi yang lebih rapi, sehat, efisiensi dan efektif," ujar Iwan.

Dengan demikian, menurut Iwan, pemanfaatan teknologi konstruksi modular pada pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai kriteria ESG tersebut dan menjadi prototipe lean and green construction di Indonesia.

"Dalam proses pembangunan hunian pekerja konstruksi ini setidaknya ada sebanyak 368 pekerja yang terlibat. Kami juga menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) sesuai Peraturan Menteri PUPR Nomor 10 Tahun 2021 agar pekerjaan di lapangan berjalan sesuai rencana dan aman dari sisi kontruksi," kata Iwan.

 


8.500 Pekerja Bangunan akan Dilatih

Titik 0 IKN
Titik Nol IKN Nusantara yang kini disulap menjadi lebih cantik. (foto: Abdul Jalil)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi menargetkan melatih dan membina 8.500 tenaga kerja konstruksi atau dikenal pekerja bangun dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada tahun depan.

"Untuk tahun 2023 kami telah diberikan juga anggaran untuk terus mencetak dan melakukan pelatihan terhadap 8.500 tenaga kerja konstruksi," ujar Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Ditjen Bina Konstruksi Dedy Natrifahrizal Dedisky Nazaroeddin melansir laman Antara, Kamis (17/11/2022).

Nantinya, pemberian pelatihan dan pembinaan tenaga kerja konstruksi untuk IKN tersebut dilaksanakan di empat Balai Jasa Konstruksi wilayah.

"Jadi tidak hanya di wilayah Kalimantan, tetapi didukung oleh tiga Balai Jasa Konstruksi wilayah lainnya," katanya.

Adapun keempat Balai Jasa Konstruksi wilayah tersebut antara lain, Balai Jasa Konstruksi Wilayah III yang mencakup DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Kemudian Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV yang meliputi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Lalu Balai Jasa Konstruksi Wilayah V yang meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Dan yang terakhir Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI yang meliputi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

 

 


Tahun 2022

Titik Nol IKN
Setidaknya 6 ribu kepala desa bakal memadati titik nol IKN Nusantara. (Liputan6.com)

Sedangkan untuk target pelatihan dan pembinaan tenaga kerja konstruksi pada tahun 2022, Bina Konstruksi diberikan target sebanyak 9.300 orang.

"Kami berharap sekali adanya kerja sama antara badan usaha, jasa konstruksi, asosiasi, kementerian/lembaga negara lainnya, dan juga pemerintah daerah dengan harapan bahwa kita bisa bersama-sama mendukung pembangunan infrastruktur IKN," kata Dedy.

Sebelumnya, Kementerian PUPR mempersiapkan warga Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sebagai calon pekerja atau tenaga kerja proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia baru bernama Nusantara dengan membekali pelatihan konstruksi.

Para peserta pelatihan belajar sejumlah keterampilan pekerjaan konstruksi yakni, pemasangan batu bata, pengecatan, pembesian, plasteran dinding, dan pemasangan atap baja ringan. Setelah mendapatkan pelatihan tersebut para peserta mendapat sertifikat atas keterampilan dan keahlian masing-masing.

Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya