Kekayaan Merosot, Elon Musk jadi Miliarder Dunia Paling Boncos di Semester I 2024

Kekayaan Elon Musk disebut mengalami penurunan paling dalam di antara para miliarder dunia dalam enam bulan pertama tahun ini. Meski begitu, Elon Musk masih menduduki posisi puncak sebagai orang terkaya di planet Bumi.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 05 Jul 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 21:00 WIB
Elon Musk Ingin Beli Twitter, Siapkan Uang Tunai Senilai Rp618 Triliun
Setelah menguasai sebagian saham, bos Tesla dan SpaceX Elon Musk ingin mengakuisisi seluruh saham Twitter. (Instagram/elonrmuskk).

Liputan6.com, Jakarta Kekayaan Elon Musk disebut mengalami penurunan paling dalam di antara para miliarder dunia dalam enam bulan pertama tahun ini. Meski begitu, Elon Musk masih menduduki posisi puncak sebagai orang terkaya di planet Bumi.

Kekayaan bersih Musk turun dari USD 251,3 miliar pada 31 Desember 2023 menjadi USD 221,4 miliar per 28 Juni, hari terakhir perdagangan normal pasar saham pada paruh pertama. Sebagian besar celengan Elon Musk yang menyusut akibat keputusan hakim Delaware pada bulan Januari yang membatalkan paket kompensasi Tesla senilai USD 51 miliar.

Meski, pemegang saham Tesla menyetujui kembali paket tersebut pada 13 Juni, namun perusahaan tersebut kemungkinan menghadapi proses banding yang panjang dan tidak pasti atas putusan bulan Januari.

Di luar paket tersebut, kekayaan Musk dari kepemilikanya di Tesla turun sekitar USD 20 miliar karena saham perusahaan merosot 20%. Sementara kepemilikan Musk di startup kecerdasan buatan generatif xAI tumbuh menjadi USD 14,4 miliar. Musk juga memiliki sekitar USD 75 miliar saham di SpaceX, saham senilai USD 7 miliar di perusahaan media sosial X, dan kepemilikan lebih kecil di usaha lain seperti startup eksperimental otak manusia Neuralink.

Melansir Forbes, Jumat (5/7/2024), secara kolektif kekayaan bersih 10 orang terkaya versi Forbes melonjak dari USD 1,47 triliun pada akhir tahun 2023 menjadi USD 1,66 triliun pada akhir Juni.

Selain Musk, kekayaan bersih orang terkaya di Eropa Bernard Arnault turun dari USD 200,7 miliar menjadi USD 193,8 miliar karena saham perusahaan mewahnya LVMH menurun. Lalu kekayaan orang terkaya di Meksiko Carlos Slim Helu merosot dari USD 105,3 miliar menjadi USD 91,4 miliar karena saham raksasa telekomunikasinya tergelincir.

Salah satu pendiri Nike, Phil Knight, yang kekayaan bersihnya merosot dari USD 42,9 miliar menjadi USD 33,7 miliar karena saham Nike anjlok ke level terendah dalam empat tahun. Serta dermawan Mackenzie Scott, yang kekayaannya berasal dari sahamnya di Amazon, mengalami penurunan kekayaan bersih sebesar USD 4,7 miliar yang sebagian besar disebabkan oleh besarnya sumbangan amalnya saat saham Amazon menguat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kenaikan Saham

Elon Musk.  (AP Photo/Susan Walsh, File)
Elon Musk. (AP Photo/Susan Walsh, File)

Ada sejumlah saham yang mencatatkan kenaikan besar ketika indeks saham di seluruh dunia, termasuk S&P 500 di AS, Stoxx 600 di Eropa, Nikkei 225 di Jepang, dan Nifty 50 di India, mencatat rekor tertinggi baru sepanjang masa.

Tidak ada orang yang lebih kaya tahun ini dibandingkan CEO Nvidia Jensen Huang, karena pemimpin perusahaan raksasa Silicon Valley ini bertambah kaya sebesar USD 64,1 miliar tahun ini, melonjak dari peringkat 27 orang terkaya di dunia menjadi peringkat 14.

 


Perusahaaan Raup Keuntungan

Tesla Ingin Bangun Pabrik Raksasa di Jepang?
Elon Musk ingin membuka fasilitas produksi baru diluar Amerika Serikat.

Sebagian besar perusahaan yang memperoleh keuntungan tertinggi (top gainer) lainnya juga terkait dengan perusahaan-perusahaan yang memperoleh manfaat dari booming AI, seperti CEO Meta Mark Zuckerberg naik USD 61,5 miliar, CEO Dell Michael Dell naik USD 35,8 miliar, ketua Oracle Larry Ellison naik USD 37,7 miliar dan salah satu pendiri Google Larry Page naik USD 33,1 miliar.

Mukesh Ambani adalah peraih keuntungan terbesar di Asia dengan peningkatan sebesar USD 22,4 miliar, Amancio Ortega adalah peraih keuntungan terbesar di Eropa dengan peningkatan sebesar USD 10,7 miliar, Eduardo Saverin adalah peraih keuntungan terbesar di Amerika Selatan dengan kekayaan baru sebesar USD 8,1 miliar, dan Aliko Dangote adalah peraih keuntungan tertinggi di Afrika dengan keuntungan sebesar USD 3,9 miliar.

infografis miliarder dunia
Pendatang baru miliarder dunia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya