Gen Z Butuh Pengetahuan dan Edukasi Keselamatan Berkendara, Ini Alasannya

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Generasi Z atau Gen Z butuh pengetahuan dan edukasi tentang keselamatan berkendara.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 21 Jul 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 16:30 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan jalur tambahan kereta api Makassar-Parepare di Stasiun Mangilu, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel). (Foto: Kementerian Perhubungan)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan jalur tambahan kereta api Makassar-Parepare di Stasiun Mangilu, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel). (Foto: Kementerian Perhubungan)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub),  Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Generasi Z atau Gen Z butuh pengetahuan dan edukasi tentang keselamatan berkendara

“Karena Gen Z satu sisi menjadi satu mayoritas baru dari pengguna jalan, pengguna kendaraan,” kata Budi kepada wartawan di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Minggu (21/7/2024). 

Budi menambahkan, jika Gen Z tidak diberikan satu pengetahuan, maka apa yang menjadi tujuan-tujuan bersama dalam aspek keselamatan menjadi kurang baik. Budi berharap dengan adanya sosialisasi semua bisa dilaksanakan dengan baik.

Pada Minggu, 21 Juli 2024 Menhub membuka Pekan Nasional Keselamatan Jalan di kawasan Kota Tua, Jakarta. Budi menjelaskan, kegiatan darat ini adalah bagaimana semuanya mengutamakan keselamatan. 

“Kita tahu bahwa di darat ini keselamatan menjadi penting karena banyak sekali pihak-pihak yang terlibat. Dari awal, perencanaan, pembangunan, pengaturan sebagainya, pemerintah membuat satu mekanisme bersama ada lima pilar,” jelas Budi.

Adapun kelima pilar tersebut adalah Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Tenaga Kerja. Hal ini telah digodok oleh kelima pilar tersebut terkait bagaimana upaya-upaya keselamatan itu berjalan baik. 

“Dan hari ini kita laksanakan, kita harapkan sosialisasi ini bisa juga menjangkau pada titik-titik di mana Gen Z yang memang butuh pengetahuan tentang keselamatan ini,” pungkasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Helikopter Jatuh Terlilit Tali Layangan di Bali, Menhub Buka Suara

Helikopter
Sebuah helikopter dikabarkan terjatuh di Pantai Suluban, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, pukul 15.33 Wita, Jumat (19/7/2024). (Liputan6.com/ Dok Ist)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi buka suara terkait helikopter jatuh di Bali pada Jumat, 19 Juli 2024. Budi menekankan insiden tersebut merupakan pembelajaran terkait pengutamaan keselamatan.

"Helikopter di Bali, saya pikir menjadi pelajaran kita untuk mengutamakan keselamatan, jadi pelajaran yang mahal," kata Budi kepada wartawan di Kota Tua, Minggu (21/7/2024).

Budi menambahkan selain pelayanan terbaik kepada penumpang, hal yang paling utama untuk diperhatikan adalah bagaimana menciptakan keselamatan. Adapun Menhub mengatakan tata kelola memainkan peran penting dalam menciptakan keselamatan transportasi termasuk helikopter.

"Satu sisi mereka baik melayani customer, tapi ada hal-hal yang kurang governance, jadi saya pikir pelajaran yang mahal," jelas Menhub.

Langkah Proaktif

Budi mengharapkan ke depannya pihak perusahaan helikopter dapat mengambil langkah-langkah proaktif dalam memitigasi risiko serupa terkait jatuhnya pengoperasian helikopter di Bali.

"Jadi yang akan datang itu menjadi kewajiban kita untuk mempersiapkan," pungkas Menhub. 


Helikopter Jatuh Terlilit Tali Layangan di Bali Ternyata Angkut Turis Australia yang Rayakan Ulang Tahun

Helikopter Jatuh Terlilit Tali Layangan
Fakta Terbaru Helikopter Jatuh di Bali Terlilit Tali Layangan (Sumber: Merdeka.com)

Insiden helikopter jatuh akibat terlilit tali layangan pada Jumat, 19 Juli 2024, tak pernah dibayangkan akan dialami Russell Harris. Turis Australia itu menjadi salah satu penumpang saat helikopter Bell Jet model 5055 menabrak tebing di Pecatu.

Tepat saat itu, ia sedang merayakan ulang tahunnya ke-46 bersama pasangannya dan seorang teman dari Perth, Australia. "Mungkin tiga atau empat menit sebelum kejadian, kami melihat sebuah layang-layang, sedikit terlambat," ucapnya kepada Nine News saat ditemui di luar rumah sakit di Bali, dikutip dari laman news.com.au, Minggu (21/7/2024).

Setelah tali layangan melilit rotor utama, helikopter yang mengangkut lima orang, termasuk Harris, terjatuh di kawasan pemukiman di dekat laut. Kelimanya langsung diselamatkan, tiga orang di antaranya dilarikan ke Rumah Sakit Siloam karena mengalami luka serius.

"Hal itu (lilitan tali layangan) membuat kami turun 30--50 meter dengan cukup cepat," ucap Harris.

Ia mengingat helikopter yang ditumpanginya sempat tersangkut pohon. "Kemudian kami menabrak tebing, membuat kami terbalik," sambungnya.

Harris mengaku bersyukur pilot bisa kembali mengendalikan helikopternya setelah terlilit tali layangan. Ia mengaku jika helikopter itu masih berada di ketinggian 200-300 meter di atas permukaan, ia tak yakin bakal selamat.

"Sangat menakutkan jelas. Itu pertama kalinya saya naik helikopter," ujarnya. "Hari ini adalah hari ulang tahunku, itu merayakannya," ucapnya.

Badan SAR Nasioal (Basarnas) melaporkan helikopter tersebut lepas landas dari Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali untuk tur wisata mengelilingi pulau pada pukul 14.33 Wita. Helikopter kemudian dilaporkan jatuh sekitar pukul 14.37 Wita, hanya empat menit setelah lepas landas.

 


Nama Korban Kecelakaan Helikopter Jatuh di Bali

Helikopter Jatuh Terlilit Tali Layangan
Fakta Terbaru Helikopter Jatuh di Bali Terlilit Tali Layangan (Sumber: Merdeka.com)

Basarnas menyatakan seluruh korban dievakuasi dalam kondisi selamat. Mereka adalah Dedi Kurnia yang bertugas sebagai pilot, Oki (kru helikopter), tiga penumpang atas nama Russel James Harris (WN Australia), Eloira Decti Paskilah (WNI), dan Chriestope Pierre Marrot Castellat (WN Australia). Tiga penumpang dilarikan ke RS Siloam.

Dalam pernyataannya, Kementerian Perhubungan mengatakan, "Ditjen Perhubungan Udara Ditjen Hubud telah menerima laporan mengenai kecelakaan helikopter tipe PK-WSP Bell 505 milik PT. Penerbangan Whitesky. Informasi awal seluruh penumpang dipastikan selamat dalam kecelakaan tersebut."

Pihak Kemenhub menyatakan telah mengirim inspektur penerbangan dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV ke lokasi jatuhnya pesawat. PT. Whitesky Aviation juga telah mengirimkan tim investigasi ke lokasi kejadian.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan akan melakukan sosialisasi dan pemantauan lebih intensif terhadap bahaya layang-layang."

Mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, pengamat penerbangan Alvin Lie mengomentari kasus kecelakaan helikopter yang kembali terjadi di Bali. Ia mempertanyakan proses pengawasan dan kesadaran publik terhadap aturan soal bermain layangan di sekitar kawasan lapangan udara.

INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya