Cek Fakta: Tidak Benar Pendaftaran Gebyar Undian Hadiah BritAma Festival

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran gebyar undian hadiah BritAma Festival, bagaimana faktanya? Simak penelusuranya dalam artikel berikut ini.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 03 Jul 2024, 09:41 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2024, 07:00 WIB
Tangkapan layar klaim pendaftaran gebyar undian hadiah BritAma Festival
Penelusuran klaim pendaftaran gebyar undian hadiah BritAma Festival.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran gebyar undian hadiah BritAma Festival, informasi tersebut diunggah pada 30 Juni 2024.

Unggahan klaim pendaftaran gebyar undian hadiah BritAma Festival berupa tulisan sebagai berikut.

"𝗣𝗿𝗼𝗴𝗿𝗮𝗺 𝟮𝟬𝟮𝟰 : 𝗞𝗵𝘂𝘀𝘂𝘀 𝗡𝗮𝘀𝗮𝗯𝗮𝗵 𝗕𝗮𝗻𝗸 𝗥𝗮𝗸𝘆𝗮𝘁 𝗜𝗻𝗱𝗼𝗻𝗲𝘀𝗶𝗮 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗦𝘂𝗱𝗮𝗵 𝗚𝘂𝗻𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗕𝗥𝗜𝗺𝗼 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹𝗲

𝗚𝗲𝗯𝘆𝗮𝗿 𝗨𝗻𝗱𝗶𝗮𝗻 𝗛𝗮𝗱𝗶𝗮𝗵 𝗕𝗿𝗶𝘁𝗔𝗺𝗮 𝗙𝗲𝘀𝘁𝗶𝘃𝗮𝗹 𝗛𝗮𝗱𝗶𝗿 𝗸𝗲𝗺𝗯𝗮𝗹𝗶, 𝗕𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗗𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿 & 𝗠𝗲𝗻𝗮𝗻𝗴𝗸𝗮𝗻 𝗚𝗿𝗮𝗻𝗱 𝗣𝗿𝗶𝘇𝗲 𝗦𝗲𝗽𝗲𝗿𝘁𝗶:

- 𝟭𝟬 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗔𝗹𝗽𝗵𝗮𝗿𝗱

- 𝟭𝟬 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗖𝗥-𝗩 𝗧𝘂𝗿𝗯𝗼

- 𝟭𝟬 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗙𝗼𝗿𝘁𝘂𝗻𝗲𝗿

- 𝟭𝟬 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗫𝗽𝗮𝗻𝗱𝗲𝗿

- 𝟭𝟱 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝘁𝗼𝗿 𝗡𝗺𝗮𝘅

- 𝟮𝟬 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝘁𝗼𝗿 𝗦𝗰𝗼𝗼𝗽𝘆

- 𝟯𝟬 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗦𝗺𝗮𝗿𝘁𝗽𝗵𝗼𝗻𝗲 𝗣𝗿𝗼𝗺𝗮𝘅𝟭𝟱

- 𝟮𝟱 𝗘𝗺𝗮𝘀 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗻𝗴 & 𝗟𝗼𝗴𝗮𝗺 𝗠𝘂𝗹𝗶𝗮

- 𝟮𝟱 𝗣𝗮𝗸𝗲𝘁 𝗪𝗶𝘀𝗮𝘁𝗮 𝗦𝗶𝗻𝗴𝗮𝗽𝗼𝗿𝗲

- 𝟱𝟬 𝗣𝗮𝗸𝗲𝘁 𝗨𝗺𝗿𝗼𝗵 𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀

𝗠𝗮𝘀𝗶𝗵 𝗯𝗮𝗻𝘆𝗮𝗸 𝗹𝗮𝗴𝗶 𝗵𝗮𝗱𝗶𝗮𝗵 𝗺𝗲𝗻𝗮𝗿𝗶𝗸 𝗹𝗮𝗶𝗻𝗻𝘆𝗮 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗕𝗮𝗻𝗸 𝗥𝗮𝗸𝘆𝗮𝘁 𝗜𝗻𝗱𝗼𝗻𝗲𝘀𝗶𝗮,,, 𝗕𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗗𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿 𝗦𝗲𝗸𝗮𝗿𝗮𝗻𝗴 (𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀)"

Klaim pendaftaran gebyar undian berhadiah dari BRI mengarahkan penerimanya untuk mendaftar lewat tautan sebagai berikut.

"https://aktivasipoinbrimo.pichainmall.my.id/aktivitas/?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR0YhpHvMZRi-qzjwCoAWB4iauvDdA8pX2vARaTBF2n_3gvKiWufKVVe4nU_aem_zZNu4nN05DEIlvrbP2iMyA"

Jika diklik tautan tersebut mengarah pada halaman situs yang meminta data pribadi sebagai syarat untuk mendaftar undian.

Seperti nomor handphone, nama lengkap dan saldo terakhir.

Benarkah klaim pendaftaran gebyar undian hadiah BritAma Festival? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran gebyar undian hadiah BritAma Festival, penelusuran mengarah pada tulisan berjudul "Waspada Modus Social Engineering" yang dimuat situs resmi BRI bri.co.id, tulisan tersebut memuat infografis yang mengimbau masyarakat untuk mewaspadai social engineering yaitu sebuah teknik memperoleh informasi rahasia dengan cara menipu atau memanipulasi korban.

BRI pun mengingatkan agar kita selalu waspada terhadap setiap email, WhatsAp, telepon, alamat web atau tautan dan akun yang mentasnamakan BRI.

Selain itu juga menjaga kerahasiaan data seperti PIN, password, OTP, CVV/CVC dan M-token agar tidak diberitahukan pada pihak manapun termasuk pertugas BRI.

Artikel berjudul "Cek Fakta: Waspada Hoaks Link Pendaftaran BI Fast Catut Nama Bank BRI" yang dimuat situs Liputan6.com menyebutkan, BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan sosial media resmi yang sudah centang biru atau terverifikasi sebagai media komunikasi.

Website resmi BRI beralamat di www.bri.co.id, akun Instagram @bankbri_id, akun Facebook: Bank BRI serta Twitter: @bankbri_id, @kontakbri, dan @promo_bri.

Sumber:

https://www.bri.co.id/en/waspada-modus-detail?title=waspada-modus-social-engineering


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim pendaftaran gebyar undian hadiah BritAma Festival tidak benar.

BRI mengingatkan agar masyarakat selalu waspada terhadap setiap email, WhatsAp, telepon, alamat web atau tautan dan akun yang mentasnamakan BRI.

Selain itu juga menjaga kerahasiaan data seperti PIN, password, OTP, CVV/CVC dan M-token agar tidak diberitahukan pada pihak manapun termasuk pertugas BRI.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya