Membedah Kripto ALGO Coin dan Gerak Harganya

Algorand dibuat untuk mendorong transaksi dan meningkatkan efisiensi, sebagai tanggapan terhadap waktu transaksi yang lambat dari Bitcoin dan blockchain lain.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 03 Nov 2023, 15:10 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2023, 15:10 WIB
Membedah Kripto ALGO Coin dan Gerak Harganya
Algorand adalah jaringan berbasis blockchain yang mandiri, terdesentralisasi, serta dapat mendukung berbagai aplikasi. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Algorand adalah jaringan berbasis blockchain yang mandiri, terdesentralisasi, serta dapat mendukung berbagai aplikasi. Kripto asli Algoran, ALGO Coin diklaim memiliki sistem aman, dapat meningkat, efisien, dan memiliki semua properti penting untuk aplikasi yang efektif di dunia nyata. 

Algorand akan mendukung komputasi yang membutuhkan jaminan kinerja yang andal untuk menciptakan bentuk kepercayaan baru. Jaringan utama Algorand mulai aktif pada Juni 2019, dan mampu menangani hampir 1 juta transaksi per hari pada Desember 2020.

Sama seperti kripto jaringan lainnya, ALGO Coin digunakan sebagai tata kelola dalam ekosistem Algorand.

Siapa Saja Pendiri Algorand?

Silvio Micali adalah profesor ilmu komputer di Massachusetts Institute of Technology, dia menjadi Algorand. Dia adalah penerima Penghargaan Turing pada 2012 atas kontribusi fundamentalnya pada teori dan praktik komputasi dari dua pihak yang aman, uang elektronik, cryptocurrency, dan protokol blockchain. Micali dapat disebut sebagai salah satu pencipta kripto terkemuka di dunia.

Apa yang Membuat Algorand Unik?

Algorand dibuat untuk mendorong transaksi dan meningkatkan efisiensi, sebagai tanggapan terhadap waktu transaksi yang lambat dari Bitcoin dan blockchain lain. 

Algorand dirancang sedemikian rupa sehingga ada biaya transaksi yang sangat rendah, serta tidak ada penambangan (seperti proses energi yang intensif pada Bitcoin), karena didasarkan pada protokol blockchain proof-of-stake murni tanpa izin.

Harga ALGO Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Jumat (3/11/2023), harga ALGO Coin adalah Rp 1.716 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 861,01 miliar.

ALGO Coin harus melemah 5,83 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 50 dengan kapitalisasi pasar Rp 13,6 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 6,9 miliar ALGO dari maksimal suplai 10 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Transaksi Harian Kripto Milik JPMorgan, JPM Coin Sentuh Rp 15,9 Triliun

Sebelumnya diberitakan, aset kripto milik JPMorgan yaitu JPM Coin berhasil memproses USD 1 miliar atau setara Rp 15,9 triliun transaksi harian. Ini memperkuat posisinya sebagai salah satu perusahaan yang paling banyak menggunakan teknologi blockchain oleh lembaga keuangan tradisional.

JPMorgan juga memiliki rencana ambisius untuk memperluas pemanfaatannya lebih lanjut. Kepala Pembayaran Global JPMorgan, Takis Georgakopoulos mengatakan aset serupa yang dirancang untuk investor ritel akan menjadi perhentian berikutnya.

"JPM Coin ditransaksikan setiap hari sebagian besar dalam dolar AS, tetapi kami kembali bermaksud untuk terus memperluasnya,” kata Georgakopoulos, dikutip dari Crypto Potato, Sabtu (28/10/2023). 

Bakal Jajaki Investor RitelDalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV, Georgakopoulos menyoroti kelemahan penting dari sistem pembayaran yang ada, seperti kecepatan rendah, termasuk batas waktu, dan keterlambatan dalam melakukan pembayaran, terutama pembayaran lintas batas.

Ia juga berbicara tentang inefisiensi ketika terkait dengan perpindahan uang dan informasi secara terpisah, yang membuatnya sulit untuk didamaikan, diubah, dipahami, dan, yang paling penting, dilacak.

 


Layani Kebutuhan Institusi

Ilustrasi crypto, kripto atau perdagangan kripto. Foto: Freepik
Ilustrasi crypto, kripto atau perdagangan kripto. Foto: Freepik

Eksekutif tersebut lebih lanjut menunjukkan uang dapat dipertukarkan, sedangkan aktivitas individu tidak dapat dipertukarkan.

"Alasan mengapa kami menciptakan koin JPM dan secara umum kami melihat mata uang digital sebagai cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Apa yang kami lakukan dengan JPM Coin adalah sisi kelembagaan dari solusi tersebut, bekerja di lingkungan yang memiliki izin dengan perusahaan yang tepercaya dan saling percaya," ujar Georgakopoulos. 

Meskipun JPM Coin saat ini melayani kebutuhan institusi, Georgakopoulos mengatakan langkah selanjutnya bagi perusahaan adalah membuat versi ritel dari aset tersebut untuk memberikan efisiensi yang sama kepada konsumen.

Dia juga menekankan mata uang digital bank sentral (CBDC) menawarkan satu jalan untuk mencapai hal ini, namun dia menyoroti potensi bagi bank untuk menciptakan variasi komersial dari simpanan digital yang berfungsi seperti simpanan tradisional.

 


Tingkat Dominasi Bitcoin di Pasar Kripto Sentuh Tertinggi Sejak Awal 2021

Bitcoin (Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)
Bitcoin (Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)

Sebelumnya diberitakan, tingkat dominasi atau pangsa bitcoin (BTC) di pasar kripto secara keseluruhan terus meningkat, mengancam untuk membalikkan reli mata uang kripto alternatif (altcoin) yang mengalahkan BTC sejak awal 2021.

Tingkat dominasi naik menjadi 52,45 persen mencapai level tertinggi sejak April 2021, menurut data yang dilacak oleh platform grafik TradingView. Kenaikan bitcoin konsisten dengan penembusan bullish yang terlihat pada Juni, yang menandai berakhirnya kisaran berkepanjangan antara 38 persen dan 48 persen. 

Menurut analisis teknis, Katie Stockton dari Fairlead Strategies, hal ini kemungkinan akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang, membalikkan penurunan dari 60 persen menjadi 40 persen yang terlihat selama hari-hari pasar kripto yang suram pada Maret-April 2021. 

Investor kemudian memutar uang dari bitcoin yang relatif mahal ke dalam bitcoin. altcoin, menyebabkan penurunan tingkat dominasi BTC.

“Indeks siap untuk diperpanjang lebih tinggi, terutama setelah menyelesaikan kisaran perdagangan dua tahun yang lebih tinggi pada musim panas ini,” kata Stockton dalam analisisnya, dikutip dari CoinDesk, Minggu (22/10/2023).

Stockton menambahkan indikator perusahaannya yang mengikuti tren jangka panjang juga mendukung lebih banyak dominasi bitcoin, dan ada ruang untuk resistensi berikutnya.

"Kami memperkirakan bitcoin akan mengungguli altcoin, semakin membalikkan perolehan altcoin yang diperoleh pada semester pertama 2021,” lanjut Stockton.

Fokusnya akan beralih ke resistensi utama Fibonacci di 60,17 persen setelah tingkat dominasi mencapai di atas tertinggi pada Juni di 52,18 persen. 

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya