Mancing di Danau, Pria Tangkap Kura-kura Langka Seberat 45 Kg

Pria asal Oklahoma bernama Dave Harrell yang memancing penyu itu

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 15 Mei 2014, 15:00 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2014, 15:00 WIB
Mancing di Danau, Pria Ini Tangkap Kura-kura Langka Seberat 45 Kg
Kura-kura air tawar jenis alligator. (News.com.au)

Liputan6.com, Oklahoma - Seorang pemancing begitu terkejut ketika mendapati seekor kura-kura raksasa seperti dari zaman prasejarah saat memancing di Oklahoma, AS. Kura-kura berukuran besar itu diyakini sebagai penyu air tawar jenis alligator yang hidup di Amerika.

Seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (15/5/2014), pria asal Oklahoma bernama Dave Harrell yang memancing penyu seberat 45 kg itu. Dibantu temannya Audey Clark, ia mengangkat makhluk itu ke dalam perahu.

Setelah itu, Harrell pun berpose dengan penyu langka tersebut. Setelah puas mengabadikan momen itu, mereka pun membebaskan kura-kura besar nan sehat itu kembali ke dalam air.

Harrell kemudian memposting posenya ke Facebook Departemen Wildlife Conservation Oklahoma, di mana ia mendapat jempol like lebih dari 1.400 orang.

"Ketika sedang memancing, kami menangkap dan kemudian membebaskan kura-kura besar itu kemarin di Mill Creek di Danau Eufala, Dave Harrell dari Edmond menangkapnya dengan pancingan dan Audey Clark mengamankan dan mengangkutnya ke perahu untuk difoto. Ini adalah yang terbesar yang pernah kami lihat," begitu keterangan foto itu.

Ahli satwa liar mengatakan kepada Tulsa World bahwa kura-kura air tawar jenis alligator atau buaya kecil itu lebih jarang ditemui di Oklahoma, daripada sepupu mereka yang ukurannya lebih kecil. Keduanya memiliki ciri fisik mirip, memiliki cangkang bergerigi. Kepalanya lebih besar, berleher pendek dan matanya ada di sisi kepala.

Herpetolog dan aquatics curator di Kebun Binatang Tulsa, Barry Downer mengatakan kepada Tulsa World bahwa kura-kura jenis ini dalam upaya reintroduksi di Oklahoma. Sekitar 300 ekor sudah dilepaskan ke alam liar sejauh ini.

"Kura-kura air tawar jenis alligator atau alligator snapping turtles terbesar diketahui memiliki berat 93 kg," kata Downer.

Dilihat dari foto, sambung Downer, kura-kura yang ditangkap Harrell mungkin memiliki berat antara 45-50 kg.

Common snapping turtles adalah kura-kura air tawar yang hidup di Amerika. Ada 3 spesies jenis kura-kura itu: alligator, common, dan Florida snapping turtles. Kura-kura alligator snappers adalah yang terbesar dari kura-kura air tawar Amerika Utara. Panjangnya bisa mencapai 60 cm, dan beratnya bisa hingga 90 kg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya