Hormati John McCain, Donald Trump Akhirnya Izinkan Bendera Setengah Tiang di Gedung Putih

Setelah Donald Trump sempat mencegah ucapan duka cita, akhirnya Gedung Putih menurunkan bendera setengah tiang pada Senin 27 Agustus 2018.

oleh Happy Ferdian Syah Utomo diperbarui 28 Agu 2018, 11:04 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2018, 11:04 WIB
Bendera di gedung-gedung federal AS dikibarkan setengah tiang untuk menghormati kepergian John McCain (AP/J David Ake)
Bendera di gedung-gedung federal AS dikibarkan setengah tiang untuk menghormati kepergian John McCain (AP/J David Ake)

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan bahwa Gedung Putih siap menurunkan bendera setengah tiang pada Senin 27 Agustus, untuk mengenang kepergian mantan senator John McCain.

Keputusan itu diambil setelah Trump menerima banyak kritik atas kabar yang menyebut, ia sempat mencegah Gedung Putih menyampaikan eulogi atau ucapan duka cita.

Dikutip dari BBC pada Selasa (28/8/2018), Presiden Donald Trump dikabarkan telah men-twit ucapan belasungkawa kepada keluarga mendiang McCain, tetapi belum menawarkan penghargaan atas jasa veteran.

Secara tradisional, meninggalnya seorang negarawan seperti McCain, dihormati dengan penurunan bendera setengah tiang hingga hari pemakamannya pada akhir pekan nanti.

Sementara bendera di berbagai gedung federal terkemuka lainnya, seperti US Capitol dan National Mall tetap dikibarkan setengah tiang sejak kabar meninggalnya McCain, namun tidak bagi Gedung Putih yang benar-benar baru melakukan hal serupa pada Senin, 27 Agustus.

Trump berulang kali tidak menggubris pertantaan media tentang alasan penangguhan kebijakan menurunkan bendera setengah tiang.

"Meskipun kebijakan dan pandangan politik kami berbeda, saya menghormati jasa Senator John McCain terhadap Amerika dan, untuk menghormatinya, (saya) telah menandatangani perintah mengibarkan bendera setengah tiang hingga hari pemakamannya," tulis presiden Amerika Serikat ke-45 itu.

Donald Trump juga menegaskan bahwa ia tidak akan menghadiri pemakaman McCain pada akhir pekan nanti dan mengatakan, anggota lain dari pemerintahannya, termasuk kepala staf dan menteri pertahanan, akan hadir sebagai penggantinya.

Mantan Presiden George W Bush dan Barack Obama disebut akan menyampaikan penghormatan langsung kepada McCain selama upacara pemakaman, yang digelar di National Cathedral.

Wakil Presiden Mike Pence juga akan menyampaikan penghormatan terhadap jasa besar McCain dalam sebuah agenda di gedung DPR pada Jumat, 31 Agustus.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Desakan Terhadap Gedung Putih

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (AP PHOTO via Breitbart)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (AP PHOTO via Breitbart)

Gedung Putih didesak oleh para senator dari kedua belah pihak untuk menghormati protokol itu, dan para kritikus bertanya mengapa 'pernyataan proklasim' belum dikeluarkan oleh Trump, sebagaimana yang sudah dilakukan saat kepergian tokoh-tokoh politik lainnya, seperti mantan Ibu Negara Barbara Bush.

Chuck Schumer, politisi senior dari Partai Demokrat dan tokoh terkemuka Partai Republik Mitch McConnell, mengatakan bahwa bendera-bendera di semua gedung pemerintah harus diturunkan setengah tiang, hingga pemakaman McCain pada pekan depan.

Di lain pihak, antipati antara presiden dan McCain telah terdokumentasi secara runut sejak pelantikan Donald Trump.

Awal bulan ini, ketika Presiden Trump menandatangani RUU pertahanan senilai miliaran dolar AS, yang dinamai McCain, presiden tidak menyebutkan asal-usul namanya secara pasti.

Sementara itu, jenazah McCain masih disemayamkan di Arizona State Capitol hingga Rabu 29 Agustus, dan kemudian berlanjut dibawa ke di US Capitol Rotunda hingga hari Jumat, sebelum kemudian dimakamkan pada akhir pekan nanti.

Hal itu dilakukan guna memberi kesempatan kepada rekan-rekannya dan masyarakat untuk memberi penghormatan.

Dia kemudian akan dimakamkan pada hari Minggu dalam sebuah upacara pribadi di kapel Akademi Angkatan Laut AS.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya