Bicara pada WHO, China Ingin Vaksin Buatannya Digunakan Masyarakat Dunia

Pihak WHO mengatakan pada konferensi pers yang dilakukan secara online bahwa China telah mengadakan diskusi awal dengan WHO.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 07 Okt 2020, 07:46 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2020, 07:46 WIB
Sampel vaksin COVID-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd. Beijing, China. (Xinhua/Zhang Yuwei)
Sampel vaksin COVID-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd. Beijing, China. (Xinhua/Zhang Yuwei)

Liputan6.com, Jakarta - China sedang dalam pembicaraan agar vaksin COVID-19 yang diproduksi secara lokal dinilai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagai langkah agar ketersediaannya bisa digunakan oleh warga internasional, kata seorang pejabat WHO.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (7/10/2020), ratusan ribu pekerja esensial dan kelompok lain yang dianggap berisiko tinggi terpapar COVID-19 di China telah diberi vaksin yang dikembangkan secara lokal meskipun uji klinis belum sepenuhnya selesai, yang meningkatkan kekhawatiran keamanan di antara para ahli.

Socorro Escalate, koordinator WHO untuk obat-obatan esensial dan teknologi kesehatan di kawasan Pasifik Barat, mengatakan pada konferensi pers yang dilakukan secara online bahwa China telah mengadakan diskusi awal dengan WHO untuk memasukkan vaksinnya ke dalam daftar untuk penggunaan darurat.

Prosedur pencatatan penggunaan secara darurat dari WHO memungkinkan penilaian terhadap vaksin dan perawatan yang tidak berlisensi guna mempercepat ketersediaannya dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat.

Ini membantu negara-negara anggota WHO dan badan pengadaan PBB untuk menentukan penerimaan vaksin.

"Secara potensial melalui daftar penggunaan darurat ini, kualitas dan keamanan vaksin serta kemanjuran dapat dinilai. Kemudian ini dapat disediakan untuk pemegang lisensi kami," kata Escalante.

China memiliki setidaknya empat vaksin eksperimental dalam tahap akhir uji klinis -- dua dikembangkan oleh China National Biotec Group (CNBG) yang didukung negara, dan dua sisanya masing-masing dari Sinovac Biotech dan CanSino Biologics.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video berikut ini:


Sejumlah Negara Uji Vaksin COVID-19 Buatan China

China Pamerkan Vaksin Covid-19 di Pameran
Seorang anak melihat kandidat vaksin Covid-19 dari Sinovac Biotech LTD yang diperlihatkan dalam Pameran Internasional China untuk Perdagangan Jasa (CIFTIS) di Beijing pada 6 September 2020. Untuk pertama kalinya, China akhirnya resmi memamerkan produk dalam negeri vaksin COVID-19. (NOEL CELIS/AFP)

Vaksin buatan China sejauh ini diuji di negara-negara seperti Pakistan, Indonesia, Brasil, Rusia, dan Uni Emirat Arab.

Bulan lalu, Uni Emirat Arab mengesahkan penggunaan darurat vaksin CNBG, izin darurat internasional pertama untuk salah satu vaksin China, hanya enam minggu setelah uji coba pada manusia dimulai di negara Teluk Arab.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan bulan lalu bahwa dia akan memprioritaskan China dan Rusia dalam belanja global negaranya untuk vaksin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya