Dijuluki Guru Cinta, Wanita Asal China Dikecam Usai Imbau Pengikutnya Cari Pria Kaya Raya

Qu Qu, yang bernama asli 'Le Chuanqu', adalah salah satu influencer media sosial paling kontroversial di Tiongkok.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 17 Jul 2024, 19:40 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024, 19:40 WIB
20150813-Mata Uang Yuan-Jakarta
Petugas menghitung uang pecahan 100 Yuan, Jakarta, Kamis (13/8/2015). Biang kerok keterpurukan kurs rupiah dan sejumlah mata uang negara lain adalah kebijakan China yang sengaja melemahkan (devaluasi) mata uang Yuan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Beijing - Seorang influencer Tiongkok yang ahli dalam memberikan nasihat tentang kencan dan hubungan bagi para wanita dikecam karena mendorong para pengikutnya untuk memilih pasangan yang kaya demi keuntungan finansial.

Qu Qu, yang bernama asli 'Le Chuanqu', adalah salah satu influencer media sosial paling kontroversial di China.

Ia adalah mantan penyanyi yang dengan cepat beralih ke status guru cinta secara daring, menawarkan para pengikutnya nasihat tentang kencan dan hubungan dengan tujuan utama demi meningkatkan kemampuan finansial mereka.

Hal yang membedakan Qu Qu dari banyak guru kencan lainnya di internet adalah pandangannya yang terbuka tentang hubungan sebagai 'pertukaran keuntungan' yang dapat dimanfaatkan untuk keuntungan finansial seseorang, dikutip dari laman Oddity Central, Rabu (17/7/2024).

Sering menyebut dirinya sebagai "McKinsey dalam hubungan," Qu Qu memberi tahu para penggemarnya bahwa hubungan romantis dan pernikahan adalah langkah-langkah untuk menaiki tangga sosial dan finansial, jadi hubungan tersebut harus dikelola dengan sangat hati-hati untuk mencapai hasil yang diinginkan.

"Semua hubungan pada dasarnya adalah tentang pertukaran keuntungan," Qu Qu memberi tahu para penggemarnya selama sesi streaming langsung.

"Semua hal harus digunakan untuk meningkatkan keuntungan ."

Sosok Guru Cinta yang kontroversial ini telah menjadi salah satu selebritas internet paling sukses secara finansial di Tiongkok, dengan penghasilan yang dilaporkan mencapai 142 juta yuan (19 juta) per tahun.

Ia mengenakan biaya sebesar 1.143 yuan per konsultasi selama siaran langsungnya, dan kursus-kursus populernya mengenakan biaya tambahan sebesar 3.580 yuan.

Tetapi jika Anda mencari bimbingan private secara langsung paketnya mulai dari 10.000 yuan.

Meskipun Qu Qu memiliki banyak penggemar yang mendengarkan setiap kata-katanya, konsep dan pendekatannya yang kontroversial terhadap kencan telah menarik perhatian otoritas Tiongkok.

Pada bulan Desember tahun lalu, Qu Qu diblokir di Weibo karena berulang kali mempromosikan pandangan hubungan yang tidak sehat untuk mendapatkan perhatian dan mendapat keuntungan dari penjualan kursus dan menyampaikan nilai-nilai yang salah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bukan Akhir dari Segalanya

Ilustrasi yuan (Photo by Eric Prouzet on Unsplash)
Ilustrasi yuan (Photo by Eric Prouzet on Unsplash)

Tetapi itu bukanlah akhir baginya. Sejak saat itu, influencer tersebut telah mempromosikan dirinya dan bisnisnya melalui saluran lain, dan ia terus meraih kesuksesan besar, terutama di kalangan wanita muda, yang merupakan audiens utamanya.

"Pendekatannya dapat dimengerti," kata salah satu pendukung Qu Qu.

"Apa salahnya menginginkan cinta dan uang? Ini adalah masyarakat yang realistis. Mengapa orang tidak boleh berjuang untuk menjadi lebih baik?"

"Ia telah memberi dampak yang mendalam bagi saya tahun ini," komentar orang lain.

"Saya telah mempelajari konsep-konsep mendasar seperti orientasi tujuan dan memanfaatkan segalanya untuk memberdayakan diri saya sendiri. Wawasannya dalam mengenali sifat sejati seorang pria sangat berharga. Saya sangat merekomendasikannya."

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya