Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

5 Langkah Aman Bercinta dengan Pasangan HPV

Kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak mengalami gejala atau masalah kesehatan apa pun dari virus karena sistem kekebalan tubuh mampu melawan infeksi.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 08 Jul 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi hubungan seks
Ilustrasi hubungan seks. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda tahu Anda terinfeksi HPV, baik karena gejala atau hasil tes positif, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mempraktikkan berhubungan seks yang lebih aman dan mengurangi risiko menulari pasangan Anda.

Dilansir dari everydayhealth, lebih dari separuh pria dan wanita yang aktif secara seksual akan terinfeksi oleh human papillomavirus (HPV) pada suatu saat dalam hidup mereka.

Tetapi "kebanyakan wanita dan pria dengan virus tidak akan pernah tahu bahwa mereka mengidapnya," kata Vanessa Cullins, MD, MPH, dokter kandungan-ginekolog bersertifikat dan mantan wakil presiden untuk urusan medis di Planned Parenthood Federation of America.

HPV Sering Tak Bergejala

Kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak mengalami gejala atau masalah kesehatan apa pun dari virus karena sistem kekebalan tubuh mampu melawan infeksi.

“Bagi sebagian besar orang, memiliki infeksi HPV tidak berdampak pada kehidupan mereka,” kata Dr. Cullins.

Namun, beberapa orang mengembangkan kutil kelamin, yang disebabkan oleh jenis HPV tertentu, dan beberapa wanita mengetahui bahwa mereka memiliki HPV setelah Pap smear abnormal, di mana sel-sel dari leher rahim (serviks) diperiksa untuk perubahan kanker atau prakanker.

Bagi yang lain, indikasi pertama infeksi HPV adalah diagnosis kanker anus, vulva , vagina, penis, atau orofaringeal. Tanda-tanda kanker mungkin termasuk kemerahan, iritasi, luka yang tidak kunjung sembuh, pendarahan yang tidak normal, gatal, nyeri, dan benjolan. Jika Anda mengalami salah satu gejala ini di daerah genital atau anus, mulut, atau tenggorokan, segera temui dokter untuk memeriksakannya.

Tes skrining untuk mendeteksi infeksi HPV pada anus, vulva, vagina , penis, mulut, dan tenggorokan kurang umum atau tidak tersedia. Meskipun CDC tidak merekomendasikan skrining rutin untuk HPV di area ini — atau untuk laki-laki pada umumnya — pengujian HPV dapat dilakukan pada sampel dubur dan siapa saja yang berisiko lebih tinggi (termasuk orang dengan HIV atau laki-laki yang melakukan seks anal). Jika Anda khawatir tertular HPV di salah satu area ini, bicarakan dengan dokter Anda tentang tes mana yang tersedia dan direkomendasikan untuk Anda.

 


Cara Menurunkan Risiko Infeksi dan Penularan HPV

Jika Anda tahu Anda terinfeksi HPV — atau bahkan jika Anda tidak tahu — apa yang harus Anda lakukan untuk melindungi diri Anda dan pasangan seksual Anda dari penularan HPV?

Pertama, asumsikan Anda akan hidup dengan beberapa jenis virus HPV pada suatu saat dalam hidup Anda. “Setiap orang yang aktif secara seksual, divaksinasi atau tidak, harus membuat asumsi ini,” kata Cullins.

Kemudian pertimbangkan langkah-langkah ini untuk membantu melindungi diri Anda dan pasangan Anda.

1. Dapatkan Vaksinasi dan Dorong Pasangan Anda untuk Mendapatkan Vaksinasi

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merekomendasikan bahwa semua anak laki-laki dan perempuan mendapatkan vaksin HPV pada usia 11 atau 12 tahun - kemungkinan sebelum mereka terpapar strain human papillomavirus yang ditularkan secara seksual. Walaupun itu adalah usia tradisional untuk mendapatkan vaksinasi, vaksin HPV tetap direkomendasikan untuk semua orang yang berusia 26 tahun ke bawah.

Bahkan jika Anda tidak mendapatkan vaksin sebelum usia 26 tahun, mungkin belum terlambat. Pada tahun 2018, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) memperluas persetujuannya terhadap vaksin HPV yang digunakan di Amerika Serikat — Gardasil 9 — untuk menyertakan orang dewasa hingga usia 45 tahun, yang secara signifikan meningkatkan jumlah orang yang memenuhi syarat untuk menerima vaksin dan perlindungannya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa persetujuan FDA atas vaksin tidak menjamin bahwa asuransi kesehatan akan menanggung biayanya, jadi orang dewasa berusia 27 hingga 45 tahun yang tertarik untuk divaksinasi HPV harus memeriksa dengan perusahaan asuransi mereka terlebih dahulu untuk memastikan mereka ' tidak dihadapkan dengan biaya pengobatan yang mengejutkan.

Gardasil 9 melindungi terhadap dua jenis HPV yang menyebabkan sebagian besar kutil kelamin, tipe 6 dan 11, serta terhadap tujuh jenis HPV penyebab kanker, termasuk HPV tipe 16 dan 18.

Bentuk awal Gardasil melindungi terhadap hanya empat jenis HPV: tipe 6 dan 11, yang menyebabkan kutil, dan tipe 16 dan 18, yang meningkatkan risiko kanker.

Vaksin HPV lain, Cervarix, tidak lagi tersedia di Amerika Serikat tetapi digunakan di tempat lain di dunia. Ini hanya melindungi terhadap HPV tipe 16 dan 18.

Vaksin HPV terbukti aman dan efektif , dan jika memungkinkan, ini harus menjadi strategi lini pertama Anda untuk mencegah infeksi HPV.

 


2. Gunakan Kondom Saat Berhubungan Seks

HPV menyebar melalui kontak langsung, jadi Anda harus menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks — dari awal hingga akhir. Penggunaan kondom secara konsisten akan mengurangi risiko penularan HPV, tetapi tidak akan sepenuhnya menghilangkannya.

Virus bisa berada di area kulit yang tidak tertutup kondom. Anda harus menggunakan kondom atau bendungan gigi untuk seks vaginal, oral, atau anal, dan jangan pernah menggunakan kembali kondom.

3. Lakukan Pemeriksaan Medis dan Gigi Secara Teratur

Satuan Tugas Layanan Pencegahan AS (USPSTF) merekomendasikan agar wanita mulai melakukan skrining kanker serviks pada usia 21 tahun. Antara usia 21 dan 29 tahun, menurut USPSTF, wanita harus melakukan tes Pap setiap tiga tahun untuk mencari tanda-tanda awal kanker.

Untuk wanita usia 30 hingga 65 tahun, USPSTF merekomendasikan skrining dengan tes Pap saja setiap tiga tahun, atau kombinasi tes Pap dan tes HPV setiap lima tahun.

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV, dan biasanya dapat disembuhkan jika ditemukan lebih awal.

Mereka dengan HIV dan laki-laki yang menerima seks anal dapat memperoleh manfaat dari pemeriksaan anal, pap smear anal, dan tes HPV untuk membantu mendeteksi kondisi dubur prakanker atau kanker.

Meskipun tidak ada tes skrining yang setara untuk mendeteksi kondisi prakanker pada alat kelamin, mulut, atau tenggorokan, “perawatan gigi dan medis pencegahan rutin adalah salah satu resep terbaik untuk kesehatan berkelanjutan,” kata Cullins.

 


4. Belajar Mengenali Gejala HPV

Ketahui gejala infeksi terkait HPV sehingga Anda dapat mewaspadainya pada diri sendiri dan pasangan.

HPV dapat menyebabkan kutil kelamin, yang biasanya muncul sebagai benjolan kecil yang rata atau kumpulan benjolan di area genital. Jika tidak diobati, kutil kelamin bisa tumbuh lebih besar.

Jika Anda atau pasangan Anda sedang dirawat karena infeksi terkait HPV, Anda harus menahan diri untuk tidak berhubungan seks sampai perawatan selesai.

5. Praktikkan Kebersihan Alat Kelamin yang Baik

Setelah berhubungan seks, buang air kecil untuk membilas kuman dari uretra Anda, dan cuci alat kelamin Anda dengan sabun dan air. Ini dapat membantu membersihkan bakteri atau virus sebelum sempat menginfeksi Anda.

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat
Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya