Pencet Jerawat Bisa Bikin Meninggal Dunia

Memencet jerawat mungkin menjadi hal yang sudah biasa dilakukan orang yang berjerawat. Tapi itu bisa berisiko menimbulkan kematian.

oleh Liputan6 diperbarui 23 Agu 2013, 18:45 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2013, 18:45 WIB
pencet-jerawat130823c.jpg
Memencet jerawat mungkin menjadi hal yang sudah biasa dilakukan orang yang berjerawat. Terlebih jika Anda masih muda. Jerawat memang sangat menganggu penampilan dan seakan-akan sudah menjadi musuh dalam kehidupan setiap orang.

Namun, seperti dikutip Mother Nature Network, Jumat (23/8/2013), seorang dermatolog mengatakan bahwa Anda harus menahan diri untuk tidak memencet jerawat tanpa adanya prosedur yang jelas.

Jika Anda melakukannya, hal itu malah akan membentuk luka permanen pada kulit. Ketika Anda mencoba mengeluarkan jerawat dari dalam kulit, Anda benar-benar merobek kulit Anda sendiri.

Lebih buruk lagi, hal itu dapat menyebabkan infeksi. Sebab, tangan yang Anda gunakan untuk mengeluarkan jerawat tidak seratus persen bersih, walaupun Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu. Masih ada banyak bakteri di tangan Anda yang kemudian akan memasuki luka bekas jerawat yang masih terbuka. Hal inilah yang menyebabkan infeksi.

Banyak yang belum mengetahui bahwa pada wajah Anda ada tiga daerah, yaitu bagian hidung, mulut, dan mata, di mana ketiga daerah tersebut biasa disebut dengan 'segitiga maut'. Sebab, bila ketiga daerah tersebut mengalami infeksi, hal itu akan menempatkan diri Anda pada risiko kematian.

Mengapa bisa begitu? Sebab, pembuluh darah yang ada pada hidung, mulut, dan mata tersambung pada bagian belakang kepala Anda, tepatnya di dasar otak. Daerah ini juga membuka bagian sinus. Bila daerah itu mengalami infeksi, Anda akan mengalami kelumpuhan, kehilangan penglihatan, bahkan meninggal dunia.

Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak berhenti memencet dan mengeluarkan jerawat tanpa adanya prosedur yang jelas dan aman. Jauhkanlah tangan Anda dari semua wilayah yang ada pada wajah. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir pertumbuhan jerawat dan menghindarkan diri Anda dari malapetaka.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya