Pewawancara Hanya Butuh 15 menit untuk Menerima atau Menolak Anda

Anda mungkin kaget mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan pewawancara untuk mengambil keputusan menerima atau menolak Anda.

oleh Indy Keningar diperbarui 12 Jun 2015, 12:05 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2015, 12:05 WIB
Berjabat tangan
Berjabat tangan

Liputan6.com, Jakarta Dalam wawancara kerja, dan lazimnya dalam aspek kehidupan lain, kesan pertama sungguh membekas. Namun, Anda mungkin kaget jika mengetahui berapa lama seorang perekrut memutuskan apakah Anda diterima bekerja.

Studi yang diterbitkan di Journal of Occupational and Organized Psychology melibatkan 166 pewawancara dan hampir sebanyak 700 mahasiswa S1 dan S3. Semua peserta yang berpartisipasi ada dalam proses melamar pekerjaan dan melakukan proses wawancara kerja sungguhan. Setiap orang diwawancara selama 30 menit.

Menurut hasil, mayoritas pewawancara (60 persen) mengaku sudah mengambil keputusan dalam 15 menit berlangsungnya wawancara. Sedangkan 26 persen dari grup membuat keputusan pada lima menit pertama. Lima persennya bahkan membuat keputusan di menit pertama.

Riset juga menemukan bahwa struktur wawancara juga merupakan faktor dalam membuat keputusan. Jika Anda memiliki seperangkat pertanyaan yang diajukan ke semua pelamar, sistem itu bisa membuat Anda menarik kesimpulan lebih lama. Sementara, cara yang lebih informal dan banyak bercakap-cakap mengantarkan Anda membuat keputusan lebih cepat.

Posisi juga menentukan. Saat mewawancarai grup sarjana S3, pewawancara membuat keputusan lebih cepat dalam menentukan lolos atau tidaknya mereka. Bagaimanapun, pewawancara yang lebih tidak berpengalaman juga bisa dipengaruhi keputusannya oleh hubungannya dengan pelamar.

Ada juga pola dimana pewawancara mengambil keputusan lebih lama tentang pelamar di awal proses. Rekomendasi mereka untuk pencari tenaga kerja adalah membatasi waktu wawancara untuk menghindari adanya burnout penilaian. (ikr/bio)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya