3 Trik Jitu Kendalikan Pasangan yang Boros

Pasangan yang boros bukan hanya mengganggu keuangan jangan pendek, tapi juga mengganggu rencana Anda ke depan.

oleh Vinsensia Dianawanti diperbarui 02 Mei 2018, 08:15 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2018, 08:15 WIB
20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan
Ilustrasi Belanja di Pusat Perbelanjaan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pasangan yang idaman adalah impian setiap orang. Namun, apa jadinya jika pasangan yang Anda idamkan ternyata memiliki sifat yang begitu boros. Ia tidak segan mengeluarkan uang untuk membeli apa pun yang dia mau.

Sebagai pasangan yang baik, Anda perlu membantunya untuk mengendalikan pengeluaran yang berlebihan. Dilansir dari Purewow, Senin (30/4/2018), ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengendalikan pasangan yang boros tanpa merusak hubungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kelola uang Anda, bukan pasangan

20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan
Ilustrasi Belanja di Pusat Perbelanjaan (iStockphoto)

Bagaimanapun, Anda tetap perlu menyelamatkan dompet sendiri terlebih dahulu. Terutama jika memiliki pasangan yang boros. Namun, menyelamatkan dompet sendiri bukan berarti Anda tidak peduli dengan pengeluaran pasangan Anda. Jika Anda bisa mengatur keuangan sendiri, ini saatnya Anda mengajari pasangan Anda.

Mulailah dengan membuat daftar prioritas pengeluaran. Jangan perdebatkan penghasilan siapa yang lebih besar. Buang semua pengeluaran yang tidak penting.

2. Simpan tabungan

Seorang ahli finansial kolumnis, Dan Rafter, mengatakan bahwa sebaiknya jangan membawa uang dalam bentuk tunai ke rumah. Ketika gajian, langsung pisahkan uang penghasilan Anda ke rekening lain yang menjadi rekening tabungan. Jangan biarkan pasangan menggunakan uang yang ada di tabungan tersebut. Anda bisa mencoba tabungan berjangka yang hanya bisa digunakan setelah jangka waktu tertentu.

Ajari juga pasangan Anda yang boros untuk menabung sedikit demi sedikit. Sifatnya yang boros pun bisa dikurangi perlahan.


3. Buat penganggaran yang menyenangkan

20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan
Ilustrasi Belanja di Pusat Perbelanjaan (iStockphoto)

Banyak orang yang tidak mampu mengendalikan pengeluarannya karena tidak memiliki daftar anggaran. Sebagai pasangan, sudah saatnya Anda membuat anggaran tertentu untuk pengeluaran.

Jika Anda atau pasangan ingin berbelanja, hanya bisa menggunakan uang sesuai yang dianggarkan. Bersikaplah untuk disiplin ketika menggunakan anggaran tersebut. Jangan gunakan uang lebih dari yang dianggarkan. Mulai dari hal yang besar hingga hal kecil seperti makan siang di luar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya