Resmi Dibuka, Adiwastra Nusantara 2019 Beri Sajian Kekinian

Adiwastra Nusantara 2019 resmi dibuka dengan dimeriahkan diva Tanah Air, Titi DJ dengan mengusung konsep lebih kekinian ala generasi milenial.

oleh Asnida Riani diperbarui 20 Mar 2019, 17:00 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2019, 17:00 WIB
Adiwastra Nusantara 2019
Pembukaan Adiwastra Nusantara di Jakarta Convention Center (Liputan6.com/Adinda Kurnia)

Liputan6.com, Jakarta - Pameran kain adati terbesar di Indonesia, Adiwastra Nusantara 2019 resmi dibuka untuk umum pada Rabu, (20/3/2019). Acara akan berlangsung hingga 24 Maret 2019 dan dibuka mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. Para pengunjung tidak dikenakan biaya masuk.

Pameran yang digagas oleh komunitas pecinta dan pegiat promosi kain adipati nusantara ini dimonitori oleh Edith Ratna Soeryosoeyarso. Adiwastra Nusantara 2019 mengajak lebih dari 400 peserta pameran perajin wastra dari seluruh wilayah Indonesia.

Acara opening ceremony dibuka dengan sambutan dari ketua panitia Adiwastra Nusantara 2019, Ibu Yantie Isfandiary. Lalu, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan sahabat Adiwastra Nusantara sekaligus peresmian pameran oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Mengusung tema dengan sasaran generasi milenial yaitu "Wastra Adati Generasi Digital" acara pembukaan Adiwastra Nusantara memberikan sajian yang kekinian.

"Konsepnya ini lebih ke milenial, tidak melupakan budaya lama tapi ini didesain lebih maju," ujar Yantie kepada Liputan6.com.

Acara dimeriahkan oleh pagelaran tarian dan atraksi unik dengan lagu Indonesia Pusaka dan Zamrud Khatulistiwa oleh Perempuan Untuk Negeri hingga penampilan memukau dari Titi DJ. Ditambah lagi peragaan koleksi busana karya Didiet Maulana, desainer ternama Indonesia yang mengangkat tema Tribute to Donggala.

Tak hanya itu, panggung didekorasi dengan bentuk seperti kapal tradisional Madura, sesuai dengan salah satu ikon Adiwastra Nusantara yaitu batik Madura. Acara ini memang dibuat sedekat mungkin dengan generasi milenial.

"Ini adalah hal yang menarik karena ada perpaduan antara batik dan tenun yang dipamerkan ini supaya anak-anak muda tahu bahwa kita itu punya aneka ragam kain yang bagus-bagus banget," kata Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka.

Gati berharap acara ini dapat berjalan dengan baik dan dapat menyasar dengan tujuan yang tepat yaitu anak-anak muda Indonesia. Selain itu juga agar para anak muda lebih mengetahui apa yang dimiliki Indonesia dan semakin cinta terhadap karya yang di Tanah Air. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya