Jokowi: Kekayaan Indonesia Harus Dijaga, Tidak Dirusak dan Dieksploitasi Berlebihan

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak Geopark yang tersebar di berbagai daerah.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 22 Nov 2021, 12:55 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2021, 12:55 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Pengarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Komisaris dan Direksi PT Pertamina dan PT PLN, 16 November 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak Geopark yang tersebar di berbagai daerah. Dia pun meminta agar keberagaman serta kekayaan yang dimiliki Indonesia ini dijaga dan tak dieksploitasi berlebihan.

Dia ingin agar semua pihak bertanggung jawab terhadap keberlangsungan lingkungan dan ekosistem. Hal ini agar lingkungan hidup tetap terjaga dengan lestari sehingga menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

"Semua keragaman dan kekayaan yang kita miliki harus kita jaga dan lindungi, tidak dirusak dan dieksploitasi secara berlebihan," kata Jokowi saat berpidato di Konferensi Nasional Geopark Indonesia II secara virtual, Senin (22/11/2021).

Menurut dia, Geopark merupakan warisan alam yang perlu dijaga, dilindungi, serta dimanfaatkan sebaik-baiknya. Salah satunya, dengan melakukan konservasi kawasan dan melindungi agar unsur-unsur geologi yang masih utuh tidak mengalami kerusakan.

"Menjaga warisan geologi, geoheritage, serta nilai-nilai di dalamnya seperti nilai arkeologi, ekologi, sejarah, dan budaya sehingga bisa terus diwariskan kepada generasi yang akan datang," ujarnya.

Jokowi menyampaikan Geopark bukan saja tempat konservasi. Namun, kata dia, kawasan Geopark dapat dikembangkan untuk edukasi dan pengembangan ekonomi masyarakat sekitar melalui geowisata.

"Sehingga menjadi keseimbangan antara konservasi lingkungan dengan pemanfaatannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat," jelas Jokowi.


Jadi Tempat Wisata

Selain untuk edukasi bagi anak-anak bangsa, dia menilai Geopark juga bisa dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik. Wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam, sejarah geologi dan keragaman budaya di Geopark, tetapi dapat ikut terlibat untuk mengonservasi lingkungan.

"Saya melihat Geopark cocok dengan tren pariwisata saat ini di masa pandemi yang mengedepankan ecotourism dan wellness tourism," ucap dia.

Jokowi menyebut tata kelola yang baik merupakan kunci utama keberhasilan pengembangan Geopark. Oleh sebab itu, dia meminya agar pegiat Geopark, akademisi, dan masyarakat setempat dilibatkan untuk memperbaiki tata kelola Geopark.

"Lahirkan gagasan yang inovatif, lakukan terobosan-terobosan yang konkrit, yang menyeimbangkan antara konservasi dengan ekonomi," tuturnya.

"Saya berharap semua elemen bangsa bergerak menjadi bagian dari gerakan konservasi Geopark," sambung Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya