Jokowi Minta Gubernur Jambi Segera Selesaikan Jalur Khusus Transportasi Batu Bara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar Gubernur Jambi Al Haris segera menyelesaikan jalur khusus transportasi batu bara di daerahnya.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 16 Mei 2023, 15:52 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 15:52 WIB
Jokowi Kunjungan Kerja di Jambi
Dalam kunjungan kerjanya di Jambi Presiden Jokowi sempat meninjau langsung ke SMKN 4 Kota Jambi dan memesan kemeja putih karya siswa di sekolah itu. (LIputan6.com/istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar Gubernur Jambi Al Haris segera menyelesaikan jalur khusus transportasi batu bara di daerahnya. Pasalnya, selama ini transportasi pengangkut batu bara masih melewati jalan umum.

"Seharusnya jalan batu bara itu ada jalan khusus, tapi disini kan belum ada. Tapi tadi Pak Gubernur (Jambi) sudah menyampaikan, sudah akan segera dimulai, sehingga nanti antara jalan umum dan jalan batu bara itu sendiri-sendiri," jelas Jokowi kepada wartawan usai meninjau jalan rusak di ruas jalan Kota Jambi-Sungai Gelam, Provinsi Jambi, Selasa (16/6/2023).

Dia pun menargetkan pembangunan jalur khusus angkutan batu bara di Jambi rampung sesegera mungkin. Jokowi mengatakan pemerintah daerah (pemda) Jambi dapat mengerjakannya melalui skema investasi.

"Secepat-cepatnya (selesai). Tadi saya sudah perintahkan ke Pak Gubernur diselesaikan secepat-cepatnya baik lewat pola investasi maupun pakai pola yang lain," kata dia.

Disisi lain, Jokowi menyebut pembangunan jalan tol di Jambi tak mengalami hambatan. Untuk itu, dia menargetkan jalan tol di Jambi selesai pada 2024.

"Segera diselesaikan. Insyaallah 2024 selesai, saya tidak mendengar ada hambatan. Artinya, sesuai jadwal tahun depan," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengecek langsung infrastruktur ruas jalan Kota Jambi-Sungai Gelam, Provinsi Jambi, Selasa (16/6/2023). Jokowi menyebut ruas jalan tersebut mengalami kerusakan parah.

Adapun Jokowi melewati ruas jalan Kota Jambi-Sungai Gelam dengan menggunakan mobil kepresidenan, berplat nomor Indonesia 1. Jalan yang dilewati Jokowi tampak tak beraspal hingga berbatu.

"(Jalannya) rusak parah, udah ngerasakan sendiri, masak harus saya sampaikan," kata Jokowi kepada wartawan usai melewati ruas jalan Kota Jambi-Sungai Gelam, Provinsi Jambi, Selasa (16/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ambil Alih Perbaikan Jalan di Jambi

Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Jambi
Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat saat meninjau jalan produksi nanas yang rusak parah di Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Muaro Jambi, Selasa (16/5/2023). Pemerintah pusat mengambil alih perbaikan jalan produksi nanas di desa itu. (Liputan6.com/Pemkab Muaro Jambi)

Jokowi menyampaikan pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan rusak di Jambi, baik yang statusnya jalan provinsi maupun kabupaten/kota. Proses pengerjaan perbaikan jalan akan dimulai pada Juli-Agustus 2023.

"Yang ini, yang tadi jalan kabupaten, yang ini jalan provinsi. Ini juga akan diambil alih oleh pusat dan juga segera dikerjakan," jelasnya.

"Karena kalau ndak yang namanya jalan logistik itu sangat penting sekali, yang namanya jalan produksi itu sangat penting sekali. Sehingga, itu yang didahulukan. Apalagi rusak parah harus segera di kerjakan," sambung Jokowi.

Infografis Pernyataan Jokowi Usai Jajal Jalan Rusak di Lampung. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pernyataan Jokowi Usai Jajal Jalan Rusak di Lampung. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya