Bobby Nasution Sambangi Markas DPP PKB, Disambut Karpet Merah

Menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution datang ke Markas DPP PKB untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) Sumatera Utara pada Pilkada 2024.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 04 Jun 2024, 14:33 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2024, 14:32 WIB
Bobby Nasution Disambut Karpet Merah di Markas PKB
Menantu Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyambangi Kantor DPP PKB di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024). Kedatangan Bobby disambut dengan hamparan karpet merah. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyambangi Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Pantauan di lokasi, Bobby Nasution tiba sekitar pukul 14.10 WIB. Tampak karpet merah sudah digelar untuk menyambut menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

Menurut Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi Teknologi DPP PKB, Ahmad Iman Sukri, kehadiran Bobby Nasution untuk mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) bakal calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara (Pilkada Sumut) 2024.

"Bobby diundang untuk UKK di DPP PKB bersama cagub yang lain," kata Iman Sukri kepada awak media di Kantor DPP PKB Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Selain Bobby, lanjut Iman, ada juga nama lain seperti Edy Rahmayadi. Namun, sosok pensiunan Jenderal TNI bintang tiga itu sudah menjalani UKK beberapa waktu lalu. 

"Beliau (Edy Rahmayadi) sudah (UKK)," ujarnya.

Ikut Penjaringan di Gerindra

Diberitakan sebelumnya, Bobby Nasution juga sudah menyerahkan berkas formulir pendaftaran penjaringan bakal calon gubernur (Bacagub) Sumatera Utara ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada Senin (20/5/2024) malam.

Hal itu dilakukan Bobby usai dirinya menyatakan bergabung dengan partai politik pimpinan Prabowo Subianto tersebut.

"(Saya) memberanikan diri untuk mendaftar sebagai calon gubernur Sumut, sebagai kader Gerindra sendiri,” ucap Bobby.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKB Punya 3 Jagoan di Pilgub Sumut

PKB mengakui menjalin komunikasi dengan dua sosok yang digadang-gadangkan akan maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024. Keduanya yakni, Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Bobby Nasution dan mantan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

"Untuk Sumut ada tiga calon gubernur yang nampaknya serius untuk berkompetisi. Pertama, Pak Bobby, yang kedua Edy Rahmayadi, terakhir Pak Ijeck. Sejauh ini komunikasi ke PKB baru dua, yaitu Pak Bobby dan Edy Rahmayadi," kata Ketua DPP PKB Ahmad Iman Sukri dalam konferensi pers di Kantor DPP PKB Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Dia mengatakan PKB belum memutuskan arah dukungan untuk Pilgub Sumatera Utara 2024. Iman menuturkan partainya masih melakukan pemetaan dan diskusi terkait dukungan di Pilgub Sumut 2024.

"Jadi gubernur ini last minute lah karena ini penting kan, pemetaanya, diskusinya, ini penting melibatkan ketua umum (PKB) dan lintas partai," jelasnya.

 


Rekomendasi Akan Diberikan di Akhir Juli 2024

Kendati begitu, dia mengaku ada arahan dukungan kepada salah satu tokoh yang sudah menjalin komunikasi dengan PKB. Hanya saja, Iman tak mau mengungkapkan siapa sosok yang kemungkinan besar akan diusung PKB sebagai bakal calon Gubernur Sumut.

"Ada sih (arahan), tapi masih rahasia lah ya," ujar Iman.

Dia memastikan PKB sudah memberikan rekomendasi kepada calon gubernur pada akhir Juli 2024. Pasalnya, PKB masih melihat seberapa besar elektabilitas para bakal calon gubernur.

"Hitungan saya sih Juli akhir itu sudah final," ucap Iman.   

Infografis Gibran Kembalikan KTA PDIP dan Kegalauan Bobby Nasution
Infografis Gibran Kembalikan KTA PDIP dan Kegalauan Bobby Nasution (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya