Jokowi: Urbanisasi Jakarta Urusan Pemerintah Pusat

"Saya kan tugasnya hanya perencanaan. Urusan itu (urbanisasi) saya rasa harusnya diurus pemerintah pusat," ucap Jokowi.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 23 Des 2013, 19:25 WIB
Diterbitkan 23 Des 2013, 19:25 WIB
jokowi-pujian-131211-a.jpg
Gubernur DKI Jakarta Jokowi tak mau disalahkan ketika arus urbanisasi di Jakarta membludak hingga tak terbendung. Menurutnya, soal urbanisasi adalah tanggungjawab pemerintah pusat.

"Saya kan tugasnya hanya perencanaan. Urusan itu (urbanisasi) saya rasa harusnya diurus pemerintah pusat, karena peredaran uang kan tidak hanya di Jakarta, di daerah-daerah juga," ujar Jokowi saat menghadiri diskusi dengan tema 'Membangun Pelayanan Publik di Kantor Kemenkumham', Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2013).

Pria bernama lengkap Joko Widodo ini menuturkan, agar Jakarta tak dibanjiri ledakan penduduk seharusnya pemerintah pusat mendorong pembangunan di seluruh daerah.

"Supaya apa? Agar orang di daerah cari pekerjaaan di daerahnya. Kalau sekarang kan lihat saja, nggak usah di luar daerah, di sekitar Jakarta saja masih ada gap. Coba saja lihat, ini yang menurut saya belum dilakukan oleh pemerintah pusat," tutur Jokowi.

Jokowi menilai, jika pemerintah pusat serius menangani masalah urbanisasi, maka membanjirnya penduduk dari daerah ke Jakarta dapat semakin ditekan. Masalahnya, Ibukota masih menjadi kawasan yang menggiurkan bagi masyarakat yang ingin mengubah nasib.

"Problemnya ini kan banyak daerah di Indonesia yang miskin, cari pekerjaan sulit. Di Jakarta pekerjaannya tinggi, peredaraan uang tinggi, kalau ada gula, semutnya datang," tuturnya.

"Kita kan juga nggak bisa mendorong APBD Jakarta ke daerah lain. Saya bisa dihabisi DPRD, makanya pusat harus mendorong," pungkas Jokowi. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya