Prabowo Ungkap Alasan Gibran Tidak Hadir saat Deklarasi Cawapres

Bakal calon presiden Prabowo Subianto resmi mengumumkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden pada pilpres 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Okt 2023, 22:25 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2023, 22:25 WIB
Koalisi Indonesia Maju Resmi Usung Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka resmi diusung setelah semua ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden Prabowo Subianto resmi mengumumkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden pada pilpres 2024.

Hal ini disampaikan oleh Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Saat deklarasi, turut dihadiri oleh semua ketua umum hingga sekjen partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Namun, putra sulung Presiden Jokowi itu tidak hadir dalam deklarasi. Meski pagi tadi Gibran Rakabuming Raka sempat melakukan kunjungan ke Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Prabowo mengungkapkan alasan calon pasangannya itu tidak hadir dalam deklarasi malam ini.

"Ada rapat kalau enggak salah, (bahas) APBD. Kalau enggak salah, iya," kata Prabowo kepada wartawan.

Koalisi Indonesia Maju resmi mengumumkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto.

Pengumuman Gibran itu disampaikan langsung Prabowo dengan didampingi para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju di kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan tidak akan melakukan pasangan capres-cawapres, karena langsung mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 25 Oktober 2023.

"Ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 Oktober, hari Rabu, kita akan daftar di KPU," kata Prabowo.

Sebelum dilakukan pengumuman, menurut Prabowo, keputusan Gibran sebagai cawapres telah dirembukkan oleh sejumlah ketua umum hingga sekjen partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju.

"Saya kira tidak perlu ada pertanyaan lagi. Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus. Dan kita siap maju untuk Indonesia maju," pungkas Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil dan Harta Kekayaan Gibran Putra Sulung Jokowi

Banner Infografis Heboh Isu Gibran Bakal Loncat Pagar ke Golkar. (Foto: Liputan6.com)
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Liputan6.com)

Gibran lahir di Solo pada 1 Oktober 1987. Dia menghabiskan pendidikan dasarnya di Kota Batik. Namun saat lulus SMP, Gibran melanjutkan pendidikannya di Singapura, tepatnya di Orchid Park Secondari School di tahun 2002.

Kemudian setelah lulus SMA, putra sulung dari Presiden Jokowi menempuh pendidikan di Management Development Institute of Singapore (MDIS). Selepas lulus di universitas tersebut, Gibran masih ingin berkuliah lagi hingga melanjutkan studinya di University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus di tahun 2010.

Setelah lulus, bukan berarti dia bekerja di bidang teknologi sesuai jurusannya saat kuliah. Sebab di tahun 2010 dia mendirikan usaha katering yang diberi nama Chilli Pari.

Usahanya ini kemudian mengantarkan Gibran menduduki jabatan sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Di bulan Juni 2015, Gibran menikahi mantan Putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Selvi sendiri lahir di Solo pada 9 Januari 1989.

Mengutip laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di E-LHKPN yang disampaikan pada 30 Januari 2023 untuk periode 2022, total harta Gibran mencapai Rp26.032.674.370 atau Rp26 miliar.

Harta ini berupa tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, kas dan juga harta lainnya.

Rinciannya, untuk tanah dan bangunan sebesar Rp17,33 miliar yang tersebar di Surakarta dan Sragen.

Sedangkan untuk alat transportasi dan mesin tercatat Rp332 juta. Harta ini berupa motor dengan merek Honda dan Royal Enfield. Selain itu juga ada mobil merek Toyota, Isuzu, dan Daihatsu.

Untuk lainnya adalah harta bergerak lainnya sebesar Rp260 juta dan kas sebesar Rp3,1 miliar. Gibran juga memiliki harta lainnya sebesar Rp5,5 miliar.

Selain harta, Gibran Rakabuming Raka juga memiliki utang sebesar Rp551,5 juta.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Infografis Harta dan Gurita Bisnis Gibran Rakabuming Raka. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Harta dan Gurita Bisnis Gibran Rakabuming Raka. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya