TPN Optimistis Mahfud Md Kuasai Debat Cawapres, Hasto: Temanya Ganjar Banget

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud Md, Hasto Kristiyanto optimistis Mahfud Md akan menguasai jalannya debat cawapres.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 22 Des 2023, 19:02 WIB
Diterbitkan 22 Des 2023, 19:02 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat safari politik dan konsolidasi di kantor DPC PDIP Tangerang Selatan, Banten, Senin (11/12/2023).
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat safari politik dan konsolidasi di kantor DPC PDIP Tangerang Selatan, Banten, Senin (11/12/2023). (Dok. Tim PDIP)

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud Md, Hasto Kristiyanto optimistis Mahfud Md akan menguasai jalannya debat cawapres.

Bukan tanpa alasan, tema kali ini sangat relevan dengan program-program yang akan dijalani oleh Ganjar-Mahfud Md bila terpilih menjadi presiden.

"Semuanya sangat terkait dengan Pak Ganjar-Mahfud. Jadi temanya Ganjar banget," kata dia soal debat kedua Pilpres 2024 di JCC, Jakarta Pusat Jumat (22/12/2023).

Hasto memaparkan komitmen pasangan calon Ganjar-Mahfud Md menciptakan lapangan pekerjaan, menurunkan angka kemiskinan melalui program KTP Sakti. Karena itu, Hasto yakin Mahfud Md mampu menampilkan gagasan terbaik bagi wong cilik.

"Yang diharapkan rakyat adalah keadilan, keadilan dalam tanah ekonomi, keadilan dalam distribusi bansos, keadilan dalam pemberian kartu Indonesia pintar, kartu Indonesia sehat untuk orang miskin, keadilan agar satu orang rumah tangga miskin dapat difasilitasi oleh negara jadi 1 sarjana, itu semua terintegrasi dengan kebijakan KTP Sakti," ujar dia.

Sebelumnya, Jakarta Convention Center (JCC) menjadi lokasi debat sesi kedua Pemilihan Presiden (Pilpres), Jumat (22/12/2023). Pada debat kali ini, giliran calon wakil presiden (Cawapres) yang akan unjuk gigi menyampaikan gagasan, visi, dan misinya kepada publik.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, pukul 16.00 WIB, sejumlah persiapan jelang debat cawapres 2024 sedang dilakukan. Mulai dari setting kamera, gladi resik di dalam panggung, hingga penyisiran tim keamanan dan personel kepolisian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengamanan Debat Cawapres 2024

Debat nantinya akan dimulai tepat pukul 19.00 WIB dan akan disiarkan secara serentak di hampir seluruh stasiun televisi nasional dengan Transcorp, Kompas TV, dan BTV yang akan bertindak sebagai TV pool. Selain lewat televisi, debat juga bisa disaksikan melalui platform daring seperti Youtube.

Polri menyatakan akan mengerahkan sebanyak 2.464 personelnya untuk mengamankan acara debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC).

"Total (personel pengamanan) Polri 2.464 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya.

Ribuan personel itu terdiri dari 166 personel Satgaspus, 298 Satgasres, dan sisanya merupakan personel Satgasda yang akan disebar ke beberapa titik sekitar JCC.

Sementara untuk antisipasi kemacetan jelang debat, kata Trunoyudo pihaknya masih menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar JCC. Namun demikian rekayasa lalu lintas yang akan disiapkan nantinya masih bersifat situasional. "Untuk rekayasa lalu lintas masih situasional," ucap Trunoyudo.


Model Panggung Semi Town Hall

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, debat bakal dilakukan dengan konsep semi town hall meeting. Setiap kandidat calon wakil presiden mulai dari Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD bakal berada di tengah panggung. Sedangkan masing-masing pasangannya, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan berada di barisan penonton.

“KPU pun mengizinkan tiap paslon membawa 75 orang timnya dalam debat, penonton sisanya merupakan undangan dari KPU,” jelas August saat dikonfirmasi terpisah.

Sebagai informasi, tema debat yang akan dibahas malam nanti adalah ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, pajak dan tata kelola APBN/APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan. 

Debat akan dimoderatori oleh jurnalis dari Transcorp Alfito Deannova Ginting dan jurnalis Kompas TV Liviana Cherlisa.

Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya