Bisa Jadi Alternatif Wisata, Ini Deretan Tempat Kamping Seru di Yogyakarta

Sejumlah fasilitas juga ditawarkan supaya pengunjung yang datang bisa nyaman saat kamping.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 14 Nov 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2023, 08:00 WIB
Waduk Sermo, Tempat Wisata Lain di Jogja
Jangan pernah anda berfikir bahwa Jogjakarta tidak memiliki danau yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk berwisata.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi kamu yang bosan dengan hiruk pikuk perkotaan dan ingin menikmati liburan di alam terbuka, camping atau kamping bisa jadi salah satu opsi yang menyenangkan. Di Yogyakarta cukup banyak tempat-tempat yang bisa akses untuk kamping. Mulai dari spot pantai, perbukitan, hingga gunung. Untuk harga tiket masuk atau biaya retribusinya juga beragam.

Sejumlah fasilitas juga ditawarkan supaya pengunjung yang datang bisa nyaman saat melakukan kamping. Bahkan ada juga yang menyediakan tempat untuk sekalian outbound.

Berikut ini lima rekomendasi tempat Kamping di Yogyakarta:

1. Waduk Sermo

Kamping di Waduk Sermo menawarkan sensasi berbeda dari kamping di kawasan perbukitan atau pantai. Tempat ini salah satu spot yang sering dikunjungi tak hanya untuk camping, melainkan sesi foto prewed, wisata hingga memancing.

Waduk Sermo adalah bendungan yang berada di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Bagi yang ingin kamping, di sana ada fasilitas glamour camping (glamping) di Sermo Glamour Camp.

Wisatawan yang menginap di tenda bisa beraktivitas di kawasan itu, misalnya dengan naik kayak, perahu, memancing, barbeque,dan api unggun.

 


2. Ledok Sambi

Camping di Ledok Sambi punya daya tarik tersendiri. Wisatawan akan merasakan sensasi kamping di pinggir sungai. Kawasan itu berada di area lembah tepi sungai.

Panorama tepi sungai dan Gunung Merapi akan terlihat jika pagi hari. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Di sana wisatawan juga mengikuti kegiatan, flying fox, paintball, river tubing, hingga outbond. Untuk camping, biaya per malam dibanderol Rp35.000.

3. Bukit Klangon

Bukit Klangon berlokasi di puncak Gunung Merapi. Bukit ini hanya sekitar empat kilometer dari puncak Gunung Merapi. Lokasinya berada di Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Spot ini salah satu tempat favorit yang sering digunakan untuk bercamping, tapi syarat wajib untuk kamping di sini adalah mengetahui kabar terkini aktivitas Gunung Merapi.

Wisatawan yang ingin kamping biasanya akan ditarik biaya retribusi sekitar Rp10.000 per orang.

 


4. Bukit Lintang Sewu

Di selatan Yogyakarta ada spot kamping menarik di Bukit Lintang Sewu. Tempat ini punya fasilitas glamping untuk wisatawan yang hendak kamping. Tak hanya itu, di sana juga menawarkan spot foto, restoran, hingga area outbond.

Kabarnya, nama Bukit Lintang Sewu diambil lantaran ketika puncak bukit, para pengunjung bisa melihat bintang di langit dan kerlap-kerlip lampu Yogyakarta pada malam hari.

Bukit Lintang Sewu berlokasi di ketinggian 500 mdpl, di Dusun Karangasem, Kelurahan Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Untuk tiket masuk per orang dibanderol Rp5.000, mereka juga menawarkan sewa tenda mulai dari Rp18000.

5. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok adalah spot kamping di pantai yang cukup terkenal. Dengan pemandangan pantai pasir putih, kesan eksotis ada didapat saat kamu datang ke pantai itu.

Pantai Watu Kodok berlokasi di Kelor Kidul, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi untuk camping di sana tak jauh dengan Pantai Kukup dan Puncak Kosakora.

Untuk yang hendak kamping, siapkan uang sebesar Rp10.000 untuk tiket masuk per orang, dan biaya tambahan untuk camping sebesar Rp10.000.

(Taufiq Syarifudin)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya