Menjelajahi Keindahan Gunung Merapi Sambil Berlari, Begini Cara Daftarnya

Tidak heran, kawasan wisata Gunung Merapi selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

oleh Tifani diperbarui 09 Mei 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2024, 06:00 WIB
Aktivitas Merapi
Gunung Merapi, gunung berapi paling aktif di Indonesia, memuntahkan abu dan lava seperti yang terlihat dari Sleman di Yogyakarta pada Rabu dini hari (11/8/2021). Perlu diketahui hingga saat ini, BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi pada Siaga (Level III). (Daffa Ramya Kanzuddin/AFP)

Liputan6.com, Yogyakarta - Kawasan wisata Gunung Merapi merupakan salah satu tempat tujuan wisata populer saat akhir pekan tiba. Wisatawan dapat melihat pemandangan megahnya Gunung Merapi sekaligus lanskap alam Kota Yogyakarta dari ketinggian ditemani udara segar.

Selain itu, ada juga berbagai tempat wisata menarik di kawasan wisata ini, mulai dari aneka tempat foto estetik hingga tempat wisata yang menantang adrenalin. Tidak heran, kawasan wisata Gunung Merapi selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Namun, kini ada cara baru untuk menikmati cantiknya pemandangan alam di Kawasan Wisata Gunung Merapi, yakni dengan lomba lari. Sport tourism bertajuk Nusantara TV Ambarrukmo Volcano Run 2024 bakal digelar di Museum Gunung Api Merapi Sleman Yogyakarta pada Minggu (12/5/2024).

Ajang olahraga ini akan diikuti lebih dari 2000 pelari yang akan dibagi menjadi tiga kategori. Tiga kategori utama dalam gelaran lari maraton ini, yakni 5k, 10k, dan 21 k.

Ketiga kategori ini akan melewati jalur yang berbeda, masing-masing jalur memiliki rute dengan kesulitan yang bervariasi. Rute lari Nusantara TV Ambarrukmo Volcano Run 2024 didesain untuk memacu ketahanan dan kekuatan peserta.

Para peserta akan diuji dengan melewati berbagai medan, mulai dari tanah berbatu hingga jalur menanjak. Nantinya, para peserta Nusantara TV Ambarrukmo Volcano Run 2024 dapat menikmati keindahan alam lereng Gunung Merapi sambil berlari. Tak hanya itu, peserta dapat berinteraksi dengan budaya masyarakat setempat.

Managing Director Ambarrukmo Group, Haris Susanto mengatakan Nusantara TV Ambarrukmo Volcano Run 2024 akan menjadi salah satu ajang promosi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Sebuah langkah inovatif dalam memperkuat citra Yogyakarta sebagai destinasi wisata dan olahraga yang unik," kata Haris pada Rabu (08/05/2024) di Yogyakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Daftar

Pendaftaran Nusantara TV Ambarrukmo Volcano Run 2024 dapat diakses melalui laman resmi https://volcanorun-jogja.com dengan biaya pendaftaran mulai Rp 300.000. Fasilitas yang diberikan Ambarrukmo untuk peserta tidak hanya sebatas keindahan rute, tetapi mencakup banyak hal.

Peserta berhak untuk memiliki official jersey, nomor BIB, exclusive bag, food & beverage vouchers, asuransi, layanan medis & fisio, refreshment, doorprizes dan masih banyak lagi. Selain memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah dan berbagai doorprize menarik, Ambarrukmo juga menggandeng UMKM untuk menyajikan jajanan khas lokal yang bisa dinikmati oleh peserta lomba.

Nusantara TV Ambarrukmo Volcano Run 2024 diharapkan dapat menjadi ajang yang meriah dan menginspirasi masyarakat untuk melestarikan alam di kawasan Gunung Merapi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya