Bank Permata Gandeng Akulaku Finance Perluas Akses Keuangan

Akulaku Finance akan menggunakan fasilitas pendanaan dari Bank Permata untuk meningkatkan kapasitas dan variasi penyaluran pembiayaan perusahaan.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Sep 2021, 06:35 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2021, 06:33 WIB
Penandatanganan perjanjian kerja sama pembiayaan Bank Permata dan Akulaku Finance Indonesia (Dok: Bank Permata)
Penandatanganan perjanjian kerja sama pembiayaan Bank Permata dan Akulaku Finance Indonesia (Dok: Bank Permata)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pembiayaan berbasis digital, yang juga bagian dari grup Akulaku, PT Akulaku Finance Indonesia, menjalin kerja sama strategis dengan PT Bank Permata Tbk (PermataBank/BNLI).  Melalui kerja sama ini Akulaku Finance memperoleh fasilitas pendanaan dari PermataBank yang akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan konsumen dan inklusi keuangan di Indonesia.

Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga mengatakan, pemberian fasilitas ini merupakan wujud tingginya kepercayaan dan besarnya komitmen yang diberikan untuk Akulaku Finance Indonesia.

Akulaku Finance akan menggunakan fasilitas pendanaan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan variasi (multi scheme of funding) penyaluran pembiayaan perusahaan kepada para pelanggan Akulaku Finance Indonesia.

"Fasilitas pendanaan dari PermataBank ini merupakan suatu fasilitas di moment of truth yang tepat, di saat peningkatan life style masyarakat  cenderung kepada digitalisasi, contacless, dan cashless. Akulaku Finance Indonesia diharapkan dapat melayani lebih banyak nasabah pembiayaan berbasis digital di seluruh Indonesia,” kata dia, ditulis Jumat (3/9/2021).

Efrinal menambahkan, kerja sama strategis dengan PermataBank ini  merupakan wujud kolaborasi yang erat dan visioner antara perbankan dan penyedia layanan pembiayaan berbasis digital, terutama dalam komitmen mewujudkan inklusi keuangan dan memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah Akulaku Finance Indonesia dan PermataBank.

Efrinal menuturkan, bank dan pelaku usaha jasa keuangan digital seperti Akulaku Finance mesti semakin banyak berkolaborasi untuk memperkuat ekosistem dan data mining satu sama lain terutama dalam menghadapi perubahan seperti yang terjadi saat ini. 

“Kepercayaan dari mitra perbankan ini akan terus kami jaga dengan mengimplementasikan langkah-langkah mitigasi risiko yang baik," ujar Efrinal.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dukung Pertumbuhan Bisnis Pembiayaan Konsumen

Bank Permata
Bank Permata

Direktur Retail Banking PermataBank  Djumariah Tenteram mengatakan kerja sama ini merupakan komitmen PermataBank untuk terus mengembangkan digitalisasi perbankan dan mendukung perkembangan mitra strategisnya.

Kemitraan dengan Akulaku Finance Indonesia sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi terkemuka dan memiliki portofolio customer base yang luas, dinilai sesuai dengan selera risiko (risk appetite) PermataBank saat ini. 

“Melalui kemitraan ini kami berharap dapat menjangkau konsumen unbanked dan underserved yang jumlahnya masih cukup besar sekaligus memberikan akses  keuangan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia," kata Djumariah.

PermataBank terus membangun kemitraan dengan berbagai mitra strategis untuk memperluas penetrasi pangsa pasar dan sekaligus mempererat kolaborasi dengan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi.

Strategi ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan bisinis pembiayaan konsumen yang mengalami dampak dalam kondisi pandemi dan mendukung kinerja PermataBank sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia. 

Pada kuartal II 2021, pendapatan operasional PermataBank tumbuh 19 persen (year on year/YoY), didukung dengan pertumbuhan total aset sebesar 34,8 persen YoY menjadi sebesar Rp212,9 triliun. PermataBank  tercatat sebagai salah satu dari 10 bank komersial terbesar di Indonesia berdasarkan total aset.

Akulaku Finance mencatatkan performa penyaluran pembiayaan senilai lebih dari Rp4,9 triliun pada sepanjang semester pertama 2021, dengan tingkat NPF (nett) sebesar 0,6 persen. Akulaku Finance menargetkan penyaluran pembiayaan Rp7 triliun pada 2021.

 

Reporter: Elizabeth Brahmana

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya