Bikin Film Cinta Tak Pernah Tepat Waktu, Hanung Bramantyo Ngaku Tak Butuh Bintang Melainkan Aktor

Hanung Bramantyo mengaku tak butuh bintang. Yang dibutuhkan film Cinta Tak Pernah Tepat Waktu adalah aktor yang bisa akting dan paham konteks dialog.

oleh Wayan Diananto diperbarui 02 Agu 2024, 20:40 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 20:40 WIB
Hanung Bramantyo
Hanung Bramantyo mengaku tak butuh bintang. Yang dibutuhkan film Cinta Tak Pernah Tepat Waktu adalah aktor yang bisa akting dan paham konteks dialog. (Foto: Dok. Koleksi Pribadi Hanung Bramantyo)

Liputan6.com, Jakarta Mengintip barisan pemain film Cinta Tak Pernah Tepat Waktu karya Hanung Bramantyo sangat menarik. Ada pemain muda Refal Hady, Carissa Perusset dan Nadya Arina hingga aktor kaliber Piala Citra Meriam Bellina, Slamet Rahardjo serta Dewi Irawan.

Sutradara Hanung Bramantyo terang-terangan mengaku tak butuh bintang. Yang dibutuhkan Cinta Tak Pernah Tepat Waktu adalah aktor yang benaran bisa akting dan memahami konteks dialog karakter.

“Bekerja sama dengan para aktor, itu sebenarnya pilihan pertama. Saya memang ingin bekerja dengan aktor, bukan bekerja dengan bintang. Dari awal masuk ke dunia film, saya selalu melihat aktor,” katanya.

Hanung Bramantyo berpendapat, aktor akan muncul mempresentasikan pola pikir dan psikologisnya. Cerita jadi menarik ketika menampilkan perjalanan psikologis. Itu pula yang tersaji dalam film-film Hanung Bramantyo selama ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjalanan Psikologis Karakter

Poster film Cinta Tak Pernah Tepat Waktu. (Foto: Dok. Instagram @refalhady)
Poster film Cinta Tak Pernah Tepat Waktu. (Foto: Dok. Instagram @refalhady)

Ia memulai premis dengan pertanyaan kenapa Daku (diperankan Refal Hady) melakukan sebuah tindakan? Kenapa Daku takut kala diminta pacar bertemu ayahnya. Hanung Bramantyo mendekatkan diri dengan pola pikir Daku hingga menemukan jawabnya.

“Saya dekatkan dengan diri saya dulu. Saya harus menemukan jawabannya di saya. Setelah itu saya bisa share ke para pemain lain,” beri tahu Hanung Bramantyo kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2024).


Yang Ganteng dan Cantik

Hanung Bramantyo. (Foto: Dok. MVP Pictures)
Hanung Bramantyo. (Foto: Dok. MVP Pictures)

Sutradara film Ayat-ayat Cinta dan Ipar Adalah Maut menyatakan saat syuting, dialog di skrip dengan di depan kamera tidak 100 persen sama. Itu kadang membuat Hanung Bramantyo kerepotan bekerja dengan bintang.

“Apalagi yang follower-nya buanyak banget, yang ganteng dan cantik. Mereka percaya diri bahwa dengan kegantengan dan kecantikannya itu, sehingga lupa sedang bermain sebagai manusia. Mereka protes: Lo, dialognya di skenario enggak kayak begini!” keluhnya.

 


Aktor dan Nilai Tambah

Hanung Bramantyo. (Foto: Dok. Instagram @hanungbramantyo)
Hanung Bramantyo. (Foto: Dok. Instagram @hanungbramantyo)

Menyandingkan para aktor lintas generasi dalam proyek Cinta Tak Pernah Tepat Waktu membuat Hanung Bramantyo optimistis hasil akhirnya akan memuaskan. Refal Hady dan kawan-kawan disebut sebagai seniman pilihan.

“Orang pilihan. Ketika saya ngomong sama Refal: Nanti dialognya begini-begini. Dia tahu bahwa ini tidak 100 persen sama dengan skenario tapi paham konteks yang dibutuhkan seperti apa,” urai Hanung Bramantyo.

Bekerja sama dengan Slamet Rahardjo dalam Cinta Tak Pernah Tepat Waktu juga meninggalkan kesan mendalam dibenak suami Zaskia Adya Mecca. Seorang aktor bisa memberi nilai tambah dalam dialog.

“Saya belajar banget dari Mas Slamet bagaimana menyutradarai. Makanya ketika kembali ke Mas Slamet, beliau memberikan add value dalam setiap adegan. Banyak dialog yang ditambahkan oleh Mas Slamet sehingga konteksnya terasa lebih pas,” tutup Hanung Bramantyo.

infografis perfilman indonesia
Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya