Sri Mulyani Minta Kemenhub Tak Sembarangan Bangun Proyek

Sri Mulyani meminta Kemenhub mempertimbangkan beberapa proyek pembangunan infrastruktur di sektor perhubungan.

oleh Merdeka.com diperbarui 22 Okt 2018, 19:44 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2018, 19:44 WIB
Pemerintah rapat bersama Banggar
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi paparan dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Gedung Nusantara II DPR, Kamis (31/5). Rapat terkait penyampaian kerangka ekonomi makro dan pokok kebijakan dalam RAPBN 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar mempertimbangkan beberapa proyek pembangunan infrastruktur di sektor perhubungan. Menurutnya, pertimbangan itu dilakukan untuk melihat nilai keekonomian daripada proyek tersebut.

Sri Mulyani menyatakan, dalam pembangunan suatu proyek, Kemenhub harus memperhatikan betul dari seluruh aspek. Apalagi dengan kondisi ketidakpastian global saat ini, besar kemungkinan itu akan mempengaruhi nilai suatu proyek tersebut. Atau dengan kata lain akan semakin memperbesar nilai proyek tersebut.

"Kalau tidak punya program yang memiliki power of return ya tidak bagus Anda berpotensi menghasilkan beban dua kali. Pertama menghasilkan proyek yang tidak terlalu bagus. Kedua uang ini sekarang harganya menjadi mahal. jadi Anda membebani negara maupun ekonomi secara dua kali lipat," kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara dalam acara Leadership Training Kementerian Perhubungan, di Jakarta, Senin (23/10/2018).

Kondisi ini, tentu saja berbeda dengan keadaan beberapa waktu lalu. Di mana rupiah saat itu belum terdepresiasi, sehingga pembangunan apapun dilakukan dengan begitu mudahnya.

"Waktu anda semua mendesain suatu program termasuk proyek-proyek apapun kelihatan menjadi menarik. Proyek apapun bahkan proyek yang paling tidak bermutu pun bisa keren," imbuhnya.

"Kenapa? karena cots of many begitu sangat murah. Anda bisa karena uang begitu murah dan banyak," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Skema di Luar APBN

20160825- Sri Mulyani Raker Bareng Banggar DPR -Jakarta- Johan Tallo
Menkeu Sri Mulyani berjanji akan menyusun APBN yang jauh lebih realistis dan kredibel untuk tahun anggaran mendatang saat saat Raker dengan Banggar DPR, Jakarta,Kamis (25/8). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Bendahara Negara ini juga meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar tidak bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam pembangunan proyek infrastruktur di lingkungannya. Menurutnya, Kemenhub sudah harus mulai menyiapkan skema pendanaan di luar dari APBN.

"Dulu kemenhub tergantung dengan APBN. Saya selalu bilang anggaran tidak cukup. Karena seluruh dunia sudah mempertimbangkan KPBU untuk mengatasi kendala tersebut," kata Menteri Sri Mulyani

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya