Respons Mendag Saat Ekspor Indonesia Cetak Rekor di 2021

Tahun lalu, nilai ekspor mencapai lebih dari USD 200 miliar, atau mencapai USD 231,5 miliar.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 09 Feb 2022, 20:43 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2022, 20:43 WIB
Mendag Lutfi meninjau Pasar Wonokromo dan Pasar Induk Hortikultura Osowilangun di Surabaya, Jawa Timur
Mendag Lutfi meninjau Pasar Wonokromo dan Pasar Induk Hortikultura Osowilangun di Surabaya, Jawa Timur (dok: Kemendag)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berhasil mencatat realisasi ekspor tertinggi sepanjang sejarah pada 2021. Tahun lalu, nilai ekspor mencapai lebih dari USD 200 miliar, atau mencapai USD 231,5 miliar.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menilai, catatan tersebut sangat menjanjikan bagi Indonesia ke depannya. Capaian tersebut tidak bisa dilepaskan dari faktor investasi yang masuk ke Tanah Air.

"Sebagaimana dikatakan Menteri Investasi (Bahlil Lahadalia), ini adalah tahun yang akan menunjukan bagaimana karena adanya investasi kita melampaui atau sudah berhasil mewujudkan transformasi Indonesia jadi negara yang baru," ujarnya dalam Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2/2022).

Pemasukan investasi tersebut jadi modal bagi pelaku usaha Indonesia untuk mengolah bahan mentah (raw material) sebagai barang jadi ketimbang mengekspornya langsung.

Berdasarkan catatan tahun lalu, Lutfi mengatakan, empat dari lima produk ekspor Indonesia merupakan barang non-migas, yakni besi dan baja, produk elektrik, elektronik, hingga produk otomotif dan penunjangnya.

"Jadi, 2021 adalah tahun dimana kita mengevaluasi dari negara yang mengekspor bahan baku mentah dan bahan setengah jadi menjadi bahan jadi," kata Mendag Lutfi.

Hasilnya, volume ekspor pada tahun lalu juga menunjang angka surplus neraca perdagangan produk non-migas sebesar USD 48,60 miliar.

"Itu juga merupakan surplus ekspor non-migas terbesar sepanjang sejarah Indonesia," tandas Mendag Lutfi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kata Jokowi

Neraca Perdagangan RI Alami Surplus
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/10/2021). Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan neraca perdagangan Indonesia pada September 2021 mengalami surplus US$ 4,37 miliar karena ekspor lebih besar dari nilai impornya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku senang atas kinerja ekspor di sepanjang tahun 2021 lalu. Jokowi menyebut, realisasi ekspor tahun lalu menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah.

"Ekspor kita meningkat sangat tinggi di tahun 2021, tumbuh 41,9 persen dengan nilai USD 232 miliar. Tertinggi sepanjang sejarah, dimana salah satunya didorong oleh industrialisasi, hilirisasi, besi dan baja," ujarnya dalam Mandiri Investment Forum di Jakarta, Rabu (9/2/2022)

Selain ekspor, kinerja impor Indonesia juga Begitu mampu mencatatkan pertumbuhan sebesar 38,6 persen. Jokowi menilai, pertumbuhan tersebut mengindikasikan adanya perbaikan aktivitas ekonomi domestik.

"Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) juga kembali pada tingkat yang optimis sebesar 118,3 pada Desember 2021. Sehingga, mendorong belanja masyarakat ke tingkat yang lebih tinggi dimasa sebelum pandemi, sebagaimana ditunjukkan oleh indeks belanja yang disusun oleh mandiri sekuritas, " imbuhnya.

Jokowi menambahkan, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia mampu mengalahkan PMI Asia di periode Januari 2022. Tercatat PMI manufaktur Indonesia berada di level 53,7.

"Kita bersyukur saat ini beberapa indikator ekonomi menunjukkan tren yang semakin baik. PMI index manufaktur per Januari 2022 berada di level 53,7 pada zona ekspansi. Dan lebih tinggi dari PMI Asia di level 52,7," ucapnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya