5 Gejala Kanker Payudara yang Jarang Diketahui dan Perlu Diwaspadai Semua Orang

Berikut adalah beberapa gejala kanker yang kurang dikenal yang perlu kita waspadai.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 18 Okt 2024, 17:06 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 17:06 WIB
[Fimela] Kanker payudara
Ilustrasi kanker payudara | unsplash.com

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita dan bahkan pria mengetahui tanda-tanda utama kanker payudara seperti benjolan yang tidak biasa dan puting susu terbalik yang lebih dikenal.

Namun, kondisi ini tidak selalu memiliki tanda-tanda yang jelas yang dapat Anda lihat atau rasakan. Inilah sebabnya mengapa mammogram sangat penting, tetapi ada juga tanda-tanda kanker payudara yang kurang dikenal yang perlu diwaspadai.

Berikut adalah beberapa gejala kanker yang kurang dikenal yang perlu kita waspadai. Dihimpun dari Mirror, ini dia.

1. Puting susu bocor

Kebocoran cairan dari salah satu atau kedua puting susu kemungkinan besar adalah ASI jika Anda baru saja melahirkan. Namun, jika bayi atau anak yang akan lahir belum ada dalam kehidupan Anda, kebocoran bisa menjadi tanda kanker payudara yang sangat dini.

Sebuah penelitian menunjukkan dua wanita mengeluarkan cairan berwarna putih dari puting susu mereka dan menunjukkan kanker. Mammogram menemukan bintik-bintik kecil dan luas yang mendorong pengangkatan payudara mereka karena mereka menderita karsinoma intraduktal, menurut webmd.com. Ini diketahui sebagai bentuk awal kanker payudara.

Namun, kemungkinan besar itu BUKAN tanda kanker payudara karena ratusan wanita yang mengalami keputihan tidak mengidap penyakit tersebut. Orang-orang mungkin juga mengalami galaktorea - keputihan yang disebabkan oleh hormon prolaktin.

2. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening dapat membengkak saat Anda menderita kanker dan juga dapat membengkak di dekat ketiak atau tulang selangka. Kelenjar getah bening juga dapat terlihat sebelum tumor payudara dapat dirasakan. Jika Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, terutama di dekat area yang disebutkan sebelumnya, sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter.

 

3. Keluarnya cairan dari puting susu berdarah

Cancer
Ilustrasi kanker (Sumber: Pixabay)

Wanita takut mereka menderita kanker payudara jika noda darah muncul di bra mereka atau menemukan puting susu berlumuran darah. Terkadang mereka benar, tetapi ini biasanya tidak berbahaya. Alasan lain untuk mengalami puting susu berdarah atau keluarnya cairan dapat disebabkan oleh pertumbuhan di saluran payudara yang bukan kanker.

Ektasia duktus dapat menyebabkan penumpukan cairan ketika saluran menjadi lebih lebar dan lebih tebal. Pakaian yang bergesekan dengan payudara Anda dapat menyebabkan pendarahan jika Anda aktif secara fisik. Jika Anda tidak tahu mengapa puting susu Anda berdarah, Anda harus memberi tahu dokter Anda. Jika hal ini sering terjadi, ada cara lain untuk menghentikan pendarahan termasuk operasi.

 

4. Puting gatal

Lakukan pemeriksaan payudara baik sendiri maupun tenaga kesehatan untuk mendeteksi dini kanker payudara (Foto: ilustrasi Pexels)
Lakukan pemeriksaan payudara baik sendiri maupun tenaga kesehatan untuk mendeteksi dini kanker payudara (Foto: ilustrasi Pexels)

Ini adalah kondisi umum dan rasa gatal dapat diatasi dengan krim antigatal. Ada bentuk kanker payudara langka yang disebut penyakit Paget yang merupakan pengecualian. Penyakit ini dimulai pada puting sebelum menyebar ke areola.

Gejala utamanya adalah rasa gatal, tetapi dapat bermanifestasi sebagai kesemutan atau kemerahan pada puting; kulit mengelupas, berkerak, atau menebal; puting datar atau keluarnya cairan kuning atau berdarah. Kondisi ini juga dapat terlihat mirip dengan dermatitis atau eksim. Namun, Anda harus menemui dokter jika rasa gatal tidak hilang dengan perawatan sederhana.

 

5. Payudara bengkak dan nyeri

kanker payudara
Ilustrasi logo kanker payudarah. (Foto: Unsplash/Angiola Harry)

Infeksi dapat menyebabkan gejala ini, tetapi kanker payudara inflamasi dapat dipicu oleh gejala-gejala ini. Seringkali tidak terlihat sebagai benjolan. Namun payudara bisa tampak lebih besar, berubah warna, berkerut atau berlesung pipit seperti kulit jeruk. Payudara juga bisa terasa nyeri atau sakit.

Pada jenis kanker ini, sel-sel yang sakit menyumbat saluran limfa payudara, tempat cairan biasanya mengalir keluar. Penyumbatan menyebabkan penumpukan cairan dan pada gilirannya menimbulkan gejala-gejala yang disebutkan di atas.

Infografis Hakim Cuti Massal Tuntut Kenaikan Gaji dan Tunjangan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Hakim Cuti Massal Tuntut Kenaikan Gaji dan Tunjangan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya