Permintaan Bitcoin di AS Meningkat, Ada Apa?

Bitcoin (BTC) meski alami permintaan meningkat. Namun, pertumbuhan permintaan Bitcoin secara keseluruhan berada pada level rendah dan tetap negatif selama beberapa minggu terakhir.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 01 Sep 2024, 14:02 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 14:02 WIB
Permintaan Bitcoin di AS Meningkat, Ada Apa?
Permintaan bitcoin (BTC) di Amerika Serikat telah meningkat.(Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)

Liputan6.com, Jakarta - Permintaan bitcoin (BTC) di Amerika Serikat telah meningkat. Hal itu menyusul pernyataan ketua Federal Reserve Jerome Powell pada simposium Jackson Hole minggu lalu.

Namun, peningkatan ini belum sampai ke pasar kripto yang lebih luas. Menurut laporan CryptoQuant, BTC menguat karena meningkatnya minat investor di Amerika Serikat (AS). Namun, pertumbuhan permintaan Bitcoin secara keseluruhan berada pada level rendah dan tetap negatif selama beberapa minggu terakhir.

Peningkatan permintaan Bitcoin dari investor AS terlihat jelas dari lonjakan Coinbase Premium, yang melonjak hingga 0,11%, level tertingginya sejak Juli. Kenaikan metrik ini menunjukkan platform perdagangan lokal mengalami permintaan yang lebih tinggi dari investor AS daripada bursa di luar negeri.

Melansir Crypto Potatao, MInggu (1/9/2024), data CryptoQuant mengatakan itu adalah tanda bahwa BTC telah mulai mengalir dari platform perdagangan non-AS ke Coinbase, sebuah pergerakan yang biasanya terlihat selama pasar bullish dan indikasi tren kenaikan harga bitcoin.

Metrik Inter-exchange Flow Pulse (IFP), yang mengukur jumlah kumulatif satu tahun dari aliran bersih BTC antara Coinbase dan bursa lainnya, juga meningkat sebagai indikasi aset tersebut mengalir ke platform kripto berbasis di AS sebagai respons terhadap harga premium dan permintaan yang lebih tinggi di AS. Selain itu, permintaan bitcoin di pasar berjangka abadi meningkat bersamaan dengan Open Interest (OI).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Posisi Beli Baru

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

OI melonjak sekitar 10.000 BTC menjadi 276.000 BTC, menandakan pedagang membuka posisi beli baru dan pesanan beli mendominasi pesanan jual. Di tengah meningkatnya permintaan Bitcoin di AS, harga yang mendasarinya mencatat kenaikan 6%, bergerak dari USD 60.000 menjadi USD 65.000, level tertinggi sejak 2 Agustus.

Meskipun terjadi kenaikan ini, investor tidak terlibat dalam aksi ambil untung atau profit taking yang signifikan. Hal itu terlihat dari laba yang direalisasikan sebesar USD 536 juta, jauh dari angka multi-miliar dolar yang tercatat di puncak pasar lokal tahun ini. Selain itu, pertumbuhan Permintaan Bitcoin yang Tampak dalam 30 hari telah menurun dari 496.000 BTC pada awal April menjadi kondisi negatif sebesar 36.000 BTC.

Permintaan yang tampak adalah perbedaan antara total subsidi blok Bitcoin harian dan perubahan harian dalam jumlah BTC yang tidak dipindahkan dalam setahun atau lebih. CryptoQuant menegaskan bahwa pasar kripto membutuhkan peningkatan permintaan Bitcoin yang tampak sebelum harga dapat pulih sepenuhnya dan reli ke titik tertinggi baru.


Regulator Prancis Mulai Buka Pendaftaran untuk Perusahaan Kripto

Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin (Liputan6.com/Sangaji)

Sebelumnya, Otoritas regulasi keuangan Prancis (AMF) telah mulai menerima aplikasi untuk otorisasi sebagai penyedia layanan aset kripto berdasarkan Regulasi Pasar Aset Kripto Eropa (MiCA).

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (28/8/2024), regulasi ini mengamanatkan otorisasi sebelumnya bagi pelaku pasar yang menawarkan layanan aset kripto di UE, dengan kepatuhan ketat terhadap aturan anti pencucian uang, keamanan siber, dan tata kelola.

Peraturan tersebut mencakup 10 layanan khusus, termasuk penyimpanan dan administrasi aset kripto, pengoperasian platform perdagangan, pertukaran aset kripto, dan penyediaan saran serta manajemen portofolio. 

Selain itu, penyedia layanan harus mematuhi aturan ketat terkait anti pencucian uang, keamanan siber, dan tata kelola, di antara area lainnya.

Selama masa transisi yang berakhir pada 30 Juni 2026, penyedia Prancis yang ada dapat melanjutkan aktivitas mereka tanpa paspor Eropa tetapi harus mendapatkan otorisasi MiCA untuk beroperasi setelah Juli 2026.

Regulator Prancis menekankan persyaratan MiCA lebih ketat daripada persyaratan dalam undang-undang Prancis untuk Penyedia Layanan Aset Digital (DASP). AMF menekankan:

Persyaratan yang ditetapkan oleh legislator Eropa untuk otorisasi MiCA lebih ketat daripada yang ditetapkan dalam undang-undang Prancis terkait pendaftaran DASP yang ditingkatkan, dan bahkan lebih ketat lagi terkait pendaftaran DASP yang sederhana.


Pekerjaan di Sektor Kripto Melonjak Signifikan

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, pasar kerja kripto tengah mengalami ledakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, didorong oleh meningkatnya investasi, adopsi arus utama, dan meningkatnya minat institusional terhadap aset digital. 

Ini seiring berkembangnya industri, permintaan akan profesional terampil, terutama dalam peran produk dan pemasaran, meningkat, yang menyoroti peluang sekaligus tantangan signifikan. Melansir dari Coinmarketcap, Kamis (29/8/2024), menurut Crypto Job List, ada sekitar 600 lowongan pekerjaan kripto dan blockchain baru pada Juli 2024.

Lonjakan ini sebagian besar disebabkan oleh pemulihan dari pasar yang lesu dan masuknya modal ventura (VC), yang kini memicu gelombang perekrutan.

Menambah momentum ini, Binance Holdings Ltd. berada di jalur yang tepat untuk merekrut 1.000 orang tahun ini, dengan jumlah yang signifikan dialokasikan untuk peran kepatuhan, kata CEO Richard Teng kepada Bloomberg. 

Hal ini terjadi saat Binance meningkatkan pengeluarannya untuk memenuhi persyaratan regulasi, yang sekarang melebihi USD 200 juta per tahun. Binance berencana untuk menambah tenaga kerja kepatuhannya menjadi 700 orang pada akhir 2024, peningkatan substansial dari jumlah saat ini yang hanya 500 orang. 

Gelombang perekrutan ini menggarisbawahi semakin pentingnya kepatuhan regulasi dalam industri kripto, karena Binance terus menghadapi pengawasan dari regulator AS.

Sektor Kerja Fintech di UEA

Di UEA, pasar kerja mencerminkan tren ini. Sektor fintech diproyeksikan tumbuh pada CAGR lebih dari 15%, memposisikan UEA sebagai tujuan utama bagi perusahaan rintisan, investor, dan profesional fintech. 

Konvergensi fintech dan kripto di wilayah ini menawarkan lahan yang subur untuk pertumbuhan karier, khususnya dalam peran yang memadukan keahlian finansial dengan teknologi blockchain.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya